Sukses

5 Tips Sehat Mencegah Flu Setelah Begadang Nonton Bola

Jangan biarkan keasyikan Anda untuk begadang nonton bola terganggu oleh flu. Ini tips sehat setelah begadang yang bisa Anda jadikan panduan.

Musim piala dunia sebentar lagi tiba. Anda mungkin harus rela begadang nonton bola agar tidak kelewatan tiap momen serunya. Namun sebelum itu, Anda juga perlu mempersiapkan diri agar begadang tidak malah mencetuskan penyakit.

Tidak dimungkiri bahwa begadang membuat waktu istirahat Anda banyak terbuang. Jika tidak mampu mengimbanginya, daya tahan tubuh Anda bisa menjadi taruhannya. Sebagai akibatnya, Anda pun memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terserang penyakit, misalnya flu.

Kendati demikian, Anda tidak perlu khawatir berlebihan. Nyatanya, Anda masih bisa begadang tanpa perlu khawatir akan terserang flu.

Artikel Lainnya: Sering Begadang Bisa Picu Bronkitis?

 

1 dari 2 halaman

Tips Sehat Begadang Nonton Bola

Jangan biarkan keasyikan Anda begadang nonton bola malah menjadi penyebab terjadinya flu. Oleh karena itu, terapkan tips berikut agar kondisi Anda tetap prima meski sering begadang nonton bola:

  1. Jaga Asupan

Flu sering terjadi pada orang dengan daya tahan tubuh rendah. Begadang adalah salah satu faktor yang menyebabkan kelelahan dan daya tahan tubuh menurun. Jika hal ini dikombinasikan dengan pola makan yang salah, daya tahan tubuh Anda bisa lebih lemah lagi.

Oleh karena itu, bagi Anda yang sering begadang nonton bola, memastikan asupan nutrisi agar tetap seimbang setiap hari adalah sebuah kewajiban yang mesti dilaksanakan.

Selain memilih menu makan yang tepat, Anda juga wajib memilah jenis camilan yang dikonsumsi selama begadang nonton bola. Anda disarankan untuk tidak memilih gorengan, keripik, atau popcorn. Lebih baik pilih buah-buahan yang jelas lebih bermanfaat bagi kesehatan.

  1. Minum yang Cukup

Minum yang cukup juga sangat penting untuk menjaga agar proses metabolisme tubuh berjalan dengan optimal. Selain itu, minum yang cukup juga penting untuk membuang zat-zat ‘racun’ melalui urine.

Di antara berbagai jenis pilihan minuman, air putih adalah yang paling baik. Bahkan, minum air putih saat Anda mulai merasakan gejala flu seperti badan hangat, batuk, dan pilek, juga dapat mempercepat proses penyembuhan, lho!

Anda disarankan untuk minum 2 liter air putih setiap hari. Kebutuhan tersebut bisa ditambah, sesuai dengan tingkat aktivitas Anda.

  1. Jaga Kebersihan

Perlu diketahui bahwa paparan debu dan kotoran bisa dengan mudah memicu munculnya gejala flu, apalagi jika Anda punya riwayat rhinitis alergi.

Oleh karena itu, agar Anda tidak terserang flu setelah begadang, pastikan tempat menyaksikan pertandingan bola sepenuhnya bersih dan bebas debu. Pastikan pula tempat tersebut memiliki ventilasi udara yang baik.

Artikel Lainnya: Sering Begadang Bikin Otak Jadi Lemot, Mitos atau Fakta?

  1. Hindari Merokok

Rokok dan paparan asapnya mengandung ragam zat racun, yang beberapa di antaranya bisa mengganggu saluran pernapasan. Jika Anda nonton bola sambil merokok atau terkena paparan asapnya, risiko untuk mengalami flu setelah begadang pasti akan meningkat berkali-kali lipat.

Untuk itu, hindari merokok atau nonton bareng di tempat yang penuh dengan asap rokok agar terhindar dari flu selama musim piala dunia ini.

  1. Gunakan Masker dan Rajin Cuci Tangan

Jika Anda mesti nobar di tempat yang penuh debu, asap kendaraan atau asap rokok, sebaiknya gunakan masker agar terhindar dari risiko flu. Jika ada rekan nobar Anda yang mengalami flu, berikan pula masker kepadanya agar ia tidak menularkan ke orang lain.

Selain itu, Anda juga perlu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir secara berkala. Hal ini dilakukan agar tangan Anda sepenuhnya bersih dari kuman, yang bisa menjadi penyebab flu setelah begadang.

Begadang nonton bola saat piala dunia adalah sebuah keasyikan yang hanya bisa dirasakan sekali dalam 4 tahun. Oleh karena itu, manfaatkan momen ini sebaik mungkin dan lakukan tips yang telah disampaikan agar Anda tidak terserang flu karena begadang.

Jika Anda ingin tahu lebih lanjut mengenai cara mencegah flu, jangan sungkan untuk bertanya langsung pada tim dokter dari KlikDokter melalui Live Chat 24 jam.

(NB/RPA)

1 Komentar