Sukses

Tips Merawat Gigi Susu Anak

Meski gigi susu hanya tumbuh sementara, menjaga kebersihannya sangat penting dilakukan. Lakukan kiat berikut dalam merawat gigi susu anak.

Gigi susu anak normalnya berjumlah 20 buah. Umumnya, gigi tersebut mulai tanggal satu per satu saat mereka berusia 6 tahun. Meski gigi susu akan berganti dengan gigi permanen, tetapi kebersihan dan kesehatannya harus dirawat sedini mungkin.

Dengan melakukan perawatan gigi yang tepat secara rutin, Anda dapat membantu menerapkan kebiasaan yang baik pada anak. Dengan begitu, ia akan memiliki gigi yang sehat dan kuat serta terhindar dari infeksi atau masalah gigi lainnya.

Dalam merawat gigi susu anak, dibutuhkan kerja sama antara orang tua dan anak agar kesehatan gigi dan mulut menjadi sukses. 

Berikut adalah beberapa cara merawat gigi susu anak yang bisa Anda terapkan:

1 dari 12 halaman

1. Pilihlah Sikat Gigi yang Tepat

Pastikan sikat gigi yang digunakan anak Anda sesuai. Anda dapat memilih sikat gigi dengan warna atau gambar kartun favorit anak. 

Pilih juga sikat gigi khusus anak-anak yang berbulu lembut dan sesuai dengan umurnya. Selain itu, jangan lupa untuk mengganti sikat gigi setiap tiga bulan sekali atau jika bulu sikat sudah rusak.

Artikel lainnya: Perkembangan Gigi dan Mulut Anak

2 dari 12 halaman

2. Gunakan Pasta Gigi Berfluoride

Kandungan fluoride di dalam pasta gigi akan membantu gigi anak tetap sehat dan kuat, serta mencegah kerusakan gigi.

Pasta gigi berfluoride juga dapat mencegah gigi berlubang dengan membantu remineralisasi area gigi yang sudah terkena asam bakteri. 

3 dari 12 halaman

3. Lakukan Perawatan Rutin Setiap Hari

Rawatlah gigi susu anak Anda setiap hari. Setelah anak mendapatkan setidaknya satu gigi, mulailah menyikat gigi dengan sikat gigi khusus anak yang berbulu lembut dan pasta gigi berfluoride. 

Lakukan penyikatan gigi sebanyak dua kali sehari, yaitu setiap pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. 

4 dari 12 halaman

4. Bersihkan secara Menyeluruh

Jangan lupa, ajarkan anak bagaimana cara membersihkan dan menyikat gigi yang baik. 

Sikatlah gigi secara menyeluruh dari atas dan bawah hingga bagian luar dan dalam. Setelah itu, dilanjutkan dengan gerakan berputar dari gigi belakang ke depan.

5 dari 12 halaman

5. Flossing dan Menyikat Lidah

Salah satu cara merawat gigi susu anak adalah dengan rutin flossing. Ini merupakan bagian penting dari rutinitas perawatan gigi dan mulut. 

Ajari anak untuk membersihkan sela-sela gigi dengan menggunakan benang khusus, setidaknya sekali sehari. Anda juga bisa membeli benang gigi yang dilengkapi gagang agar lebih mudah saat dipakai.

Selain itu, menyikat bagian lidah juga tak kalah penting. Ini akan membantu dalam mengurangi jumlah bakteri di rongga mulut. 

6 dari 12 halaman

6. Menjadi Panutan

Umumnya anak-anak suka meniru tingkah laku atau gerakan orang-orang yang ada di sekitar mereka, Oleh karena itu, sebagai orang tua, Anda harus menjadi panutan yang baik untuk si Kecil.

Anda bisa mengajak anak untuk menyikat gigi bersama-sama. Nantinya, hal ini akan membuat anak terbiasa menjaga kebersihan dan kesehatan gigi mereka serta menjadi rutinitas harian mereka.

Artikel lainnya: Gigi Bayi Tidak Rata, Ini Penyebab dan Cara Atasinya

7 dari 12 halaman

7. Jauhi Kebiasaan Buruk

Tak jarang Anda menemukan bayi yang memiliki kebiasaan mengisap ibu jari, jari tangan, atau dotnya. Kebanyakan dari mereka umumnya menghentikan kebiasaan ini pada usia empat tahun, namun ada juga yang terus berlanjut.

Bila mendapati anak memiliki kebiasaan ini, ajaklah ia untuk menghentikan kebiasaannya. Sebab, terdapat risiko timbulnya masalah pada gigitan dan keselarasan gigi pada kemudian hari.

8 dari 12 halaman

8. Mengonsumsi Makanan Sehat

Cara perawatan gigi susu anak yang tidak kalah penting adalah konsumsi makanan sehat. Oleh karena itu, pastikan Anda membuat pilihan makanan yang sehat untuk si Kecil.

Perbanyaklah menu buah dan sayur-sayuran agar gigi anak tetap sehat serta kuat. 

Selain itu, rutin mengonsumsi susu juga baik untuk kesehatan gigi anak, terutama dalam pertumbuhan gigi, serta mengurangi risiko terjadinya gigi berlubang karena mengandung kalsium, vitamin D, dan fosfor.

Artikel Lainnya: Pengaruh Susu Bisa Bikin Gigi Anak Rusak, Ini Faktanya!

9 dari 12 halaman

9. Batasi atau Hindari Makanan yang Merusak Gigi

Terlalu sering mengonsumsi makanan yang mengandung gula tinggi, seperti permen atau cokelat, bisa berisiko menyebabkan gigi berlubang. Risiko akan makin tinggi bila anak tidak menyikat gigi secara teratur.

Karena itu, batasi atau hindari sepenuhnya makanan tersebut agar gigi bebas dari kerusakan. Jangan lupa ajarkan anak untuk minum air putih setelah mengonsumsi makanan-makanan yang manis.

10 dari 12 halaman

10. Hindari Menggunakan Alat Makan Bersama

Alat makan, gelas, botol, atau dot si Kecil sebaiknya tidak digunakan secara bersamaan dengan orang lain. Sebab, bakteri di mulut kita bisa saling menular dan tidak sehat.

11 dari 12 halaman

11. Mengajak Anak ke Dokter Gigi

Menurut American Dental Association dan American Academy of Pediatrics, mengajak anak ke dokter gigi penting untuk dilakukan. 

Anda bisa mengajak anak saat giginya pertama kali tumbuh atau saat ulang tahun pertamanya. 

Dokter gigi akan memeriksa kondisi rongga mulut anak secara keseluruhan dan membimbing orang tua dalam pencegahan terhadap penyakit gigi.

Itulah berbagai cara merawat gigi susu anak yang penting diperhatikan oleh para orang tua. Ajari dan bantu anak Anda dalam menjaga kesehatan giginya. Jangan lupa juga, lakukan pemeriksaan ke dokter gigi secara berkala setiap enam bulan sekali.

Baca artikel lainnya mengenai kesehatan gigi anak di aplikasi KlikDokter. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter melalui layanan Live Chat 24 jam.

[RS]

0 Komentar

Belum ada komentar