Sukses

Akupunktur dan Akupresur, Mana Lebih Efektif Atasi Sakit Kepala?

Sebagai pengobatan alternatif untuk mengatasi sakit kepala, mana yang lebih efektif: akupunktur atau akupresur?

Klikdokter.com, Jakarta Sudah sejak lama akupunktur dan akupresur dikenal sebagai metode pengobatan alternatif untuk mengatasi sakit kepala, terutama di Asia. Cara kerja keduanya pada dasarnya adalah mengatasi nyeri melalui stimuli di titik-titik tertentu (accupoint). Nah, dari kedua metode ini, mana yang lebih efektif untuk mengatasi sakit kepala?

Akupunktur dan akupresur, serupa tapi tak sama

Banyak orang yang mengira bahwa akupunktur dan akupresur adalah metode yang sama karena keduanya berakar dan banyak menggunakan panduan yang serupa, yaitu accupoint.

Accupoint adalah titik-titik yang tersebar di sekujur tubuh, mulai dari ujung kepala hingga kaki yang berasal dari tradisi pengobatan Cina kuno. Titik accupoint merupakan titik spesifik di permukaan tubuh yang merepresentasikan berbagai fungsi dan organ pada tubuh manusia, sehingga masing-masing titik accupoint memiliki efek yang berbeda bila diberi stimulasi.

Efek dari stimulasi dan manipulasi titik-titik accupoint yang telah banyak dimanfaatkan dalam dunia kesehatan adalah manfaatnya dalam meredakan berbagai bentuk nyeri, salah satunya sakit kepala. Metode ini juga telah banyak digunakan untuk membantu meredakan nyeri menstruasi, bahkan nyeri pascaoperasi.

Sehubungan dengan hal tersebut, akupunktur dan akupresur adalah dua di antara berbagai metode yang digunakan untuk memanipulasi atau menstimulasi titik-titik akupresur tersebut. Jika akupunktur menggunakan jarum tipis yang ditusukkan ke tubuh hingga kedalaman tertentu untuk menstimulasi akupoin, sedangkan akupresur hanya mengandalkan sentuhan, tekanan, dan pemijatan pada titik-titik yang sama. Inilah perbedaan mendasar antara akupunktur dan akupresur.

Meski berasal dari tradisi pengobatan Cina kuno, akupunktur dan akupresur telah banyak digunakan dan diintegrasikan ke dalam ilmu kedokteran Barat dan modern karena telah terbukti manfaatnya melalui berbagai studi. Meski demikian—terutama akupunktur—terdapat berbagai panduan dan aturan yang sebaiknya diikuti untuk menjamin efek dan keamanan pengaplikasiannya pada tubuh.

1 dari 2 halaman

Mana yang lebih efektif untuk atasi sakit kepala?

Dalam mengatasi sakit kepala, baik akupunktur maupun akupresur sama-sama dapat bekerja dengan baik. Meski akupresur disinyalir dapat meredakan rasa nyeri di kepala dengan segera, tapi akupunktur dipercaya dapat memberikan efek jangka panjang, terutama untuk sakit kepala dengan penyebab yang lebih kompleks. Akupunktur juga dianggap lebih efektif karena beberapa titik dapat dilakukan stimulisasi sekaligus pada satu waktu.

Tak hanya itu, ada sebuah penelitian di Kanada yang membandingkan akupunktur dan akupresur untuk mencegah menstrual migraine, yaitu migrain yang kemunculannya berhubungan dengan siklus haid. Hasilnya, kelompok yang mendapat terapi akupunktur dan akupresur mengalami penurunan jumlah hari migrain lebih dari setengahnya, serta intensitas nyeri jauh berkurang dibandingkan dengan kelompok kontrol. Studi ini juga menyebutkan bahwa kedua metode tersebut juga dapat mencegah sakit kepala tipe tegang (tension-type headache).

Terkait prosedur masing-masing metode, akupresur adalah metode terbaik yang dapat segera Anda memanfaatkan secara mandiri, karena bisa Anda pelajari sendiri lewat buku atau video tutorial. Anda dapat langsung menekan atau memijat accupoint yang berkaitan dengan sakit kepala, seperti di antara kedua alis atau di belakang telinga, atau di pundak belakang untuk meredakan sakit kepala yang berhubungan dengan leher yang juga terasa pegal. Sedangkan untuk akupunktur, Anda harus pergi ke klinik atau pusat akupunktur yang memiliki tenaga profesional dan bersertifikat.

Jadi, mana yang lebih baik antara akupunktur dan akupresur untuk mengatasi sakit kepala, sebenarnya tergantung preferensi masing-masing individu. Hal yang terpenting adalah kenyamanan dan alasan Anda dalam melakukan metode alternatif tersebut. Tertarik juga untuk mencoba akupunktur atau akupresur untuk mengatasi keluhan sakit kepala? Selamat mencoba!

[RN/ RVS]

1 Komentar