Sukses

Penyebab Berat Badan Naik Setelah Nonton Piala Dunia

Penyebab berat badan bertambah sangat bervariasi. Salah satu yang di luar dugaan adalah akibat menyaksikan piala dunia sebulan penuh.

Klikdokter.com, Jakarta Apakah Anda menyaksikan piala dunia 2018 secara rutin setiap hari? Jika ya, Anda mungkin akan mengalami kenaikan berat badan sebulan kemudian. Meski terkesan di luar dugaan, namun medis mengonfirmasi adanya hal tersebut.

Lantas, hal apa saja penyebab berat badan naik selama sebulan nonton piala dunia? Mengutip penjelasan ahli medis dari KlikDokter, ini dia beberapa hal yang dimaksud:

  • Konsumsi camilan tidak sehat

Nonton piala dunia sangat asyik bila ditemani dengan camilan, seperti keripik singkong, gorengan, atau makanan dalam kemasan. Meski membuat suasana lebih terasa, namun nonton sambil makan camilan dapat membuat berat badan Anda melonjak tak lama kemudian.

Hal itu karena camilan-camilan seperti gorengan, keripik singkong, dan teman-temannya mengandung kalori dan kolesterol lemak yang tinggi, sehingga bila dikonsumsi dalam jumlah berlebih dapat meningkatkan kadar lemak di dalam tubuh.

Keadaan menjadi semakin parah bila Anda juga mengonsumsi minuman bersoda. Minuman jenis ini mengandung gula yang tinggi, karenanya bila dikonsumsi dalam jumlah berlebih dapat menyebabkan timbunan lemak di dalam tubuh.

  • Begadang dan makan malam

Mengingat jam tayang piala dunia 2018 berlangsung hingga sekitar pukul tiga dini hari, maka Anda mau tak mau mesti begadang. Kebiasaan inilah yang kemudian memicu kenaikan berat badan secara drastis.

Waktu ideal pengosongan lambung adalah sekitar 2–6 jam. Setelah itu, Anda akan kembali merasa lapar, karena lambung mulai kosong dan asam lambung perlahan meningkat.

Perlu diketahui bahwa metabolisme tubuh pada saat malam hari akan berlangsung lebih lambat. Artinya, jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh tidak dapat sepenuhnya dibakar menjadi energi. Sisa-sisa kalori yang belum terbakar akan mengendap menjadi timbunan lemak di dalam tubuh Anda.

  • Kurang tidur

Kurang tidur dapat meningkatkan produksi hormon ghrelin di dalam tubuh. Hormon ini berfungsi untuk merangsang nafsu makan. Jadi, orang yang kurang tidur akan cenderung merasa lapar terus-menerus.

“Risiko mengalami obesitas juga meningkat bila Anda kekurangan atau kelebihan waktu tidur. Sebab waktu tidur yang tidak sesuai dapat menyebabkan penurunan hormon, yang pada akhirnya bisa menimbulkan peningkatan nafsu makan,” kata dr. Andika Widyatama dari KlikDokter.

  • Kurang aktivitas fisik

Dampak dari kurang tidur akibat begadang nonton piala dunia adalah badan lemas, karena kurang melakukan aktivitas fisik. Ketika seharusnya tubuh segar bugar di pagi hari dan siap olahraga, maka Anda terlalu lemas karena tak mendapat waktu istirahat malam yang cukup.

Ketika Anda kurang melakukan aktivitas fisik, maka kalori yang dibakar pun menjadi lebih sedikit. Alhasil, timbunan lemak yang ada di dalam tubuh Anda akan semakin tinggi, dan terjadilah kelebihan berat badan.

Itulah alasan mengapa berat badan Anda bisa naik usai nonton piala dunia. Jika tak ingin mengalaminya, pastikan Anda selalu menerapkan gaya hidup sehat, mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, cukupi waktu tidur, serta berolahraga secara rutin dan teratur.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar