Sukses

Lembur Sambil Nonton Piala Dunia, Pilih Camilan Sehat Ini

Lembur pekerjaan bisa dilakukan sambil nonton tayangan Piala Dunia 2018. Agar Anda makin produktif, pilih camilan sehat untuk menemani.

Klikdokter.com, Jakarta Lembur akibat pekerjaan yang menumpuk pada akhirnya menuntut Anda harus begadang. Namun, lembur kali ini bisa dibilang spesial karena Anda bisa sekalian nonton siaran pertandingan Piala Dunia 2018. Nah, biasanya lembur rasanya kurang jika tidak ditemani camilan. Boleh saja, tapi jangan pilih camilan sembarangan. Sebisa mungkin pilihlah camilan yang sehat.

Sering kali saat lapar tengah malam, banyak orang memilih jenis makanan seperti delivery service makanan cepat saji seperti donat, pizza, burger, atau camilan kemasan seperti aneka keripik.  Memang jenis makanan tersebut tergolong praktis, tetapi jika terlalu sering justru dapat mengancam bertambahnya lingkar pinggang Anda.

Kalau kondisi lembur—apalagi yang terlalu sering—saja dapat berdampak terhadap kesehatan, pilihan camilan yang tidak sehat bisa memperburuk keadaan. Bukan berarti Anda tak boleh ngemil, tapi untuk menghindari adanya gangguan kesehatan pilihlah camilan yang sehat. Berikut ini adalah camilan sehat yang direkomendasikan oleh dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter.

  1. Serealia

Serealia dapat menjadi camilan Anda kala lembur sambil nonton pertandingan sepak bola Piala Dunia. Selain enak, makanan ini banyak mengandung vitamin yang baik untuk tubuh. Anda juga dapat mencampurkan potongan buah ke dalamnya. Hasilnya, camilan yang lebih enak dan lebih bernutrisi!

  1. Susu low-fat

Perut keroncongan saat malam sudah larut? Susu dapat membantu mengenyahkan rasa lapar Anda. Meski demikian, minumlah susu yang low-fat atau rendah lemak agar tidak menambah berat badan.

  1. Buah potong

Selain mengenyangkan, makan buah potong juga menyehatkan. Buah kaya akan serat yang penting bagi sistem pencernaan. Alhasil, Anda tidak akan gampang gemuk jika menjadikan buah sebagai camilan kala begadang. 

  1. Snack bar

Snack bar sudah terkenal sebagai camilan sehat untuk para pelaku diet. Dengan mengonsumsinya saat lembur atau begadang karena nonton Piala Dunia, Anda pun tak perlu khawatir berat badan bertambah.

  1. Oatmeal

Jika saat tengah malam Anda merasa benar-benar lapar dan membutuhkan makanan yang lebih berat, oatmeal bisa menjadi pilihan terbaik. Anda bisa menambahkan sayur atau buah-buahan untuk menambah rasa.

  1. Yoghurt

Yoghurt baik untuk menunda lapar sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Agar manfaatnya maksimal bagi tubuh Anda, pilihlah yoghurt plain dan rendah lemak.

 

1 dari 2 halaman

Panduan dalam memilih makanan dan camilan tepat saat lembur

Anda yang sering bekerja lembur sering memiliki pola makan yang tidak teratur dan kurang memperhatikan kandungan gizi yang ada di dalam makanan yang dikonsumsi. Padahal, apa yang Anda makan sangat penting karena perannya sebagai “bahan bakar” untuk berbagai aktivitas tubuh.

Berdasarkan anjuran dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, meskipun sedang lembur tapi Anda harus tetap menjaga pola makan teratur, yaitu tiga kali sehari dengan menu makanan yang bergizi seimbang.

Dalam menu harian, pastikan makanan Anda mengandung protein, baik hewani dan nabati, seperti ikan, daging, tahu, tempe, dan kacang-kacangan yang berfungsi sebagai zat pembangun dalam tubuh.

Konsumsi camilan dapat dilakukan dua kali sehari di antara dua jadwal makan utama. Jika lapar terjadi setelah jam makan malam, pilih camilan sehat seperti yang direkomendasikan dr. Theresia dan jangan sampai lalai untuk membatasi porsinya. Percaya, deh, lembur sambil nonton Piala Dunia akan lebih menyenangkan jika ditemani dengan camilan sehat karena Anda tak perlu was-was dengan risiko lingkar pinggar yang melebar dan mencegah munculnya gangguan kesehatan.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar