HomeGaya hidupSeks6 Makanan yang Dapat Meningkatkan Kualitas Sperma Pria
Seks

6 Makanan yang Dapat Meningkatkan Kualitas Sperma Pria

dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, 24 Mar 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Memilih makanan yang tepat dapat menjadi cara meningkatkan kualitas sperma pria. Wajib tahu, apalagi jika Anda baru menikah dan ingin segera memiliki momongan!

6 Makanan yang Dapat Meningkatkan Kualitas Sperma Pria

Sebagian pria yang baru menikah ingin segera memiliki momongan. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda baru saja menikah dan ingin segera menimang ‘buah cinta’? Jika ya, Anda wajib meningkatkan kualitas sperma agar proses pembuahan berjalan dengan optimal.

Berbicara tentang kualitas sperma yang baik, para ahli mengatakan bahwa hal tersebut ditentukan oleh jumlah, pergerakan, dan bentuk sperma itu sendiri.

  • Jumlah. Seorang pria dianggap memiliki kualitas sperma yang baik bila berjumlah setidaknya 15 juta per mililiter setiap kali ejakulasi.
  • Pergerakan. Sperma yang berkualitas mampu “berenang” dengan baik di saluran reproduksi wanita (motilitas). Setidaknya, 40% dari jumlah sperma harus mampu bergerak dengan gerakan yang cepat dan lurus.
  • Bentuk. Sperma yang berkualitas baik memiliki bentuk kepala lonjong dan ekor yang panjang.

Nah, untuk meningkatkan kualitas sperma Anda agar memenuhi syarat tersebut, salah satu hal yang perlu diterapkan adalah mengatur menu makan sehari-hari. Ini karena terdapat beberapa makanan yang mempengaruhi kualitas sperma pria.

Makanan untuk Tingkatkan Kualitas Sperma

Para peneliti menemukan bahwa diet sehat secara konstan dapat membantu meningkatkan kualitas sperma pria. Adapun beberapa makanan yang perlu dikonsumsi agar Anda memenuhi standar diet sehat yang dimaksud, yaitu:

1. Kacang-kacangan

Diketahui bahwa pria yang mengonsumsi sekitar dua genggam campuran kacang kenari, almond, dan hazelnut setiap hari selama 14 minggu memiliki jumlah, pergerakan, dan bentuk sperma yang lebih baik.

Peneliti berpendapat bahwa ketiga jenis kacang-kacangan tersebut merupakan sumber asam lemak omega-3, antioksidan, dan vitamin B yang baik sehingga mampu meningkatkan kualitas sperma secara signifikan.

2. Bayam

Kadar folat yang rendah di dalam tubuh dikaitkan dengan rusaknya DNA sperma, kepadatan sperma yang lebih rendah, dan jumlah sperma lebih rendah. Guna menghindari hal tersebut, Anda perlu mengonsumsi bayam karena mengandung sejumlah besar asam folat.

Selain bayam, Anda juga bisa menemukan folat dari sayuran berdaun hijau lainnya, seperti selada, kubis, dan asparagus. Dengan mengonsumsi sayuran tersebut secara rutin dan teratur, kadar folat di dalam tubuh Anda akan optimal sehingga kualitas sperma juga menjadi lebih baik.

Artikel lainnya: Polusi Udara Bisa Menurunkan Kualitas Sperma Pria

3. Telur

Telur memiliki kandungan tinggi vitamin E dan protein, yang dapat melindungi sperma dari dampak buruk radikal bebas. Si lonjong berkulit cokelat ini juga mengandung sejumlah zat gizi lain yang berperan dalam menghasilkan sperma yang kuat, sehat, dan memiliki pergerakan yang baik.

Selain dari telur, vitamin E juga bisa Anda temukan pada minyak jagung, minyak kedelai, dan biji-bijian.

4. Pisang

Enzim bromelin adalah senyawa antiradang yang ada pada pisang. Senyawa ini merupakan antiradang alami, yang mampu meningkatkan jumlah dan pergerakan sperma.

Tak hanya itu, kandungan vitamin A, B1, dan C pada pisang juga akan membantu testis menghasilkan sperma yang sehat. Secara spesifik, vitamin C pada pisang juga dapat meningkatkan motilitas, jumlah, dan morfologi sperma.

Selain dari pisang, Anda bisa mendapatkan kebaikan tersebut dengan mengonsumsi buah jeruk, paprika kiwi, stroberi dan blewah.

5. Semangka

Semangka mengandung antioksidan yang disebut dengan likopen. Senyawa ini terbukti mampu menangkal dampak buruk radikal bebas pada tubuh, termasuk pada sperma.

Makan satu potong semangka per hari dapat meningkatkan jumlah sperma yang sehat hingga 37,5%.

6. Bawang Putih

Bawang putih mengandung vitamin B dan selenium. Rempah yang sering diolah bersama bahan makanan ini memiliki kemampuan untuk mengembalikan fungsi pembuluh darah, sehingga aliran darah ke seluruh tubuh termasuk ke penis dan testis menjadi lebih lancar.

Dengan adanya manfaat tersebut, kehidupan seks bersama pasangan dan sperma yang Anda miliki juga akan lebih baik dan berkualitas.

Artikel lainnya: Ini yang Terjadi pada Kualitas Sperma Jika Anda Merokok

Kombinasikan dengan Gaya Hidup Sehat

Supaya kualitas sperma Anda benar-benar optimal, mengonsumsi menu yang tepat perlu dikombinasikan dengan penerapan gaya hidup sehat sebagai berikut:

  • Raih dan pertahankan berat badan ideal
  • Selalu konsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang
  • Berolahraga secara rutin dan teratur
  • Kelola stres dengan baik
  • Hindari rokok dan paparan asapnya
  • Batasi atau hindari alkohol sama sekali
  • Hindari konsumsi obat-obatan di luar resep dokter

Dengan mengonsumsi makanan yang tepat dan gaya hidup sehat, kualitas sperma Anda akan menjadi lebih baik. Dengan demikian, kemungkinan Anda untuk punya momongan bisa meningkat drastis.

Jika Anda telah menerapkan cara meningkatkan kualitas sperma namun masih terkendala untuk memiliki momongan, tidak perlu sungkan untuk berkonsultasi lebih lanjut pada tim dokter dari KlikDokter melalui Live Chat 24 jam.

(NB/RPA)

KesuburanSperma

Konsultasi Dokter Terkait