Sukses

Solusi Mata Kering Saat Begadang Nonton Piala Dunia

Anda mengalami mata kering karena begadang nonton Piala Dunia? Atasi dengan menerapkan hal-hal berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Mata kering kerap terjadi karena banyak hal. Salah satunya adalah karena berlama-lama di depan layar televisi untuk begadang nonton pertandingan sepak bola Piala Dunia. Pertandingan yang disiarkan memang seru dan bikin ketagihan.

Meski Anda gemar menonton rangkaian pertandingan sepak bola piala dunia setiap malam , jangan sampai kesehatan Anda malah terabaikan. Kesehatan mata, harus menjadi salah satu yang Anda perhatikan.

Pada dasarnya, Anda membutuhkan air mata untuk menjaga kelembapan mata dan membuatnya tetap nyaman. Air mata adalah kombinasi dari air untuk pelembap, minyak untuk lubrikasi, mukus, dan antibodi serta protein khusus untuk melindungi mata dari infeksi.

Komponen-komponen tersebut berasal dari kelenjar air mata yang berada di sekitar mata. Ketika terjadi masalah pada kelenjar air mata inilah kemudian Anda dapat mengalami mata kering.

“Seseorang dengan mata kering akan mengalami produksi air mata berlebih sebagai kompensasinya. Karena ketika mata tidak cukup lembap, ia akan mengirimkan sinyal distres terhadap sistem saraf yang mengaktifkan kelenjar air mata untuk mengeluarkan cadangannya,” kata dr. Reza Pahlevi dari KlikDokter.

1 dari 3 halaman

Gangguan kesehatan akibat mata kering

Menurut dr. Reza, mata kering dapat disebabkan oleh banyak hal. Selain karena hobi berlama-lama di depan televisi untuk menyaksikan Piala Dunia, penyebab tersebut antara lain:

- Dampak dari proses penuaan, terutama saat menopause

- Efek samping dari penggunaan obat seperti antihistamin dan pil KB

- Penyakit yang memengaruhi kemampuan menghasilkan air mata seperti sjogren's syndrome, rematoid artritis, dan kolagen vaskuler

- Gangguan struktur mata atau kelenjar air mata

- Pengaruh lingkungan seperti cuaca berangin, AC, cuaca kering dan panas

Perlu diketahui bahwa ada tiga lapisan air mata yang normal, yaitu lapisan lipid, air, dan lapisan mucin. Ketiganya berfungsi membuat mata tetap lembap dengan membasahi seluruh permukaan kornea dan mencegah terjadinya penguapan.

Jika salah satu dari ketiga unsur tersebut tidak berfungsi dengan normal, lapisan air mata menjadi tidak stabil dan lebih mudah menguap, sehingga menyebabkan mata kering.

Gejala-gejala pada mata yang biasa dikeluhkan oleh penderita mata kering adalah:

- Mata terasa kering, gatal, panas, merah, pedih dan berair.

- Mata menjadi lebih sensitif terhadap cahaya, asap rokok, panas matahari, dan angin.

- Mata menjadi mudah lelah saat membaca, melihat TV dan layar computer.

- Penglihatan menjadi kabur.

- Mata terasa lengket dan mengeluarkan kotoran berlendir. Pada beberapa kasus, penderita merasa kelilipan atau kemasukan benda asing.

Kondisi tersebut tentunya amat mengganggu. Sebisa mungkin, atasi gangguan kesehatan ini agar dapat menjalani aktivitas secara normal.

2 dari 3 halaman

Tips atasi mata kering akibat hobi nonton Piala Dunia

Faktor utama yang biasanya menyebabkan mata kering adalah usia serta lingkungan. Meski kerap terjadi, namun mata kering dapat diatasi dengan cara yang praktis di rumah.

Berdasarkan penjelasan dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, berikut langkah yang dapat diambil:

- Gunakan obat tetes mata. Cara ini bisa membantu mengurangi keluhan penderita mata kering. Pilihlah obat tetes mata yang tidak mengandung pengawet.

- Pakailah kacamata hitam dengan UV-filter saat beraktivitas di luar ruangan. Cara ini bisa dilakukan untuk melindungi mata dari angin dan pengaruh sinar ultraviolet saat matahari bersinar terik.

- Kompreslah mata dengan air hangat. Cara ini bisa membuat mata terasa lebih relaks.

- Jangan menahan berkedip. Menutup mata selama 10 detik setiap 10 menit akan memberikan rasa nyaman pada mata.

Menyaksikan tim andalan di pertandingan sepak bola Piala Dunia memang mengasyikkan. Tapi, jangan sampai Anda lalai dalam menjaga kesehatan mata, ya. Agar mata tak terasa kering, segera lakukan berbagai tips di atas. Jangan sampai kondisi mata kering justru mengganggu kenyamanan Anda.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar