Sukses

Intip Rahasia Awet Muda Cristiano Ronaldo

Di usianya yang ke-33, pesepakbola Cristiano Ronaldo makin terlihat bugar dan awet muda. Apa rahasianya?

Klikdokter.com, Jakarta Ketika melihat Cristiano Ronaldo (33) di layar kaca, apa yang terbersit di benak Anda selain permainan bolanya yang luar biasa? Ya, Anda tak sendirian yang berpikir demikian. Salah satu hal yang paling menarik perhatian dari kapten timnas Portugal ini adalah tubuhnya yang atletis. Wajahnya juga terlihat rupawan dan awet muda, tak berubah dari dulu.

Bukan hal yang mengejutkan sebenarnya. Saat diwawancarai oleh sebuah media pada bulan Mei lalu, Ronaldo mengatakan bahwa berdasarkan tes usia biologisnya setara dengan seorang yang berusia 23 tahun! 

Anda pastinya penasaran, apa, sih, yang membuat Ronaldo selalu tampak bugar dan awet muda? Apa yang ia makan? Bagaimana rutinitas olahraganya? Yuk, intip satu per satu rahasianya!

Diet ala Ronaldo

Dilansir Business Insider, diet Ronaldo terdiri atas makanan utuh (whole foods) seperti buah segar, sayuran, gandum utuh dan protein lean. Jika Anda belum tahu, makanan utuh adalah makanan yang masih dalam bentuk aslinya tanpa proses pengolahan yang terlalu banyak.

Ronaldo menyukai sarapan yang enak seperti kue-kue, keju Eropa dan buah segar. Untuk minuman saat makan pagi, latte dan jus selalu menjadi pilihannya. Buah-buahan yang kerap ia konsumsi adalah pir, apel dan nanas.

Kesukaan Ronaldo pada ikan juga terlihat dari foto-foto makanan yang ia unggah di Instagram miliknya. Ia pencinta ikan gilt-head bream, ikan pedang dan ikan bass. Dibanding daging lainnya, ikan memang lebih rendah lemak sehingga banyak menjadi favorit para atlet.

Tak hanya ikan, Ronaldo juga menikmati steak. Faktanya, saat makan di restoran, ia sering sekali memesan steak dan salad. Namun makanan favoritnya tetaplah Bacalhau à Brás. Bacalhau terbuat dari ikan kod asin, bawang dan kentang goreng, yang disajikan bersama tumpukan telur orak arik, zaitun dan peterseli.  

Selain itu, Ronaldo juga selalu memastikan untuk minum banyak air. Ia mengatakan, “Saya selalu minum sports drink yang memberikan energi untuk latihan dan pertandingan. Minuman ini menyimpan karbohidrat di dalamnya yang dapat meningkatkan ketahanan. Ada kandungan elektrolit juga di dalamnya sehingga membantu hidrasi dan vitamin B12 yang melawan rasa lemas.”

O, ya, Ronaldo bukan peminum alkohol. “Saya menghindari hal-hal yang buruk seperti alkohol, soda dengan gula tinggi dan makanan olahan.”

1 dari 2 halaman

Latihan fisik dan mental

Santiago Segurola, seorang jurnalis sepak bola yang terkenal, mengatakan bahwa Ronaldo sangat obsesif dalam merawat tubuhnya. “Dia bukan pemain yang senang pergi malam untuk minum-minum,” katanya, dikutip dari Men’s Health. “Dia selalu training, dengan timnya atau sendiri di rumah.”

Jika Ronaldo hendak bertanding, malam harinya ia akan minum teh dengan madu atau susu. Ia juga akan melakukan ritual mandi air hangat selama sekitar 20 menit. Kelihatannya sepele, tapi Ronaldo percaya bahwa rutinitas yang dilakukan secara disiplin akan menunjang performanya di lapangan hijau.

Selain makan sehat dan cukup minum, Ronaldo juga selalu membiasakan diri untuk memiliki tidur yang berkualitas. Setidaknya ia harus tidur sekitar 8 jam per hari. Menurutnya, jadwal tidur yang konsisten dapat mempercepat pemulihan otot.

Saat di gym, olahraga utama Ronaldo meliputi latihan kardiovaskular – seperti berlari –dan angkat beban. Selain bagus untuk membentuk otot, latihan kardiovaskular yang digabungkan dengan angkat beban juga bermanfaat untuk kesehatan jantung. Ronaldo memastikan semua area tubuh mendapatkan porsi.

Bukan hanya fisik yang ditantang, tapi juga mental. Menurut Ronaldo, belajar melatih pikiran juga sama pentingnya dengan tubuh. Ia mencoba untuk memiliki gaya hidup yang rileks meskipun terkenal dan mendapat perhatian dari seluruh penjuru dunia.

“Kekuatan mental sama pentingnya dengan kekuatan fisik dan ini akan membantu Anda meraih tujuan. Selalu disiplin, termotivasi dan tidak meleset dari jadwal adalah kunci. Buat saya, tidak ada ruang untuk bersantai-santai jadi saya harus disiplin,” katanya, dikutip dari Goal.

Dua konsistensi Cristiano Ronaldo terlihat pada dua hal: sepak bola dan gaya hidup sehat yang dijalankannya. Tak heran ia selalu tampak fit dan awet muda. Jika Anda ingin memiliki tubuh yang bugar yang seolah tak menua, mungkin dapat mencoba formula sehat ala Ronaldo ini.

[RVS]

2 Komentar

  • Fikir lalaziduhu

    jual vinyl untuk kegunaan di rumah sakit. Sangat cocok untuk ruangan OK, LAB, Operasi, Rawat Inap, Persalinan, dll...... Anti darah, anti zat kimi, anti Jual bethadine, anti fungi dll,... Tidak meninggal kan bekas pada lantai. hub 085 28 000 2202

  • Agus Sofyan Alghifari

    Bapak/ibu apabila ada yang sedang mengalami masalah kesehatan/sudah berobat kemana-mana namun tak kunjung sembuh atau stamina yg kurang fit, kami perkenalkan *Air Ajaib Milagros* InsyaaAllah dapat membantu mempercepat penyembuhan bermacam penyakit. https://www.mitramilagros.com/sofyan/