Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeGaya hidupSehat dan Bugar5 Kebiasaan Baik Ini Bikin Umur Lebih Panjang Hingga Satu Dekade
Sehat dan Bugar

5 Kebiasaan Baik Ini Bikin Umur Lebih Panjang Hingga Satu Dekade

dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc, 02 Jul 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kebiasaan baik dalam kehidupan sehari-hari dapat menjaga kesehatan tubuh dan bikin umur lebih panjang, bahkan hingga satu dekade!

5 Kebiasaan Baik Ini Bikin Umur Lebih Panjang Hingga Satu Dekade

Pilihan gaya hidup adalah salah satu hal penting untuk diperhatikan bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan. Tentu Anda sudah sering mendengar bahwa ada banyak kebiasaan baik sebagai implementasi gaya hidup sehat, seperti olahraga rutin dan konsumsi makanan bergizi. Menurut penelitian yang baru-baru ini dipublikasikan di jurnal medis “Circulation”, kebiasaan baik tersebut bikin umur lebih panjang.

Menurut informasi yang didapatkan dari salah satu artikel yang dilansir dari laman NHS Choices, seseorang yang menerapkan lima kebiasaan sehat pada masa dewasa, dapat memperpanjang usia hingga lebih dari satu dekade.

Kebiasaan baik yang bikin panjang umur

Bagi Anda yang rajin membaca berita kesehatan dan peduli terhadap kesehatan pasti tidak terkejut saat mengetahui bahwa kelima kebiasaan baik tersebut adalah:

  • Tidak merokok
  • Menjaga berat badan agar tetap stabil
  • Melakukan olahraga dengan intensitas sedang, dengan durasi setidaknya 30 menit setiap hari
  • Mengonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan, sayur-sayuran, dan gandum, serta rendah lemak jenuh, daging merah, dan gula
  • Membatasi asupan alkohol

Data yang didapat dari penelitian tersebut, sebelumnya berdasar dari salah satu penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat. Penelitian tersebut mempelajari kebiasaan sehari-hari serta kesehatan dari sekitar 123.000 tenaga kesehatan dalam kurun waktu 30 tahun terakhir.

Hasilnya menunjukkan bahwa individu yang menerapkan kelima kebiasaan sehat tersebut memiliki kemungkinan lebih rendah, untuk meninggal dunia selama masa penelitian tersebut, hingga 74 persen. Kondisi tersebut apabila dibandingkan dengan individu yang tidak menerapkan lima kebiasaan tersebut sama sekali.

Selain itu, para peneliti juga menemukan bahwa wanita yang menerapkan kelima kebiasaan tersebut, secara rata-rata hidup 14 tahun lebih lama dibandingkan wanita yang tidak sama sekali. Sedangkan angka tersebut mencapai 12 tahun bagi para pria.

Hasil yang didapat dari penelitian tersebut menunjukkan manfaat yang bisa didapatkan dari menerapkan gaya hidup sehat. Meski demikian, individu yang terbiasa dengan gaya hidup yang tidak sehat, akan sulit menerapkan gaya hidup sehat secara tiba-tiba.

Pilihan yang bisa diambil adalah menerapkan salah satu dari lima kebiasaan sehat tersebut. Selanjutnya, lakukan hal yang lain seiring dengan berjalannya waktu. Sebagai contoh, Anda yang mulai berhenti merokok akan memiliki stamina yang lebih baik, sehingga Anda bisa melakukan aktivitas olaraga setiap harinya.

Penelitian tersebut dilakukan oleh para pakar di Harvard T. H. Chan School of Public Health di Boston, Amerika Serikat, serta beberapa pusat penelitian lainnya di Inggris, Cina, Belanda, dan Amerika Serikat. Informasi diperoleh dari sekitar 123.000 individu dewasa, dengan usia 30 hingga 75 tahun pada awal penelitian.

Selanjutnya, mereka diikuti selama sekitar 30 tahun. Tujuan dari penelitian tersebut adalah untuk melihat apakah individu yang menerapkan pola hidup sehat memiliki usia yang lebih panjang dibandingkan dengan yang tidak.

Pola hidup sehat merupakan kunci dari menjaga kesehatan tubuh. Hal-hal yang bisa Anda lakukan antara lain berolahraga secara rutin, mengonsumsi makanan sehat, menghindari merokok, membatasi asupan alkohol, dan menjaga kestabilan berat badan. Oleh sebab itu, terapkan kebiasaan baik dan pola hidup sehat untuk melindungi diri dari berbagai masalah kesehatan. Umur lebih panjang hingga satu dekade, siapa yang tak mau?

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut seputar topik ini, silakan berkonsultasi dengan dokter kami melalui Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter. Gratis, lho!

[RN/ RVS]

Pola MakanKebiasaan BaikMakanan Sehatberhenti merokokgiziOlahragaUmurBerat Badan Stabil

Konsultasi Dokter Terkait