Sukses

Bosan Makan Daging? Dapatkan Protein dari 9 Makanan Ini

Selain daging, masih ada makanan lain kaya protein yang bisa Anda dapatkan. Berikut ini daftarnya.

Klikdokter.com, Jakarta Daging-dagingan merupakan sumber protein yang tinggi. Baik daging merah yang berasal dari sapi dan kambing, maupun daging putih dari ikan. Namun nyatanya, Anda bisa merasa bosan karena terus-terusan makan daging. Perlu adanya variasi makanan agar tubuh Anda tidak bosan.

Selain bosan, ada juga beberapa orang yang tidak bisa atau enggan memakan daging. Keputusan untuk menjadi vegetarian atau bahkan vegan, tentunya akan mengakhiri “hubungan” seseorang dengan daging-dagingan.

Tapi Anda tak perlu khawatir kekurangan protein jika absen dari daging. Masih ada sumber protein nabati yang dapat Anda konsumsi. Dilansir Prevention, berikut makanan lainnya yang juga kaya protein:

  1. Tempe

 

Tempe dibuat dengan melakukan fermentasi kedelai yang dimasak dan membentuknya menjadi “kue” padat sehingga dapat diiris dan digoreng. Proses fermentasi ini pun nyatanya lebih memudahkan tempe untuk dicerna.

  1. Tahu

Meski kandungan protein yang dimiliki tahu tak sebanyak tempe, bahan makanan yang satu ini tetap menyehatkan dan mempunyai kemiripan tekstur dengan daging.

  1. Selai kacang

Tak hanya enak, selai kacang juga sangat bermanfaat untuk tubuh. Selai kacang terbukti membantu Anda makan lebih sedikit saat makan siang, jika Anda mengonsumsinya ketika sarapan. Ini berarti selai kacang dapat memberikan efek kenyang dalam waktu yang signifikan.

  1. Almon

Selain kandungan protein, almon juga menyimpan vitamin E yang sangat bagus untuk kesehatan kulit dan rambut. Almon juga menyediakan jumlah magnesium yang tinggi dan itu dapat membantu mengekang hasrat makan gula, meringankan kram terkait PMS, meningkatkan kesehatan tulang, dan mengurangi nyeri otot serta kejang.

  1. Kentang

 

Ini dia sumber protein tersembunyi lainnya. Meski memiliki reputasi hampir sama dengan nasi karena mengandung banyak karbohidrat, kentang sebetulnya juga mengandung protein sebanyak 4 g. Artinya kentang dapat memenuhi 20 persen kebutuhan protein Anda sehari-hari.

  1. Bayam

 

Kandungan 3 g protein dalam bayam, rasanya terdengar tak terlalu banyak. Tapi tetap saja, itu termasuk banyak untuk sayuran hijau. Jadi Anda tak perlu takut kekurangan protein jika memasukkannya ke dalam menu makanan sehari-hari Anda.

  1. Jagung

Seperti kentang, jagung sering dimasukkan ke dalam kategori sayur atau tumbuhan yang kurang bermanfaat. Tapi jangan salah, jagung juga bisa melengkapi hidangan berbahan dasar protein Anda. Pilihlah varietas organik segar atau nontransgenik, karena sebagian besar jagung konvensional telah dimodifikasi secara genetik alias tidak tumbuh secara natural.

  1. Alpukat

 

Buah yang satu ini amatlah creamy berkat kandungan asam lemak tak jenuh dan protein di dalamnya. Anda bisa memakannya langsung atau menjadikannya jus selama tidak dicampur terlalu banyak gula.

  1. Brokoli

Brokoli bukan hanya sumber serat yang luar biasa. Di dalamnya juga terdapat kandungan protein dengan kadar cenderung mengejutkan untuk ukuran sayuran (2.8 g per 100 g). Patut dicatat juga bahwa sayuran yang satu ini terkenal memiliki sifat antikanker.

Daging memang merupakan salah satu sumber protein yang penting. Namun mengonsumsi daging secara berlebihan juga tidak baik bagi tubuh, karena dapat meningkatkan lemak serta kolesterol jahat. Dan jika bosan makan daging, Anda tetap dapat memperoleh protein dari sembilan makanan di atas.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar