Kesehatan Anak

Alasan Mengapa Anak Harus Menggosok Gigi di Malam Hari

dr. Devia Irine Putri, 18 Nov 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Terkadang anak suka malas sikat gigi malam hari. Jangan dibiarkan terus, nyatanya manfaat dari anak sikat gigi malam hari sangat penting, lho!

Alasan Mengapa Anak Harus Menggosok Gigi di Malam Hari

Punya gigi sehat bisa didapatkan dengan cara sikat gigi malam hari. Apa si kecil masih suka malas gosok gigi? Kebiasaan anak sikat gigi malam harus diupayakan demi menjaga kesehatan gigi dan tumbuh kembangnya secara keseluruhan.

Kebiasaan menyikat gigi malam yang tidak teratur dapat menyebabkan masalah gigi. Jika dibiarkan, maka fungsi pengunyahan terganggu dan bisa timbul gigi berlubang atau penyakit gusi. 

Mengapa harus gosok gigi sebelum tidur? Sikat gigi malam lebih efektif dibanding pagi hari. Namun, bukan berarti sikat gigi pagi lantas diabaikan, ya. Anak tetap harus sikat gigi pagi dan malam agar kesehatan gigi lebih terjaga.

Berikut ini beberapa alasan penting mengapa anak harus sikat gigi malam:

1. Bakteri Lebih Cepat Berkembang Biak

Studi: Bakteri di Mulut Memperparah Kanker Usus Besar

Kondisi saat mulut kekurangan air liur seperti saat tidur malam hari membuat pH di dalam mulut bersifat asam. 

Hal itu mengakibatkan aktivitas kuman dan bakteri meningkat dua kali lebih cepat dibandingkan pada siang hari. Air liur yang berfungsi untuk self-cleansing pun berkurang. 

Artikel lainnya: Trik Agar Sikat Gigi Jadi Menyenangkan untuk Anak

Jadi, setiap kali anak tidak menggosok gigi sebelum tidur, akan memberikan kesempatan bagi bakteri untuk berkembang biak di mulut anak. 

Bakteri akan mengubah sisa makanan menjadi asam yang dapat melarutkan email gigi. Inilah yang bikin gigi mudah berlubang.

2. Timbulnya Bau Mulut

Bila anak tidak menggosok gigi di malam hari, plak dapat menempel pada gigi. Lama-kelamaan, plak akan mengeras sehingga terbentuklah karang gigi

Karang gigi dapat menyebabkan timbulnya masalah bau mulut pada anak.

3. Anak Makan Malam Sebelum Tidur

Anak Makan Ikan Salmon

Makan malam tentu sudah menjadi rutinitas si kecil. Banyak pendapat yang mengatakan, berkumur saja sudah cukup untuk membersihkan gigi sehabis makan malam sebelum tidur.

Padahal, berkumur saja sebetulnya masih kurang! Anak tetap harus menyikat giginya dengan sempurna.

Selain itu, kurangi kebiasaan makan makanan manis di malam hari. Rutinlah menggosok gigi sebelum tidur agar gigi tetap bersih dan sehat.

Sehabis makan, sebaiknya tunggu sekitar tiga puluh menit sebelum menggosok gigi. Bila tidak, asam akan terdorong ke lapisan gigi dan lama-lama asam tersebut bisa mengikis lapisan permukaan gigi.

Meskipun masih berupa gigi susu yang memang nantinya akan digantikan dengan gigi permanen, namun Mama dan Papa wajib untuk tetap memelihara kesehatan gigi si kecil sedini mungkin.

Artikel lainnya: Waktu yang Tepat bagi Anak untuk Mulai Sikat Gigi

Hal ini penting agar pertumbuhan gigi anak tetap sehat dan ia terbiasa merawat gigi saat nanti gigi permanennya tumbuh.

Menjaga kesehatan gigi tidak dapat dipelajari sendiri oleh anak. Oleh karena itu, orangtua sangat berperan dalam mengenalkan dan membantu anak dalam merawat giginya.

Agar si kecil rajin menggosok gigi setiap malam, beri contoh dan dampingi. Ajak anak untuk ikut memilih sikat giginya agar dia lebih semangat gosok gigi. 

Orangtua juga bisa memberikan contoh lewat video atau alat peraga mainan saat mengajari si kecil menggosok gigi. Cara ini bisa membuat anak tertarik menggosok giginya secara rutin.  

Bila ingin konsultasi seputar kesehatan gigi dan mulut anak, pakai fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter untuk konsultasi ke dokter gigi lebih cepat.

(FR/JKT)

Gigi AnakSikat GigiKesehatan Anak

Konsultasi Dokter Terkait