Sukses

Gaya Hidup Sehat yang Bisa Anda Tiru dari Piala Dunia 2018

Selain pertandingan sepak bola yang seru, ada banyak gaya hidup sehat yang bisa Anda tiru dari Piala Dunia 2018. Simak selengkapnya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Gaya hidup sehat perlu diterapkan sedini mungkin, bahkan sejak kecil. Ketika Anda berhenti menerapkan gaya hidup sehat, maka akan banyak gangguan serta penyakit yang menyerang tubuh. Terlebih, sistem kekebalan tubuh bisa menurun dan Anda menjadi rentan terhadap penyakit.

Secara umum, ada 4 hal yang memengaruhi gaya hidup sehat. Hal tersebut antara lain pola makan, pola tidur, aktivitas fisik, dan stres. Bila Anda dapat menangani semuanya dengan baik, hidup Anda akan sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

“Pola makan yang dianjurkan adalah makan teratur (3 kali sehari makan utama, ditambah 2 kali camilan di antaranya bila perlu) dengan porsi wajar (terukur) dan komposisi yang seimbang. Komposisi yang baik adalah tinggi protein, mengandung karbohidrat sehat (karbohidrat kompleks/serat), dan rendah lemak jenuh,” kata dr. Fiona Amelia dari KlikDokter.

Pola tidur yang baik mencakup kecukupan waktu tidur malam, yaitu 7,5 hingga 9 jam sehari. Sementara itu, aktivitas fisik dianjurkan untuk dilakukan 5x30 menit per minggu.

Pengelolaan stres dilakukan dengan cara memiliki lingkungan sosial seperti hubungan interpersonal yang baik. Selain itu, Anda perlu mengetahui cara-cara untuk mengatasi stres yang disebabkan oleh pekerjaan dan stres akibat hal lainnya.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

Menariknya, gaya hidup sehat ternyata juga dapat Anda tiru dari momen Piala Dunia yang sedang berlangsung saat ini. Hal tersebut antara lain:

1. Memahami manfaat olah raga sepak bola

Manfaat olah raga sepak bola begitu banyak. Dilansir dari Liputan6.com, sepak bola adalah latihan kardiovaskular yang cerdas. Laju pernapasan akan meningkat bersama dengan detak jantung dan hal tersebut baik untuk melatih tubuh Anda.

Oksigen akan lebih banyak tersalur ke otot yang bekerja beras. Jantung menjadi lebih kuat, kalori terbakar, dan tekanan darah akan lebih baik.

Olahraga yang satu ini juga baik untuk stamina. Seiring berjalannya waktu, Anda akan membangun kapasitas aerobik, kemampuan jantung dan paru-paru untuk mendapatkan oksigen ke otot-otot dan meningkatkan kinerja atletik.

Dalam sepak bola, kekuatan otot diperlukan untuk mempertahankan, melompat, hingga melewati lawan dan merebutkan bola. Gerakan ini melatih lengan, dada, otot inti, kaki dan seluruh gerakan tersebut membangun kekuatan otot di seluruh tubuh pemain sepak bola.

Bahkan sepak bola ternyata juga mampu meningkatkan koordinasi dan juga konsentrasi. Keterampilan kognitif dapat dipertajam melalui uji otak dengan cara-cara yang baru. Hal ini mendorong neuron untuk membuat koneksi baru.

2. Membiasakan diri konsumsi camilan sehat

Sambil menyaksikan Piala Dunia 2018, Anda dapat mengonsumsi berbagai macam camilan sehat yang baik untuk tubuh. Sudah banyak imbauan yang menyebut bahwa Anda sebaiknya mengganti camilan nobar Piala Dunia dengan yang lebih sehat.

Kacang-kacangan yang mengandung serat dan mineral tinggi bia menjadi salah satu pilihan camilan sehat Anda. Kandungan protein dalam kacang tak kalah dengan daging. American Diabetes Association (ADA) bahkan memasukkan kacang ke dalam daftar superfood untuk penderita diabetes.

“Beberapa pilihan kacang yang baik adalah kacang merah yang dipanggang, kacang tanah, atau kacang almon,” ujar dr. Sepriani Timurtini Limbong.

Buah-buahan dan sayuran juga sama baiknya. Terlebih, jika Anda mempersiapkan camilan sehat secara matang dengan turut menyediakan yoghurt dan produk susu rendah kalori.

3. Nonton Piala Dunia tingkatkan keakraban

Aktivitas nonton bareng pertandingan sepak bola yang ada di televisi baik dengan sahabat atau keluarga ternyata memiliki manfaat dalam hubungan sosial. Menurut psikolog keluarga dari Long Island, Amerika Serikat, bernama Renee Clauselle, nobar pertandingan sepak bola mampu memperkuat ikatan dalam sebuah komunitas.

"Menonton pertandingan olahraga dalam kejuaraan tingkat tertinggi dan terendah, mampu memperkuat ikatan serta menjadi ajang seseorang lebih terbuka akan hal-hal pribadi," kata Renee, dilansir dari Liputan6.com.

Ternyata, lewat menyaksikan pertandingan sepak bola Piala Dunia 2018, banyak hal baik yang bisa Anda tangkap, termasuk soal penerapan gaya hidup sehat. Meski begadang nobar Piala Dunia, usahakan tetap menjaga kondisi tubuh dan ganti waktu tidur malam Anda dengan beristirahat cukup di esok paginya.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar