Sukses

Cara Ampuh Mengatasi Sakit Kepala Kronis

Sakit kepala kronis dapat membuat hidup Anda terganggu. Bagaimana cara menangani penyakit ini?

Klikdokter.com, Jakarta Sakit kepala memang terkesan sepele, tapi sebenarnya dapat sangat membahayakan. Masalah kesehatan ini bisa menyebabkan konsentrasi kerja terganggu, mood berantakan, dan bahkan memicu kecelakaan. Jika Anda merasakan sakit kepala yang sudah berlangsung lama maka ini disebut sakit kepala kronis. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Apa itu sakit kepala kronis?

Sakit kepala disebut kronis jika berlangsung lebih dari dua minggu. Sakit kepala kronis dibagi dalam dua jenis, yaitu fungsional dan organik. Sakit kepala fungsional merupakan sakit kepala dimana tidak ada kelainan anatomis. Sedangkan sakit kepala organik biasanya disebabkan oleh suatu hal seperti sinusitis, peradangan otak, trauma kepala, tumor, peningkatan tekanan dalam otak, dll.

Pada sakit kepala kronis fungsional terbagi dalam beberapa jenis, yaitu migrain, tension-type headache dan cluster. Migrain memiliki karakteristik sakit kepala sebelah yang berdenyut. Tension-type headache kronis adalah sakit kepala dengan lokasi yang tidak spesifik dengan rasa seperti tertekan. Sedangkan sakit kepala cluster berupa sakit kepala yang sangat hebat di sekitar mata hingga menyebabkan keluarnya air mata.

Apa saja faktor risikonya?

Faktor risiko terjadinya sakit kepala kronis, antara lain jenis kelamin wanita, kecemasan, depresi, gangguan tidur, obesitas, mengorok, penggunaan kafein berlebihan, penggunaan obat sakit kepala berlebihan, dan kondisi kronis lainnya.

Bagaimana mencegahnya?

Beberapa pencegahan yang dapat Anda lakukan untuk sakit kepala kronis, antara lain:

  • Mencegah pemicu sakit kepala

Pertama-tama, cari tahu terlebih dahulu apa hal-hal yang dapat memicu sakit kepala yang Anda alami. Dengan demikian Anda jadi tahu apa yang harus dihindari untuk mencegah kekambuhan. Misalnya, jika sakit kepala Anda selalu muncul setelah melihat layar TV/laptop terlalu lama, maka aturlah waktu di depan layar lebih baik untuk menghindari sakit kepala.

  • Tidak menggunakan obat-obatan berlebihan

Menggunakan obat-obatan penghilang sakit tanpa pengawasan dokter dalam jangka panjang justru dapat meningkatkan frekuensi sakit kepala Anda. Untuk itu, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter mengenai jenis obat yang sesuai dan mengetahui apa efek samping yang mungkin terjadi.

  • Tidur cukup

Kurang tidur merupakan salah satu penyebab tersering sakit kepala kronis. Agar terhindar dari sakit kepala, tidurlah dengan cukup yakni sekitar 6 jam per hari. Tidurlah pada waktu yang relatif sama setiap malam.

  • Makan teratur

Makan teratur juga penting untuk mencegah sakit kepala kronis. Hindari pula konsumsi kopi berlebihan agar tidak muncul sakit kepala. Kurangi berat badan jika Anda mengalami obesitas.

  • Rutin berolahraga

Olahraga teratur, terutama olahraga aerobik, dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental Anda. Ini tentunya dapat mengurangi stres sehingga dapat mencegah sakit kepala.

  • Mengurangi stres

Stres merupakan salah satu pemicu sakit kepala kronis. Untuk menghindari stres, Anda perlu mengatur jadwal serta merencanakan sesuatu dengan baik, berpikir positif, dan sering melakukan teknik relaksasi.

Kapan Anda perlu ke dokter?

Sebagian besar sakit kepala kronis dapat menghilang dengan istirahat cukup dan melakukan pencegahan. Akan tetapi, jika Anda mengalami kondisi tertentu seperti di bawah ini, Anda perlu segera periksa ke dokter:

  • Sakit kepala dua episode atau lebih dalam satu minggu
  • Anda membutuhkan obat penghilang sakit hampir setiap hari untuk mengurangi/mencegah sakit kepala
  • Pola sakit kepala Anda berubah atau memberat
  • Disertai gejala lain seperti demam, kaku kuduk, kejang, penglihatan ganda, kelemahan sisi tubuh, dan sulit bicara

Anda tentu pernah mengalami sakit kepala kronis seperti di atas, bukan? Agar kondisi tersebut tidak berlangsung terus-menerus, lakukan pencegahan dengan melakukan beberapa kiat yang telah diuraikan di atas.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar