Sukses

Mengatasi Badan Lemas Akibat Jagoan Kalah di Piala Dunia

Badan lemas bisa terjadi saat jagoan Anda kalah saat merebutkan Piala Dunia. Jangan khawatir, atasi dengan cara berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Badan lemas bisa terjadi akibat banyak hal. Salah satu faktor yang menyebabkan kondisi ini adalah ketika melihat tim jagoan kalah saat bertanding pada Piala Dunia 2018 di Rusia. Kondisi badan lemas tersebut tentu dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Menurut dr. Rio Aditya dari KlikDokter, badan lemas terjadi karena berbagai macam faktor. Berikut beberapa di antaranya:

  • Kurang mengonsumsi makanan bergizi

Nutrisi yang seimbang sangat penting sebagai sumber energi tubuh. Pasokan energi yang cukup memungkinkan sel-sel di dalam tubuh menjalankan tugasnya dengan maksimal. Sebaliknya, jika pasokan energi kurang atau tidak ada sama sekali, sel di dalam tubuh tak dapat menjalankan fungsinya, sehingga keluhan badan lemas tak bisa dihindari lagi.

  • Tekanan darah rendah

Tekanan darah normal berkisar antara 110–120 per 70–80 mmHg. Jika angkanya di bawah itu, berarti tekanan darah rendah. “Jika tekanan darah terlalu rendah, tubuh pun akan ikut lemas. Bila kondisi ini dibiarkan dapat menyebabkan syok hingga berujung pada kematian,” ujar dr. Rio.

  • Dehidrasi

Kurangnya asupan cairan menyebabkan Anda dehidrasi. Kondisi ini sering berujung pada badan lemas, bahkan hingga kehilangan kesadaran alias pingsan. Jika dibiarkan, dehidrasi bisa mengancam nyawa.

1 dari 2 halaman

Cara ampuh siasati badan lemas

Badan lemas saat jagoan kalah di Piala Dunia biasanya berkaitan dengan kondisi psikologis. Ahli social, Sander van der Linden, menyadari bahwa hal tersebut adalah lumrah, alias biasa terjadi.

“Daya saing adalah sifat biologis manusia yang saling berkaitan antara kebutuhan dasar dan kelangsungan hidup,” ungkapnya.

Berdasarkan tips yang dianjurkan, Anda dapat mengatasi hal tersebut dengan cara berikut:

  1. Ucapkan selamat kepada lawan

Memuji penggemar lawan dari tim jagoan Anda adalah cara yang berkelas untuk menerima kekalahan. Meski awalnya Anda mungkin memiliki reaksi spontan terhadap kekalahan, tetap tawarkan jabat tangan dan berikan ucapan selamat untuk menunjukkan sportivitas Anda.

  1. Buat daftar keuntungan

Buat daftar hal-hal yang Anda peroleh setelah terlibat sebagai pendukung tim jagoan Anda. Penting untuk diingat bahwa persaingan adalah sebatas kemenangan dan kekalahan.

Jadi, tuliskan berbagai manfaat yang Anda peroleh, misalnya interaksi sosial dengan teman baru, kemampuan dalam hal keterampilan, dan sebagainya. Cara ini dapat digunakan untuk memusatkan perhatian pada hal-hal yang positif, sehingga Anda dapat menerima kekalahan yang ada.

  1. Beri apresiasi pada diri sendiri

Beri apresiasi pada diri sendiri dengan sebuah hadiah. Menang atau kalah, kerja keras Anda pantas untuk dihargai. Belilah barang kesukaan atau lakukan wisata kuliner ke restoran yang sudah lama ingin Anda datangi.

Menerima kekalahan dalam sebuah kompetisi memang butuh waktu. Namun, terlalu lama larut dalam kesedihan juga tidak baik. American Heart Association mengatakan, sebanyak 33% orang terkena serangan jantung akibat depresi atau sedih terlalu lama.

Badan lemas akibat tim jagoan kalah saat Piala Dunia memang hal yang lumrah. Namun, jangan biarkan keluhan ini terjadi secara berkelanjutan. Lakukanlah tips di atas dengan serius. Jika dalam beberapa hari badan lemas tak kunjung hilang, jangan ragu untuk segera membawa diri ke dokter.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar