Sukses

Tips Latihan Sepak Bola seperti Pemain Piala Dunia 2018

Ingin tampil prima dan tangguh saat bermain bola layaknya pemain bintang Piala Dunia 2018? Ikuti tips di bawah berikut.

Klikdokter.com, Jakarta Latihan sepak bola di segala penjuru dunia sedang marak dilakukan beberapa minggu belakangan. Hal ini terjadi karena demam Piala Dunia 2018 terasa kental hingga mempengaruhi berbagai kalangan.

Selain karena demam Piala Dunia, gerakan pemain bintang di lapangan hijau juga turut membuat diri penasaran dan ingin bisa bermain bola seperti demikian. Gerakannya begitu tajam, menggiring si kulit bundar satu satu sisi ke sisi lain, berebut, menendang, dan semua itu dilakukan selama 90 menit.

Menurut pelatih fisik untuk klub sepak bola Amerika Serikat bernama New York FC, Matt Cook, dasar dari kelincahan adalah akselerasi. Kemampuan tersebut meliputi kecepatan, melambat pelan, mengubah arah laju lari, dan mengulang semuanya secara bersamaan.

Kelincahan pemain sepak bola di lapangan hijau bahkan diasah lewat momen latihan yang bervariasi selama satu minggu sekali. Berbeda dengan latihan fisik biasa yang bertujuan untuk meningkatkan daya tahan, latihan kelincahan tersebut menuntut tubuh untuk terus bergerak.

Sebuah studi University of Copenhagen menunjukkan bahwa melatih kelincahan tubuh dapat berpengaruh pada kemampuan otak.

1 dari 3 halaman

Latihan sepak bola seperti pemain bintang

Bagaimana memaksimalkan kelincahan tubuh di atas lapangan hijau? Dilansir dari Mensjournal.com, begini latihan sepak bola yang diterapkan oleh tim New York City FC:

1. Pemanasan

Pemanasan dilakukan selama 10 hingga 12 menit, untuk meningkatkan detak jantung. Caranya, regangkan tubuh bagian atas dan bawah dengan gerakan-gerakan pemanasan pada umumnya.

2. Lari mengitari rintangan

Lari di antara rintangan dengan pola yang telah disusun, biasanya dijejerkan menjadi tiga atau bahkan hanya satu saja. Lakukan tiga sampai empat kali putaran, istirahat selama satu atau dua menit menit. Anda bisa melakukan ini hingga 30 sampai 40 kali selama dua hari dalam seminggu.

Pastikan gerakan tetap optimal saat Anda melewati rintangan. Mulai dari rintangan pertama, lanjut kedua, ketiga dan kembali lagi ke rintangan awal. Jika ingin lebih tertantang, gunakanlah bola sepak sebagai pengiring Anda melewati rintangan yang berjajar.

“Pertimbangkan dalam pertandingan 90 menit penuh bahwa seorang pemain bisa dibilang hanya menggiring bola selama sekitar dua menit, sisanya berlari ke sana-sini di atas rumput,” kata Cook.

3. Belajar juggling

Saat latihan di luar lapangan, tidak ada yang lebih ikonik dari bermain sepak bola selain juggling. Keterampilan ini bekerja meningkatkan koordinasi dan merupakan latihan tubuh bagian bawah.

Mulailah dengan menjatuhkan bola ke setiap kaki dan sambil sedikit ditendang ke atas, tidak lebih dari setinggi pinggang. Ciptakan sedikit backspin untuk menjaga bola agar tidak menjauh dari Anda.

Habiskan lebih banyak waktu untuk melatih keseimbangan pada kedua kaki Anda, khususnya yang bukan dominan.

2 dari 3 halaman

Manfaat latihan sepak bola untuk tubuh

Sepak bola merupakan latihan yang memberikan manfaat untuk seluruh bagian tubuh. Ini karena hampir semua otot di tubuh ikut berpartisipasi ketika Anda suatu gerakan, seperti tackle, melompat, menggocek dan menggiring bola ke gawang lawan.

Dilansir dari Liputan6.com, berbagai macam gerakan dalam sepak bola mampu melatih lengan, dada, otot inti, dan kaki. Hal ini membuat kekuatan otot di seluruh tubuh ikut terlatih.

Di samping itu, latihan sepak bola juga membuat otak kian berkembang. Pasalnya, para pemain harus membuat keputusan cepat tentang siapa yang harus dilewati, kapan harus menyerang, dan bagaimana menghindari lawan.

Satu hal yang perlu Anda perhatikan, lakukanlah latihan sepak bola dengan niat dan tekad yang kuat. Dengan demikian, Anda akan segera siap untuk berlaga di tengah lapangan layaknya pemain bintang Piala Dunia 2018.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar