Seks

Cegah Disfungsi Ereksi dengan Konsumsi Ini

Bobby Agung Prasetyo, 03 Jul 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Setiap pria tentu tidak ingin kejantanan dan kehidupan seksualnya terganggu oleh disfungsi ereksi. Cegahlah dengan mengonsumsi makanan ini!

Cegah Disfungsi Ereksi dengan Konsumsi Ini

Disfungsi ereksi adalah keadaan ketika penis tidak mampu ereksi atau mempertahankannya. Tidak ada patokan spesifik berapa lama ereksi yang dikatakan normal. Kondisinya sangat bergantung pada tingkat kepuasan masing-masing pasangan. Meski demikian, tidak ada pria yang ingin mengalami gangguan seputar aktivitas seksualnya, apalagi sampai punya disfungsi ereksi. Namun, jangan khawatir karena disfungsi ereksi dapat dicegah dengan konsumsi makanan tertentu.

Gangguan ini kerap dianggap sebagai hal yang tabu. Alhasil, banyak pria atau pasangan segan berkonsultasi dengan dokter jika mengalaminya. Padahal, disfungsi ereksi bisa saja berkaitan dengan gangguan seksual pria lainnya seperti ejakulasi dini dan penurunan hasrat melakukan hubungan seksual.

“Disfungsi ereksi banyak dialami oleh para pria, terutama oleh pria golongan usia tua, apalagi mereka yang memiliki penyakit metabolik seperti penyakit jantung dan pembuluh darah atau diabetes,” kata dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter yang akrab disapa sebagai dr. Ega.

Ada banyak faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya gangguan ereksi. Berdasarkan pemaparan dr. Ega, faktor-faktor tersebut antara lain disebabkan oleh makanan, gaya hidup tidak sehat, kebiasaan buruk seperti merokok dan jarang berolahraga, serta adanya penyakit yang mendasari.

Mengenai disfungsi ereksi, radikal bebas disebut-sebut sebagai salah satu biang kerok yang menyebabkan gangguan ereksi akibat gaya hidup yang tidak sehat. Radikal bebas dikatakan akan merusak dinding pembuluh darah dan menyebabkannya jadi tidak lancar, termasuk aliran darah ke penis.

Disfungsi ereksi memang terdengar menakutkan, khususnya bagi para pria yang aktif secara seksual. Namun, jangan khawatir karena kondisi ini dapat dicegah, yang salah satunya adalah dengan mengonsumsi enam makanan super di bawah ini.

  1. Pisang. Buah ini mengandung enzim bromelain yang dapat membantu meningkatkan potensi, stamina seksual, dan libido.
  2. Kacang. Kacang memiliki kandungan yang tinggi akan L-arginin. Salah satu jenis asam amino ini sangat penting untuk stamina seksual, karena dapat merelaksasi pembuluh darah dan merangsang aliran darah ke organ intim pria.
  3. Blueberry. Faktanya, blueberry diketahui ampuh untuk merelaksasi pembuluh darah dan memperbaiki sirkulasi tubuh. Selain itu, blueberry mengandung serat yang dapat mengurangi kolesterol. Perlu diketahui bahwa kolesterol yang rendah dapat meningkatkan aliran darah ke penis sehingga ereksi pun tahan lebih lama.
  4. Cokelat. Cokelat mengandung senyawa phenylethylamine dan alkaloid, yang keduanya dapat menciptakan perasaan nyaman sekaligus meningkatkan energi.
  5. Gingseng. Jika bicara soal stamina seksual, ginseng sering kali menjadi andalan. Menurut penelitian, ginseng dapat mengatasi disfungsi ereksi berkat efeknya yang “menenangkan” pada otot penis. Selain itu, ginseng juga dapat membangkitkan suasana hati yang tentunya berpengaruh pada saat berhubungan seksual.
  6. Pasak bumi. Tanaman herbal yang memiliki nama latin Eurycoma longifolia ini adalah tumbuhan berkhasiat yang dapat ditemukan di hutan-hutan Malaysia dan Indonesia bagian barat. Akar pasak bumi dikenal sebagai afrodisiak yang dipercaya dapat meningkatkan kualitas ereksi.

 

Mari cegah dan atasi disfungsi ereksi sejak dini!

Berdasarkan keterangan dari dr. Ega, penambahan satu porsi atau sayur pada menu makan dapat menurunkan risiko disfungsi ereksi hingga 10 persen. Bahkan, pada salah satu studi yang dipublikasikan di jurnal medis “American Journal of Clinical Nutrition” disebutkan bahwa kombinasi asupan buah dan sayur yang cukup yang diiringi dengan olahraga rutin mampu menurunkan risiko terjadinya disfungsi ereksi hingga 21 persen.

“Mulai sekarang, konsumsilah lebih banyak sayur dan buah karena tak hanya baik untuk menjaga kesehatan secara umum, tapi juga untuk mencegah disfungsi ereksi. Makanlah buah dan sayur yang kaya akan antioksidan flavonoid seperti apel, stroberi, jeruk, tomat, pir, ubi jalar, dan seledri,” papar dr. Ega.

Ada banyak cara untuk mencegah timbulnya disfungsi ereksi, seperti dengan berolahraga, menjaga berat badan, menghindari kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol, serta mengontrol diabetes. Namun, cara paling mudah yang bisa Anda lakukan untuk mencegah disfungsi ereksi adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat, serta mulai rutin mengonsumsi sederet makanan super yang disebutkan di atas. Percayalah, manfaatnya tak hanya Anda yang merasakan, tapi juga pasangan!

Masih punya pertanyaan seputar topik ini? Kamu dapat berkonsultasi dengan dokter secara online melalui layanan Tanya Dokter.

[RN/ RVS]

Kesehatan Seksual PriaereksiSeksantioksidanRadikal bebasDisfungsi EreksiEjakulasi Dini

Konsultasi Dokter Terkait