Diet dan Nutrisi

Resep Rumahan yang Efektif Atasi Sakit Kepala

dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid, 29 Jun 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Sakit kepala menjadi keluhan yang sering datang tanpa diundang. Tak perlu panik, resep rumahan ini bisa Anda jadikan solusinya.

Resep Rumahan yang Efektif Atasi Sakit Kepala

Sakit kepala merupakan keluhan sederhana yang dapat terjadi pada siapa saja. Banyak hal yang dapat menjadi pencetus keluhan tersebut, misalnya kelelahan, stres, kurang tidur, terlalu banyak menatap gawai, kelaparan, maupun dehidrasi.

Meski terkesan sebagai keluhan sepele yang umum ditemukan, sakit kepala tetap bisa mengganggu aktivitas hingga menurunkan kualitas hidup orang yang mengalaminya. Untungnya, keluhan tersebut bisa diatasi sendiri di rumah.

Berikut beberapa resep rumahan yang bisa membantu meringankan keluhan sakit kepala yang Anda alami:

1. Minum kopi atau teh hijau

Kopi dan teh mengandung kafein. Zat ini dapat membantu meringankan keluhan sakit kepala jenis migrain alias sakit kepala sebelah.

Untuk membantu meringankan keluhan, kopi atau teh hijau dapat Anda minum selagi hangat. Usahakan untuk tidak mencampurkan gula ke dalam kopi atau teh hijau hangat yang akan Anda minum.

2. Berbaring dalam ruangan yang tenang dan gelap

Meski belum jelas mekanismenya, sebagian besar penderita sakit kepala mengalami keluhan yang semakin parah saat dirinya berada di ruangan yang terlalu terang dan berisik.

Sebaliknya, saat penderita sakit kepala berada di ruangan yang tenang dan gelap, dirinya merasa lebih baik. Ini terjadi karena ruangan yang tenang dan gelap memicu tubuh untuk mengeluarkan hormon kortisol—hormon yang dikeluarkan tubuh untuk merespons stres, sehingga keluhan sakit kepala bisa berkurang hingga akhirnya benar-benar hilang.

3. Minum segelas susu hangat

Segelas susu hangat bisa membantu meredakan sakit kepala juga, lho. Susu mengandung vitamin B2 (riboflavin) yang terbukti dapat membantu mencegah migrain. Selain itu, susu juga memiliki kandungan asam amino triptofan yang menimbulkan rasa relaks dan mengantuk.

4. Makan pisang atau sayuran hijau

Pisang dan sayuran hijau—seperti bayam dan kangkung—merupakan makanan yang kaya akan magnesium. Mengonsumsi makanan tinggi magnesium dapat membantu meringankan gejala sakit kepala.

Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, Anda dapat mengonsumsi pisang atau sayuran hijau yang masih segar. Jika ingin memasaknya, pastikan tidak terlalu lama agar kandungan nutrisi di dalamnya tidak hilang.

5. Hubungan intim

Tahukah Anda bahwa melakukan hubungan intim juga bisa membantu meredakan sakit kepala? Ya, hubungan intim yang dilakukan dengan pasangan akan memicu tubuh mengeluarkan endorfin alias hormon bahagia. Keluarnya hormon ini akan membuat keluhan sakit kepala menghilang dalam waktu tak lama.

6. Kenali pencetus dan hindari

Pencetus sakit kepala sangat bervariasi. Ada orang yang mengalami sakit kepala tiap kali kurang tidur, ada pula yang merasakan sakit kepala tiap mengonsumsi makanan seperti cokelat, keju, atau lainnya.

Nah, supaya tak mengalami sakit kepala berulang, kenali hal apa saja yang dapat mencetuskan sakit kepala pada diri Anda. Setelah tahu, hindarkan diri Anda dari hal-hal tersebut.

7. Konsumsi obat pereda nyeri

Untuk meringankan sakit kepala, Anda bisa mengonsumsi obat antinyeri seperti parasetamol sesuai dosis yang dianjurkan. Anda dapat menemukan obat ini dengan mudah, karena merupakan golongan obat yang dijual bebas.

Jika dua hingga empat jam setelah mengonsumsi obat sakit kepala tak kunjung mereda, Anda dianjurkan untuk berkonsultasi lebih lanjut pada dokter.

Perlu diketahui, tips di atas hanya dapat membantu meredakan sakit kepala derajat ringan hingga sedang. Jika yang Anda rasakan adalah sakit kepala hebat dan tidak tertahankan, disertai dengan muntah-muntah, atau diikuti dengan keluhan kaki sulit digerakkan bicara pelo, dan mulut mencong, jangan mencoba mengobatinya sendiri di rumah. Sakit kepala seperti itu sangat mungkin disebabkan oleh adanya gangguan pada otak. Karenanya, penanganan medis di rumah sakit diperlukan dengan segera.

[NB/ RVS]

MigrainsakitkepalaSakit Kepala SebelahSakit Kepala

Konsultasi Dokter Terkait