Sukses

Panduan Pola Makan Sehat untuk Penderita Hipertensi

Penderita hipertensi dapat menurunkan tekanan darahnya dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan menjalankan pola makan sehat.

Klikdokter.com, Jakarta Hipertensi, atau tekanan darah tinggi, adalah faktor risiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Artinya jika Anda menderita hipertensi, risiko Anda untuk menderita penyakit jantung dan pembuluh darah lebih tinggi dibanding orang lain. Namun tak perlu khawatir, hipertensi dapat dicegah dan ditangani dengan pola makan sehat.

Ya, salah satu langkah awal penanganan hipertensi adalah dengan mengatur pola makan Anda. Mari simak apa saja pengaturan pola makan yang dapat dilakukan untuk menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

1. Asupan garam

Salah satu komponen pola makan yang perlu diperhatikan penderita hipertensi adalah kandungan garam. Orang dengan hipertensi disarankan tidak memakai garam dalam jumlah yang terlalu banyak.

Jumlah garam yang direkomendasikan adalah kurang dari 6 gram. Hal ini tentu bukan sesuatu yang mudah karena makanan sekitar kita mengandung banyak garam. Karena itu, Anda dapat menyiasatinya dengan membuat makanan sendiri. Dengan begitu Anda dapat mengatur jumlah garam yang digunakan.

2. Jumlah kalori

Salah satu aspek penting dari diet untuk menurunkan tekanan darah adalah kandungan kalori yang seimbang. Jumlah kalori antar setiap individu berbeda karena tergantung beberapa hal, misalnya jenis kelamin dan aktivitas.

Hindari jumlah kalori yang berlebihan karena dapat memicu obesitas atau kegemukan, yang juga berhubungan dengan tekanan darah tinggi. Contohnya, remaja laki-laki membutuhkan jumlah kalori pada kisaran 2.000-3.000, tergantung dari berat badan dan akitivitas yang dilakukannya.

3. Kandungan nutrisi

Jangan lupakan kandungan nutrisi yang harus Anda makan. Untuk mendapatkan diet optimal yang menunjang kesehatan Anda, pilihlah makanan yang kaya protein, dengan kandungan lemak yang rendah.

Contoh makanan kaya protein yang dapat Anda konsumsi adalah dada ayam, susu rendah lemak, dan putih telur. Sedangkan untuk sumber karbohidrat yang lebih baik untuk kesehatan, Anda dapat menggunakan gandum dan nasi merah.

4. Makanan kaya sayur

Jangan lewatkan makan sayur untuk menunjang kesehatan pencernaan Anda. Sayur adalah salah satu komponen makanan sehat yang perlu dimasukkan ke dalam komponen diet Anda. Salah satu prinsip dasar yang dapat Anda gunakan adalah konsumsilah sayur dengan berbagai warna yang berbeda.

Makanan kaya sayuran tidak hanya baik untuk kesehatan jantung Anda, tetapi juga untuk kesehatan saluran cerna. Ini dikarenakan serat dalam sayuran dapat mencegah konstipasi serta menurunkan risiko terjadinya kanker usus.

5. Kurangi minyak dalam makanan

Tahukah Anda bahwa makanan Anda dapat menjadi lebih sehat dengan mengurangi kadar minyak di dalamnya? Jika Anda penderita tekanan darah tinggi, maka perhatikanlah kandungan minyak dalam makanan Anda. Kandungan minyak dalam makanan yang berlebih dapat menyebabkan peningkatan kadar kolesterol darah.

Kadar kolesterol darah yang tinggi dan tekanan darah tinggi merupakan dua faktor yang berperan dalam terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah. Hindarilah makanan yang digoreng seperti ayam goreng, kentang goreng dan makanan fast food. Ganti dengan metode memasak yang lebih sehat seperti memanggang dan merebus.

Untuk penderita hipertensi, Anda tak perlu bingung lagi dalam mempersiapkan makanan untuk menurunkan tekanan darah. Selain menjalankan pola makan sehat, jangan lupa berolahraga secara rutin agar tekanan darah Anda selalu dalam batas yang normal.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar