Sukses

Waspada Bahaya Minuman Kekinian untuk Kesehatan Gigi

Meski terasa enak dan menggugah selera, minuman kekinian bisa merusak kesehatan gigi dan mulut Anda.

Tren berbagai minuman kekinian terus menjamur. Rata-rata manis dan menggugah selera. Tapi hati-hati, minuman yang manis tersebut dapat membahayakan kesehatan gigi dan mulut Anda. 

Tak hanya makanan manis yang dapat merusak gigi. Minuman kekinian yang manis pun memberikan efek buruk untuk gigi. Bukan karena banyaknya jumlah yang Anda minum, tapi lebih pada cara Anda mengonsumsinya. 

Ya, sadarkah Anda bahwa minuman kekinian yang Anda beli sering dihabiskan dalam waktu berjam-jam? Biasanya sambil ngobrol atau meeting, bahkan bekerja. Kebiasaan ini sama saja Anda ‘memandikan’ gigi dengan cairan gula. Hal inilah yang bisa menyebabkan kerusakan gigi.

1 dari 3 halaman

Minuman Kekinian yang Bisa Merusak Gigi dan Mulut

Minuman kekinian menjadi tren di berbagai kalangan khususnya anak muda. Tak ayal, minuman ini memiliki begitu banyak penggemar yang rela antre untuk mencicipinya. Namun, siapa sangka, minuman yang sangat digemari ini menyimpan masalah untuk kesehatan gigi dan mulut Anda. Simak, yuk!

  1. Variasi Minuman Kopi dan Es Kopi Susu

Jutaan orang memulai harinya dengan secangkir kopi. Pada kopi terdapat zat tanin yang jika menumpuk pada email gigi akan menyebabkan staining atau noda gigi (terutama pada kopi hitam). Alhasil warna gigi bisa menjadi lebih kuning. 

Artikel lainnya: Hindari Kebiasaan Ini Agar Gigi Lebih Sehat!

Jika kopi ditambahkan gula maka bisa meningkatkan risiko terjadinya gigi berlubang. Selain itu, kopi juga mengandung kafein tinggi yang dapat mengganggu kualitas tidur jika dikonsumsi berlebihan. 

  1. Variasi Minuman Teh 

Jika bukan pencinta kopi, maka biasanya di pagi hari akan menyeruput secangkir teh manis ditemani sarapan. Teh mengandung zat antioksidan katekin dan epikatekin yang baik untuk menangkal kanker mulut dan mengurangi risiko penyakit jantung

Namun, teh dapat menimbulkan noda gigi karena kandungan tanin di dalamnya. Bahkan beberapa jenis teh hitam bisa menyebabkan gigi lebih kuning dan kusam dibanding dengan kopi, lho! 

Berbeda lagi dengan minuman teh yang dicampur susu. Jika ditambahkan susu, maka manfaat antioksidan dalam teh akan hilang. Sebaiknya hindari minuman ini di pagi hari dengan perut kosong. Isi dulu dengan sedikit makanan supaya tidak meningkatkan asam lambung. 

Artikel lainnya: Tips Merawat Gigi untuk Pencinta Makanan Manis

Ada pula minuman teh yang dicampur topping keju! Minuman ini memiliki gula yang sama banyaknya, ditambah kandungan lemak dari topping keju tersebut. Jika dikonsumsi terlalu berlebih, tak hanya merusak gigi namun juga bisa meningkatkan berat badan. Jadi, jangan sepelekan bahaya minuman kekinian yang satu ini. 

  1. Minuman Boba 

Minuman boba juga termasuk minuman yang dapat merusak gigi. Pasalnya, minuman ini paling memungkinkan untuk dihabiskan dalam waktu lama. 

Selain itu, minuman boba dapat melarutkan mineral gigi akibat asam yang dihasilkan oleh bakteri di mulut.  Lama kelamaan dapat menyebabkan erosi gigi dan gigi sensitif. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya konsumsi minuman ini di waktu makan besar, bukan di sela-sela waktu makan.

  1. Es Serut Kepal

Anda pasti tahu bahwa cokelat dan permen mengandung kadar gula yang tinggi.  Hal itu membuatnya rentan menempel pada permukaan gigi, yang lama kelamaan dapat menyebabkan terjadinya gigi berlubang. 

Keadaan ini bisa semakin parah bila seseorang tidak menyikat gigi dan menjaga kebersihan rongga mulutnya dengan teliti, terutama di malam hari sebelum tidur.

Artikel lainnya: Bahaya Minuman Berlabel Sugar Free pada Kesehatan Gigi

  1. Minuman yang Mengandung Asam

Minuman kekinian yang mengandung asam, seperti soda dan jus buah, juga berbahaya bagi kesehatan gigi. Kandungan asam dalam minuman tersebut bisa melunakkan lapisan email gigi. Akibatnya, risiko gigi berlubang akan meningkat. 

Agar rasanya tidak terlalu asam, biasanya ditambahkan gula yang cukup banyak. Hal ini tentu makin berbahaya, karena gula dapat menambah pertumbuhan bakteri perusak gigi di dalam mulut. 

Apalagi, setelah mengonsumsi minuman yang asam, pH mulut menjadi sangat rendah dan tambah asam. Hal inilah yang menyebabkan gigi mudah rusak dan mengalami erosi. 

2 dari 3 halaman

Apa Solusinya?

Inilah beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk mencegah kerusakan gigi akibat minuman kekinian: 

  1. Gunakan sedotan saat mengonsumsi minuman kekinian tersebut, untuk meminimalkan kontak air dengan gigi.
  2. Konsumsi air putih, susu tawar, atau keju setelahnya. Ini bertujuan untuk menetralkan keasamannya.
  3. Jangan langsung menggosok gigi setelah mengonsumsi minuman yang asam. Tunggulah kurang lebih 30 menit, agar email gigi bisa kembali mengeras seperti sedia kala. 
  4. Hindari minum kopi setidaknya empat jam sebelum tidur, agar tidak sulit tidur di malam hari. 
  5. Jaga kebersihan gigi dan mulut dengan menyikat gigi sebanyak dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride.
  6. Kunjungi dokter gigi secara berkala, atau setidaknya setiap enam bulan sekali.

Anda memang tidak dilarang untuk mengonsumsi minuman kekinian. Namun, Anda harus tetap ingat bahwa minuman tersebut dapat mendatangkan dampak buruk bagi kesehatan gigi dan mulut. 

Karena itu, akan lebih baik jika Anda membatasi atau menghindari konsumsinya sama sekali agar tidak merusak gigi. Jika ingin tahu info lainnya seputar kesehatan gigi dan mulut, bisa unduh aplikasi KlikDokter, ya!

[NWS/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar