Sukses

Wanita yang Sering Nobar Piala Dunia, Awas 6 Penyakit Ini

Demam Piala Dunia 2018 tak hanya terjadi pada pria, tapi juga wanita. Tapi awasi juga kesehatan Anda selagi menonton bola.

Klikdokter.com, Jakarta Euforia Piala Dunia 2018 terasa lebih semarak. Kini banyak bertebaran kafe yang menyiarkan kompetisi sepak bola internasional tersebut sebagai ajang nobar dan berkumpul bersama teman-teman. Satu fenomena yang banyak terjadi setiap piala dunia berlangsung adalah para penggemar wanita yang ikut meramaikan. Ternyata tak hanya pria yang rela begadang menonton pertandingan negara favoritnya, tapi para wanita ini juga.

Begadang bagi para pria adalah hal yang sudah sering dilakukan, baik dalam dunia pekerjaan, menonton pertandingan bola, ataupun bermain game hingga lupa waktu. Hal ini bukan tidak mungkin terjadi pada para wanita. Karena efek buruk begadang sesungguhnya tak mengenal jenis kelamin.

Dalam artikel ini, saya akan membahas beberapa penyakit berbahaya yang dapat menyerang wanita yang gemar nobar Piala Dunia hingga larut malam. Simak penjelasannya di bawah ini:

  1. Obesitas

Hati-hati bagi para wanita yang gemar begadang menyaksikan pemain bola yang ganteng-ganteng. Kurang tidur atau terlalu sering begadang dapat meningkatkan risiko kenaikan berat badan. Saat tidur, tubuh mempoduksi hormon leptin yang menekan nafsu makan. Ketika tidur Anda kurang, maka hormon grelin lah yang bekerja sehingga meningkatkan nafsu makan.

  1. Diabetes mellitus

Kurang tidur dapat memengaruhi peningkatan produksi insulin. Kadar insulin yang tinggi berhubungan dengan kenaikan berat badan dan terjadinya penyakit diabetes mellitus pada kemudian hari.

  1. Gangguan kesuburan

Kualitas ovum atau sel telur dapat menurun akibat Anda kurang tidur. Hal ini dapat memengaruhi kesuburan Anda kelak ketika ingin memiliki anak. Selain itu begadang dapat menyebabkan gangguan siklus haid menjadi tidak teatur.

  1. Imunitas tubuh menurun

Kurang tidur otomatis akan berpengaruh pada sistem kekebalam tubuh dalam melawan berbagai infeksi penyakit. Akibat kurang tidur ini, tubuh pun jadi lebih sering sakit. Yang paling sering terjadi adalah infeksi pernapasan seperti common cold.

  1. Keriput dan kantong mata

Ini mungkin efek langsung yang paling ditakutkan oleh setiap wanita. Kurang tidur memicu peningkatan hormon kortisol yang memecah kolagen pada kulit. Kolagen berfungsi menjaga elastisitas kulit agar tetap kencang dan kenyal. Akibatnya kulit jadi tampak kendur dan berkeriput.

Selain itu, kantong mata dapat muncul akibat telalu sering begadang. Kantong mata ini sulit hilang dengan pengobatan apa pun dan tentunya sangat memengaruhi penampilan anda.

  1. Depresi

Kurang tidur dapat menyebabkan gangguan mood yang dapat berujung pada depresi. Selain lelah secara fisik, Anda mungkin mengalami kelelahan pada mental juga.

Demikian enam penyakit yang dapat timbul akibat nobar Piala Dunia bagi para wanita. Tapi bukan berarti Anda tidak boleh sama sekali nobar sampai malam. Anda tetap dapat nobar pertandingan negara kesayangan Anda tanpa harus terkena dampak menyeramkan tadi.

Yang terpenting adalah sayangi tubuh Anda. Ketika tubuh sudah terasa sangat kelelahan, jangan dipaksakan terus begadang, lebih baik Anda segera tidur  dan beristirahat. Selain itu, jika tetap ingin nobar Piala Dunia hingga larut, gantilah jam tidur Anda yang hilang saat akhir pekan atau hari libur.

[RS/ RVS]

1 Komentar