Sukses

Tips Merawat Gigi Susu Anak

Meski gigi susu hanya tumbuh sementara, menjaga kebersihannya sangat penting dilakukan. Lakukan kiat merawat gigi susu anak berikut ini.

Gigi susu anak berjumlah 20 buah. Normalnya gigi susu ini akan tanggal dan digantikan oleh gigi permanen. Pada tahap ini, perawatan gigi anak penting untuk diperhatikan oleh orang tua.

Dengan melakukan perawatan gigi yang tepat secara rutin, Anda dapat membantu menerapkan kebiasaan yang baik pada si Kecil. Dengan begitu, ia akan memiliki gigi yang sehat dan kuat serta terhindar dari infeksi, penyakit, atau masalah gigi lainnya.

Cara merawat gigi susu anak pun bisa terbilang cukup mudah. Salah satu caranya adalah cukup gunakan waslap bersih, lalu usapkan pada gusi untuk membersihkan bakteri.

Selain itu, berikut beberapa cara perawatan gigi susu pada anak yang bisa Anda terapkan:

1 dari 6 halaman

1. Pilihlah Sikat Gigi yang Tepat

Cara merawat gigi anak yang pertama adalah memastikan bahwa sikat gigi yang digunakan sesuai. Bantulah si kecil dalam memilih sikat gigi sendiri, misalnya salah satu yang memiliki warna atau karakter favorit.

Namun, pilihlah sikat gigi khusus anak-anak yang berbulu lembut dan sesuai dengan umurnya. Selain itu, jangan lupa untuk mengganti sikat gigi setiap tiga bulan sekali atau jika bulu sikat sudah rusak.

Artikel Lainnya: Meski Hanya Sementara, Ini Alasan Gigi Susu Juga Perlu Dirawat

2. Gunakan Pasta Gigi Berfluoride

Penggunaan pasta gigi berfluoride juga penting sebagai cara merawat gigi susu anak. Kandungan di dalam pasta gigi ini akan membantu menjaga gigi anak tetap sehat dan kuat, serta mencegah kerusakan gigi.

Pasta gigi berfluoride juga membantu menghalangi gigi berlubang dengan membantu remineralisasi area gigi yang sudah terkena asam bakteri. Anda dapat membantu si Kecil dengan membiarkan mereka memilih pasta gigi dengan rasa yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

3. Lakukan Perawatan Rutin Setiap Hari

Cara perawatan gigi susu perlu Anda perhatikan sejak dini. Sebab, penting untuk menjaga kebersihan gigi sejak anak Anda masih bayi. Sebagai orang tua, Anda dapat membersihkan bagian mulut serta gusinya.

Barulah setelah anak mendapatkan setidaknya satu gigi, mulailah menyikat gigi dengan sikat gigi khusus anak yang berbulu lembut dan pasta gigi yang berfluoride. Lakukan dua kali sehari, yaitu setiap pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.

Artikel Lainnya: Pengaruh Susu Bisa Bikin Gigi Anak Rusak, Ini Faktanya!

4. Bersihkan secara Menyeluruh

Setelah memilih pasta gigi dan sikat gigi yang sesuai, Anda pun dapat mengajarkan anak gerakan yang tepat saat menyikat gigi susu anak. Menyikat gigi dengan teknik yang tepat tentu penting dilakukan.

Sikatlah gigi secara menyeluruh dari atas dan bawah hingga bagian luar dan dalam. Setelah itu, dilanjutkan dengan gerakan sikat gigi berputar dari gigi belakang ke depan.

3 dari 6 halaman

5. Flossing dan Menyikat Lidah

Flossing adalah bagian penting lain dari rutinitas perawatan gigi dan mulut anak. Ajari si kecil untuk membersihkan sela-sela gigi dengan menggunakan benang khusus, setidaknya sekali sehari. Anda juga bisa membeli benang gigi yang dilengkapi gagang agar lebih mudah saat dipakai.

Selain itu, menyikat bagian lidah juga tak kalah penting. Ini akan membantu dalam mengurangi jumlah bakteri di rongga mulut. Jadi, pastikan anak menyikat lidahnya setiap hari, ya.

6. Menghindari Kebiasaan Buruk

Tak jarang Anda menemukan bayi yang memiliki kebiasaan mengisap ibu jari, jari tangan, atau dotnya. Kebanyakan dari mereka umumnya menghentikan kebiasaan ini pada usia empat tahun, tetapi ada juga yang terus berlanjut.

Artikel Lainnya: Gigi Susu Anak Tak Kunjung Tanggal, Perlukah Khawatir?

Bila mendapati si Kecil memiliki kebiasaan ini, segera hentikan dan ajak anak untuk menghentikan kebiasaannya. Sebab, terdapat risiko timbulnya masalah pada gigitan dan keselarasan gigi.

4 dari 6 halaman

7. Mengonsumsi Makanan Sehat

Cara perawatan gigi susu anak yang tidak kalah penting adalah konsumsi makanan sehat. Oleh karena itu, pastikan Anda membuat pilihan makanan yang sehat untuk si Kecil.

Perbanyaklah buah dan sayur-sayuran agar gigi tetap sehat dan kuat. Selain itu, rutin mengonsumsi susu juga baik untuk kesehatan gigi anak, terutama dalam pertumbuhan gigi, serta mengurangi risiko terjadinya gigi berlubang karena mengandung kalsium, vitamin D, dan fosfor.

8. Batasi atau Hindari Makanan yang Merusak Gigi

Makanan yang mengandung gula tinggi—semisal permen atau coklat—jika terlalu sering dikonsumsi dapat berisiko tinggi menyebabkan gigi berlubang, terlebih jika si Kecil tidak menyikat gigi secara teratur.

Artikel Lainnya: Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Gigi Anak

Oleh karena itu, perawatan gigi anak yang perlu diperhatikan salah satunya membatasi atau menghindari makanan tersebut agar gigi bebas dari kerusakan. Jangan lupa ajarkan si Kecil untuk minum air putih setelah mengkonsumsi makanan-makanan yang manis.

5 dari 6 halaman

9. Mengajak Anak ke Dokter Gigi

Cara perawatan gigi susu dilakukan dengan memeriksakan gigi anak ke dokter gigi. Menurut American Dental Association dan American Academy of Pediatrics, tindakan ini sebaiknya dilakukan sedini mungkin sejak gigi pertama mereka tumbuh.

Selain untuk memeriksa kesehatan rongga mulut secara menyeluruh, dokter gigi dapat membimbing orang tua dalam penerapan kebiasaan menyikat gigi yang benar dan pencegahan terhadap penyakit gigi.

Selain itu, pemeriksaan yang dilakukan sejak dini juga dapat mengatasi jika terdapat kerusakan atau masalah gigi lainnya sedini mungkin.

Perawatan gigi anak penting diajarkan orang tua sejak gigi susunya mulai tumbuh. Meski akan tanggal pada waktunya, gigi susu anak berperan sangat penting terhadap tumbuhnya gigi permanen.

Oleh karena itu, bantu si Kecil mengenali cara-cara perawatan gigi susu. Dengan begitu, giginya akan tetap sehat dan terlindungi dari berbagai gangguan kesehatan gigi dan mulut.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar