Kesehatan Mental

Tips Bebas Depresi Saat Jagoan Anda Kalah dalam Pilkada

Novita Permatasari, 26 Jun 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Pilkada akan dilaksanakan serentak besok. Anda punya pasangan calon favorit? Ini kiatnya agar bebas depresi saat jagoan Anda kalah.

Tips Bebas Depresi Saat Jagoan Anda Kalah dalam Pilkada

Pilkada serentak akan dilaksanakan tanggal 27 Juni besok, di 17 provinsi, 39 kota, dan 115 kabupaten. Beberapa provinsi tersebut di antaranya adalah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Biasanya, saat musim Pilkada, orang yang cukup fanatik mendukung jagoannya berisiko terkena depresi ketika orang yang dipilihnya kalah dalam penghitungan suara.

Anda termasuk dalam golongan yang fanatik juga? Nah, agar tidak berlarut-larut dalam kekecewaan atas kekalahan calon yang Anda pilih, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghindari risiko depresi usai Pilkada:

1. Cobalah untuk bersenang-senang

Buatlah rencana dan lakukan hal-hal yang membuat Anda senang. Traveling, kuliner, atau sekadar berkebun, pilih yang sesuai dengan hobi Anda. Dengan melakukan hal yang disenangi, maka pikiran Anda akan terbebas dari pikiran negatif tentang hasil Pilkada.

2. Lakukan hal baru

Saat Anda melakukan hal baru yang menantang, otak akan memproses untuk memproduksi dopamin lebih banyak. Dopamin ini merupakan hormon yang memengaruhi pikiran positif, serta perasaan nyaman dan bahagia.

3. Tidur cukup

Dilansir dari National Sleep Foundation, orang yang kurang tidur rentan mengalami tingkat depresi yang lebih tinggi. Kurang waktu tidur dapat menyebabkan Anda 10 kali lebih mungkin mengalami depresi dan 17 kali lebih mungkin mengalami kecemasan. Jadi, cukupkan waktu tidur Anda, setidaknya 7-8 jam sehari.

4. Olahraga

Menurut dr. Vito A. Damay dari KlikDokter, olahraga secara rutin dan teratur dapat membuat tubuh melepaskan hormon endorfin atau hormon kebahagiaan. Hormon ini berinteraksi dengan otak untuk meredakan nyeri serta memberikan energi positif pada tubuh Anda.

5. Asupan sehat

Makan terkadang menjadi solusi untuk sebagian orang ketika stres atau depresi. Sayangnya, bukan meredakan depresi, makan terlalu banyak dan tidak sehat justru akan membuat Anda semakin stres.

Sebuah penelitian dilakukan oleh University College London terhadap lebih dari 7000 responden yang diamati perilaku pola makannya selama 22 tahun.

Dari penelitian tersebut ditemukan fakta bahwa konsumsi gula yang terlalu banyak, yakni sekitar 67 gram atau lebih per hari dapat membuat responden rentan mengalami gangguan kesehatan mental seperti kecemasan dan depresi.

6. Lakukan meditasi

Meskipun tak mudah, cobalah untuk berpikiran positif atas hasil Pilkada yang ada. Meski calon yang Anda jagokan kalah, tetap dukung calon terpilih agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Untuk membantu Anda terhindar dari pikiran negatif, cobalah untuk melakukan meditasi.

Menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, meditasi dapat membantu menstabilkan emosi Anda. “Dengan meditasi, Anda akan memiliki perspektif baru dalam melihat situasi (termasuk soal hasil Pilkada). Dengan demikian, Anda akan terhindar dari energi negatif, lebih sabar dan tenang,” jelas dr. Nadia.

Menurut beberapa penelitian, meditasi juga dinyatakan sebagai kegiatan yang sangat efektif untuk memperbaiki gejala gangguan mental seperti kecemasan dan depresi.

Tidak terealisasinya hal yang dinginkan memang sering kali berisiko memicu depresi, termasuk ketika calon yang digadang-gadang untuk menang saat Pilkada ternyata kalah dalam penghitungan suara. Agar terhindar dari stres ataupun depresi, Anda dapat melakukan hal-hal di atas usai Pilkada nanti.

[RVS]

Gangguan MentalStrespilkadaDepresi

Konsultasi Dokter Terkait