Sukses

Mana Lebih Sehat, Susu Rendah Kolesterol atau Susu Skim?

Anda yang ingin menjaga kesehatan bias memilih susu rendah kolesterol atau susu skim. Lalu, manakah yang lebih sehat?

Klikdokter.com, Jakarta Susu merupakan sumber gizi baik bagi tubuh Anda. Belakangan ini sempat terjadi tren konsumsi susu almon yang dinilai memiliki kandungan kolesterol rendah dan lebih aman dikonsumsi daripada susu sapi. Pada kenyataannya, kini orang sudah mulai peduli dengan kesehatan jangka panjang dan mulai berpikir untuk beralih mengonsumsi susu rendah kolesterol atau susu skim dibanding susu sapi.

Susu rendah kolesterol

Beberapa contoh susu rendah kolesterol adalah susu kedelai, susu almon, dan susu beras. Tidak seperti susu sapi, susu rendah kolesterol terutama susu kedelai mengandung jumlah lemak jenuh yang rendah dan bebas kolesterol, sehingga aman dikonsumsi bagi Anda yang memiliki keluhan kolesterol.

Dalam 1 gelas susu kedelai terdapat sekitar 80 kalori, 7 gram protein, dan 2 gram lemak. Susu ini bisa Anda jadikan alternatif bagi Anda yang memiliki penyakit kronis yang mengharuskan Anda membatasi lemak jenuh atau kolesterol. Susu kedelai juga dipercaya dapat mencegah penyakit jantung.

Selain susu kedelai, ada juga susu almon yang bebas gula dan dalam satu gelas hanya mengandung 30-40 kalori saja. Kabar baiknya, kandungan vitamin D dalam susu ini cukup tinggi.

Jenis susu rendah kolesterol berikutnya adalah susu beras. Meski tidak terlalu populer dibandikan dengan dua jenis sebelumnya, susu beras juga bisa dijadikan alternatif dari susu sapi yang cenderung memiliki kolesterol tinggi. Susu ini terbuat dari tepung beras yang dilarutkan dan setiap gelasnya hanya mengandung 113 kalori saja.

Susu skim

Merupakan susu yang sebagian besar lemaknya dihilangkan, sehingga dalam satu gelas susu skim hanya terdapat 66 kalori, 0,2 gram lemak, dan 240 mg kalsium. Susu skim tidak mengandung lemak jenuh dan kalori, sehingga banyak ahli gizi yang merekomendasikan susu skim untuk dikonsumsi.

Apabila Anda sedang dalam program diet atau mengurangi lemak di dalam tubuh, mengonsumsi susu skim ini dapat membantu usaha Anda. Sebagai jenis susu yang memiliki kandungan lemak terendah, susu skim dapat membantu Anda terhindar dari risiko penyakit jantung.

1 dari 2 halaman

Mana yang lebih baik?

Meski sama-sama mengandung kalori yang rendah dan baik dikonsumsi bagi penderita kolesterol, nyatanya antara susu rendah kolesterol dan susu skim tetap memiliki perbedaan yang perlu Anda ketahui.

Menurut dr. Resthie Rachmanta Putri dari KlikDokter, di antara susu rendah kolesterol dan susu skim sebenarnya sama-sama baik, hanya saja dalam pemilihannya tergantung dari prioritas konsumennya lebih membutuhkan kandungan yang mana.

“Dari segi kandungan lemak memang sama-sama rendah, tapi susu skim memiliki keunggulan kandungan kalsium yang lebih tinggi dibanding susu rendah kolesterol yang ada. Biasanya, susu skim lebih direkomendasikan untuk dikonsumsi para lansia guna menjaga kesehatan tulangnya,” jelas dr. Resthie.

Susu rendah kolesterol sendiri, dibanding susu skim lebih unggul dalam hal kandungan vitamin. “Untuk susu rendah kolesterol yang berbahan dasar kacang-kacangan memiliki vitamin yang cukup tinggi. Jadi minum susu ini juga bagus untuk asupan vitamin tubuh,” tambahnya.

Nah, dari penjelasan di atas, kini Anda telah mengetahui masing-masing keunggulan dari susu rendah kolesterol dan susu skim. Meski keduanya dinilai sama-sama sehat dan baik bagi tubuh, tapi pilihan mana yang lebih baik untuk Anda konsumsi, sangat tergantung dari manfaat seperti apa yang ingin Anda dapatkan.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar