Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeIbu Dan anakKesehatan AnakManfaat Susu UHT bagi Kesehatan Anak
Kesehatan Anak

Manfaat Susu UHT bagi Kesehatan Anak

dr. M. Dejandra Rasnaya, 03 Apr 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Susu UHT bisa menjadi salah satu pilihan untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Apa saja manfaat susu ini bagi kesehatan anak?

Manfaat Susu UHT bagi Kesehatan Anak

Susu UHT adalah salah satu jenis susu yang sering dijadikan pilihan sebagai susu pengganti ASI setelah si Kecil melewati masa menyusui hingga 2 tahun. Digemari karena rasanya yang enak, Anda mesti tahu apa saja manfaat susu UHT bagi anak.

Sering dijumpai dalam bentuk susu kotak atau kemasan lainnya, susu UHT dikenal sebagai sumber kalsium, sehingga tetap disarankan untuk diberikan kepada si Kecil karena kandungan nutrisinya penting bagi pertumbuhannya.

UHT adalah singkatan dari ultra-high temperature, yang berarti susu melewati proses pemanasan dengan suhu yang sangat tinggi. Susu UHT dipanaskan pada suhu sekitar 140-150 derajat selama 2 detik kemudian, langsung dikemas.

Pemanasan tersebut bertujuan untuk membunuh kuman dan membuat susu lebih tahan lama, meskipun tanpa diberikan pengawet dan kemudian disimpan ke lemari pendingin.

Berbagai Manfaat Susu UHT untuk Kesehatan Anak

Dari segi kandungan zat gizi susu UHT, berikut ini adalah berbagai manfaat konsumsinya bagi anak.

Mendukung Kesehatan Tulang dan Gigi

Susu UHT mengandung kalsium yang tinggi. Kalsium merupakan komponen penyusun tulang dan gigi.

Pada anak, proses pertumbuhan tubuhnya banyak dipengaruhi oleh pertumbuhan tulang. Selain itu, kalsium juga berperan pada kerja otot tubuh. Maka dari itu, dalam hal ini kandungan kalsium pada susu UHT sangat penting.

Sekotak susu UHT umumnya mengandung kalsium sekitar 300 mg dan hampir mencukupi kebutuhan nutrisi anak usia 1-3 tahun, yaitu 500 mg.

Artikel lainnya: Bolehkah Ibu Hamil Minum Susu UHT?

Nah, sisanya bisa dilengkapi dari sumber makanan tinggi kalsium lainnya, seperti keju yoghurt, ikan sarden, atau ikan teri.

Penunjang Tumbuh Kembang Anak

Selama proses tumbuh kembang, ada salah satu makronutrien yang tidak boleh absen dalam menu si Kecil, yaitu protein.

Disebut juga sebagai zat pembangun, protein berperan penting dalam tubuh, seperti pertumbuhan otot, daya tahan tubuh, dan metabolisme. Susu UHT umumnya mengandung sekitar 8 mg protein dalam satu sajian.

Sumber Energi

Selain karbohidrat, lemak yang terkandung dalam susu UHT juga dapat dijadikan sumber energi bagi untuk si Kecil beraktivitas. Selain itu, kandungan gula yang kadang ditambahkan juga bisa menjadi sumber energi.

Artikel lainnya: Susu Rasa Buah, Baik untuk Kesehatan Anak?

Membantu Perkembangan Otak

Perkembangan otak pada masa anak-anak merupakan fase yang sangat penting. Untuk mendukungnya, diperlukan asupan yang tinggi lemak.

Berbeda dengan orang dewasa yang cenderung menghindari konsumsi makanan tinggi lemak, anak-anak membutuhkannya. Salah satu sumber lemak yang bisa dikonsumsi adalah susu UHT, khususnya yang full cream.

Membantu Penyerapan Vitamin

Vitamin A, D, E, dan K merupakan vitamin yang membutuhkan lemak untuk dapat larut dan dimetabolisme tubuh. Susu UHT kandungan lemaknya tinggi bisa membantu penyerapan vitamin-vitamin tersebut.

Melengkapi Kebutuhan Gizi Anak

Susu UHT mengandung mikronutrien berupa mineral dan sering kali ditambahkan vitamin demi melengkapi kebutuhan gizi buah hati. Mineral yang ada dalam susu UHT biasanya meliputi magnesium, zink, fosfor, selenium, vitamin A, B, dan D.

Artikel lainnya: Tips Memilih Susu Pasteurisasi yang Aman untuk Dikonsumsi

Batasan Usia Anak Boleh Minum Susu UHT

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) memperbolehkan konsumsi susu UHT sebagai penambah asupan gizi jika anak sudah berusia di atas 2 tahun, setelah pemberian ASI selesai.

Hal tersebut sedikit berbeda dengan rekomendasi dari American Academy of Pediatrics (AAP), yang memperbolehkan susu UHT sebagai penambah asupan gizi untuk anak yang usianya minimal di atas 1 tahun.

AAP mengatakan bahwa anak di bawah 1 tahun sistem pencernaannya belum sempurna, sehingga pemberian susu UHT berisiko menimbulkan gangguan pencernaan, infeksi, dan gagal ginjal.

Batasan usia di atas harus diperhatikan, agar manfaat yang diharapkan dari kandungan nutrisi susu UHT tidak malah menyebabkan masalah kesehatan bagi anak.

Selain itu, konsumsinya hanya boleh dijadikan sebagai tambahan, tidak boleh menggantikan makanan sebagai sumber nutrisi utama.

Tumbuh kembang anak harus didukung oleh nutrisi terbaik dengan pola makan sehat, salah satunya lewat susu UHT yang punya banyak manfaat. Ingin tahu lebih lanjut tentang nutrisi terbaik untuk anak? Anda juga bisa menanyakannya langsung ke dokter lewat fitur LiveChat di aplikasi KlikDokter.

(RN/ RH)

Nutrisi AnakGizi AnakSusu UHTsusu

Konsultasi Dokter Terkait