Sukses

Tips Cegah Penyakit Jantung Akibat Nonton Piala Dunia

Terlalu semangat menyaksikan Piala Dunia 2018 dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Segera terapkan cara ini untuk mencegahnya.

Klikdokter.com, Jakarta Hobi menyaksikan pertandingan sepak bola di ajang Piala Dunia 2018? Jika ya, para ahli kesehatan menganjurkan Anda untuk selalu waspada dan memperhatikan kesehatan diri dengan saksama. Pasalnya, menyaksikan pertandingan olahraga termasuk piala dunia dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Menurut peneliti dari Montreal Heart Institute, pertandingan olahraga yang berlangsung secara intens dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Disebutkan bahwa pria berusia 55 tahuh ke bawah memiliki risiko 40% lebih besar untuk mengalami penyakit mematikan tersebut.

Apa solusinya?

Penelitian memang telah membuktikan bahwa menyaksikan piala dunia atau pertandingan olahraga yang bersifat intens lainnya dapat memicu penyakit jantung. Namun hal ini bukan berarti Anda dilarang untuk memberikan dukungan pada jagoan masing-masing.

Anda masih tetap bisa menonton atau mendukung tim kesayangan, asalkan melakukan tips-tips berikut ini:

1. Hindari rokok

Menurut dr. Vito A. Damay dari KlikDokter, merokok adalah salah satu faktor risiko penyakit jantung. Oleh karena itu, jika Anda hobi menyaksikan pertandingan olahraga dan memiliki kebiasaan merokok, risiko terjadinya penyakit mematikan tersebut bisa meningkat berlipat ganda.

“Jika Anda seorang perokok aktif, berhentilah sekarang. Dalam setahun pertama setelah berhenti merokok, risiko penyakit jantung dapat berkurang 50%. Setelah 15 tahun berhenti merokok, risiko Anda untuk terkena penyakit tersebut akan sama seperti orang yang bukan perkokok,” kata dr. Vito.

2. Terapkan kebiasaan makan sehat

Anda dianjurkan untuk selalu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, dengan pola serta porsi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Berdasarkan penjelasan dr. Vito, pola makan yang baik adalah tiga kali menu utama dan dua kali camilan, sebelum makan siang dan sebelum makan malam.

“Kebutuhan karbohidrat dapat diperoleh dari nasi merah atau roti gandum. Sumber protein terbaik bisa didapatkan dari sayur-sayuran seperti brokoli, bayam, tahu, tempe, serta ikan laut dalam, seperti salmon dan sarden,” lengkap dr. Vito.

3. Olahraga secara rutin dan teratur

Olahraga adalah salah satu kunci untuk memiliki jantung yang sehat. Anda dianjurkan untuk melakukan aktivitas positif ini paling tidak 30 menit sehari sebanyak 5 kali dalam seminggu.

Beberapa jenis olahraga yang bisa Anda lakukan, misalnya jalan kaki, joging, berenang, dan bersepeda. Pastikan jenis olahraga yang dipilih sesuai minat dan kondisi tubuh, agar manfaatnya bagi kesehatan jantung bisa benar-benar Anda rasakan.

4. Kelola stres dengan baik

Kekalahan tim kesayangan di ajang piala dunia terkadang menimbulkan stres dan tekanan batin. Jika keadaan ini berlangsung secara terus-menerus, bukan tak mungkin Anda akan mengalami penyakit jantung di kemudian hari.

Jadi, yang harus Anda lakukan adalah berusaha untuk segera terbebas dari stres. Berdasarkan arahan dr. Vito, melakukan hobi yang menyenangkan, berlibur, curhat dengan keluarga atau kerabat dekat, dan bermeditasi adalah beberapa cara yang bisa Anda dilakukan untuk itu.

“Jika cara-cara tersebut masih belum mampu mengatasi, jangan ragu untuk meminta bantuan kepada psikolog atau psikiater,” jelas dr. Vito.

5. Periksa kesehatan secara berkala

Jika sudah berusia 20 tahun, American Heart Association menganjurkan Anda untuk periksa kesehatan secara rutin. Hal ini bertujuan untuk memantau kondisi kesehatan tubuh Anda secara menyeluruh, termasuk seberapa besar risiko Anda terkena penyakit jantung.

Bila hasilnya menunjukkan bahwa kondisi Anda normal dan sehat, pemeriksaan tersebut dapat dilakukan kembali 5 tahun kemudian.

Menonton kesebelasan favorit berlaga di Piala Dunia 2018 boleh saja, tapi jangan biarkan euforia tersebut malah menyeret Anda pada penyakit jantung. Lakukan tips di atas dengan serius, agar penyakit mematikan ini tak terjadi pada diri Anda. Salam sehat!

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar