Kesehatan Umum

Cara Perkuat Imunitas Tubuh agar Bebas Serangan Flu

dr. Kartika Mayasari, 25 Jun 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Sakit flu bisa memengaruhi kinerja Anda di kantor. Agar bebas dari serangan penyakit ini, lakukan cara ini untuk memperkuat sistem imunitas tubuh.

Cara Perkuat Imunitas Tubuh agar Bebas Serangan Flu

Saat ada beberapa teman Anda di kantor yang terkena flu, risiko Anda tertular sakit flu biasanya akan lebih besar. Meski sering dianggap penyakit ringan, tetap saja serangan sakit flu bisa mengganggu aktivitas.

Kenali Gejalanya

Flu biasanya tidak hanya ditandai dengan keluhan pilek atau keluarnya cairan dari hidung semata. Ada beberapa gejala lain yang menyertai flu, seperti batuk, demam, dan sakit kepala.

Penderita flu biasanya mengalami demam yang tidak terlalu tinggi. Ini adalah ciri dari penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus. Sedangkan sakit kepala yang terjadi bisa dari derajat ringan hingga berat, tergantung seberapa berat derajat flu yang dimiliki.

Penyebab flu bisa karena berbagai hal. Mulai dari alergi, infeksi virus, dan infeksi bakteri. Untuk sakit flu yang disebabkan alergi, biasanya tidak menular ke orang lain. Jadi Anda tak perlu khawatir tertular.

Tapi berbeda dengan jenis flu yang disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri. Keduanya harus diwaspadai karena penularannya yang cukup mudah, terutama jika Anda cukup intens berada di dekat penderita.

Kiat untuk meningkatkan imunitas tubuh

Flu yang disebabkan karena infeksi memang akan dengan mudah menular ke orang sekitar melalui udara. Cara agar tidak tertular adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga virus atau bakteri pun tidak akan berkembang biak di dalam tubuh.

Beberapa cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah:

1. Olahraga teratur

Tetap aktif dengan mengikuti rutinitas olahraga yang teratur. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Neurologic Clinicians, olahraga teratur dapat mencegah peradangan dan penyakit kronis dalam tubuh, mengurangi stres dengan mengatur pelepasan hormon stres, hingga memperlancar sirkulasi sel darah putih yang dapat melawan penyakit (leukosit) yang membantu tubuh melawan flu.

2. Jaga kebersihan tubuh

Membatasi ekspos terhadap penyakit dengan menghindari kuman adalah kunci untuk tetap sehat dan jauh dari penyakit. Kebiasaan menjaga kebersihan tubuh dengan mandi setiap hari, mencuci tangan sebelum makan atau menyiapkan makanan, mencuci tangan sebelum menggunakan lensa kontak atau melakukan aktivitas lain yang membuat Anda berhubungan dengan mata atau mulut.

Tutup mulut dan hidung Anda dengan tisu saat batuk atau bersin. Membawa pembersih tangan berbasis alkohol untuk digunakan saat bepergian juga cukup efektif untuk menjaga daya tahan tubuh.

3. Tidur cukup

Menurut penelitian yang dipublikasikan di Archives of Internal Medicine, tidur yang cukup sangat penting jika Anda terkena virus. Responden yang tidur minimal delapan jam setiap malam selama periode dua minggu, menunjukkan ketahanan yang lebih besar terhadap virus.

Sementara itu mereka yang tidur tujuh jam atau kurang setiap malam, sekitar tiga persen lebih mungkin untuk tertular virus. Diduga hal ini terkait dengan pelepasan hormon sitokin selama periode tidur yang panjang. Sitokin merupakan sejenis protein yang membantu tubuh melawan infeksi dengan mengatur sistem kekebalan tubuh.

4. Perbanyak konsumsi buah

Mengonsumsi buah terutama yang mengandung vitamin C ternyata dapat menurunkan infeksi pada saluran pernafasan sebanyak 25 persen. Selain vitamin C, vitamin D ternyata juga mempunyai pengaruh terhadap daya tahan tubuh.

Pada beberapa orang yang kekurangan vitamin D maka daya tahan tubuh pun juga berkurang, sehingga akan mudah tertular berbagai macam penyakit.

5. Mengonsumsi sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau kaya akan vitamin dan mineral yang dapat membantu Anda memenuhi vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Menurut sebuah studi yang dilakukan, tikus sehat yang kekurangan sayuran hijau berpotensi kehilangan 70 hingga 80 persen protein permukaan sel yang dapat menurunkan daya tahan tubuh.

Rekan kerja Anda di kantor mungkin saja saat ini banyak yang terjangkit serangan flu. Jangan panik dan tak perlu khawatir tertular. Perkuat sistem imunitas tubuh dan lakukan kiat di atas agar terhindar dari serangan sakit flu.

[NP/ RH]

FluSakit fluSistem Imunitas Tubuh

Konsultasi Dokter Terkait