Sukses

Cedera Pita Suara Akibat Nobar Piala Dunia

Nobar alias nonton bareng Piala Dunia memang asyik. Namun Anda harus tetap waspada, karena cedera pita suara bisa terjadi setelahnya.

Klikdokter.com, Jakarta Demam Piala Dunia 2018 sedang mengguncang penggemar sepak bola di seluruh dunia. Ajang akbar empat tahunan ini berlangsung di negara tirai besi, Rusia. Meski jauh, pendukung tim favorit tak henti-hentinya menyerukan teriakan demi teriakan, baik secara langsung di hadapan para pemain maupun di acara nobar alias nonton bareng.

Memang asyik, seru, dan memicu adrenalin. Namun siapa sangka, di balik teriakan yang Anda lontarkan untuk tim favorit, masalah tenggorok diam-diam mengintai. Ya, berteriak-teriak secara berlebihan merupakan salah satu bentuk penyalahgunaan pita suara. Hal ini bisa menyebabkan cedera pada pita suara Anda.

Pita suara rusak akibat sering berteriak

Pita suara merupakan bagian dari tenggorok yang memungkinkan manusia untuk mengeluarkan suara saat berbicara, berteriak, ataupun menggerutu. Organ tubuh ini terletak di dalam tenggorok, tepatnya di kotak suara (laring).

Pita suara merupakan dua buah otot halus yang saling berhadapan. Saat istirahat, otot yang membentuk pita suara akan menjauh (membuka) sehingga Anda bisa bernapas. Namun, ketika Anda sedang berbicara, bernyanyi, atau berteriak, kedua pita suara akan mendekat (menutup) sehingga udara yang lewat di antaranya menghasilkan getaran yang membentuk suara.

Jika pita suara kerap disalahgunakan, saat berteriak ketika nobar Piala Dunia, otot-otot yang ada di organ tersebut bisa mengalami peradangan. Akibatnya, Anda akan mengalami suara serak atau nyeri tenggorok beberapa hari ke depan.

Nah, jika penyalahgunaan pita suara terjadi terlalu sering atau berulang, kerusakan jangka mungkin saja terjadi. Pita suara bisa membengkak atau timbul benjolan. Bila sudah seperti ini, gejala yang timbul adalah sebagai berikut:

  • Suara menjadi sangat serak
  • Tidak mampu bernyanyi dengan nada tinggi
  • Suara terdengar lebih berat secara tiba-tiba
  • Tenggorok terasa gatal atau nyeri
  • Kesulitan saat berbicara
  • Sering mendeham

Bagaimana solusinya?

Berteriak, mendukung tim favorit saat nobar Piala Dunia memang tak ada salahnya. Namun, agar tak terjadi gangguan tenggorok setelahnya, berikut beberapa tips yang bisa Anda jadikan solusinya:

1. Pemanasan

Sama seperti bagian tubuh lainnya, otot-otot pita suara juga membutuhkan peregangan sebelum digunakan. Jadi, agar pita suara tidak ‘kaget’ dan cedera, Anda sebaiknya melakukan pemanasan dengan meninggikan suara secara bertahap.

2. Cari waktu istirahat

Ketika pertandingan sedang memasuki jeda istirahat, gunakan waktu tersebut untuk mengistirahatkan tubuh dan pita suara Anda.

3. Hindari alkohol dan rokok

Alkohol dan merokok dapat memperparah peradangan pada pita suara. Maka dari itu, berteriak-teriak disertai merokok dan minum alkohol, maka kemungkinan terjadinya cedera pita suara lebih besar.

4. Minum Air

Perbanyak minum air sebelum, saat, dan sesudah pertandingan. Anda disarankan untuk mengonsumsi air minimal 8 gelas per hari, agar kelembapan area pita suara tetap terjaga

5. Tepuk tangan

Suara sedang tidak fit, tapi Anda ingin tetap memberi dukungan pada tim favorit? Cari cara lain untuk mengekspresikan euforia yang Anda rasakan, misal dengan bertepuk tangan.

Jika tiba-tiba serak atau merasa tidak nyaman pada area tenggorok saat dan setelah nobar, istirahatkan pita suara Anda untuk mencegah kerusakan lebih lanjut. Hindari berteriak-teriak dalam waktu dekat, perbanyak minum air putih. dan periksakan diri ke dokter jika keluhan berlanjut.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar