Sukses

Tips Cegah Stres saat Jagoan Kalah di Piala Dunia

Kesebelasan andalan Anda kalah di Piala Dunia? Jangan sampai stres melanda. Lakukan ini!

Klikdokter.com, Jakarta Seluruh warga dunia sedang dimanjakan dengan euforia Piala Dunia 2018. Setiap orang memiliki kesebelasan andalannya masing-masing –entah itu tim Jerman, Portugal, Brazil, hingga Argentina. Tim mana favorit Anda? Apakah negara jagoan Anda bermain sesuai harapan? Jika tidak, bukan tak mungkin Anda akan merasakan stres kemudian.

Tidak dimungkiri, kekalahan kesebelasan jagoan dalam pertandingan Piala Dunia memang bisa menimbulkan perasaan stres dan tertekan. Apalagi bila jagoan andalan kalah dari negara yang tidak diduga-duga sebelumnya.

Efek negatif stres pada kesehatan

Berdasarkan penjelasan dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter.com, stres merupakan reaksi fisik dan mental yang terjadi akibat adanya pengalaman baik maupun buruk.

“Respons tubuh terhadap stres adalah dengan melepaskan sejumlah hormon dan meningkatkan detak jantung serta laju pernapasan,” lengkap dr. Theresia.

Lebih lanjut, dr. Theresia mengatakan bahwa stres yang berlangsung terus-menerus dapat memberikan pengaruh buruk terhadap kehidupan orang yang merasakannya. Beberapa gangguan kesehatan yang dapat muncul akibat hal ini, di antaranya:

· Diabetes melitus

Terjadinya stres membuat organ hati menghasilkan sejumlah gula darah untuk meningkatkan energi. Apabila energi tersebut tak habis digunakan, gula darah akan kembali diserap oleh tubuh. Jika peristiwa ini terjadi secara berkelanjutan, risiko terjadinya diabetes melitus tipe 2 menjadi semakin tinggi.

· Gangguan saluran cerna

Peningkatan kadar hormon, laju napas, dan detak jantung dapat membuat sistem pencernaan kewalahan melakukan tugasnya. Akibat hal ini, bukan tak mungkin Anda akan mengalami refluks asam lambung. Gejalanya dapat berupa mual, muntah, atau sakit perut.

· Masalah otot

Stres memicu otot untuk berkontraksi. Jika keadaan itu terjadi secara berkelanjutan, otot Anda tidak akan sempat untuk istirahat sejenak. Alhasil, keluhan sakit kepala, nyeri di bahu atau punggung, serta pegal seluruh tubuh kerap tak bisa dihindari.

· Penurunan fungsi seksualitas

Stres yang terjadi secara berkelanjutan memungkinkan orang yang mengalaminya untuk kehilangan gairah seksual. Pada wanita, stres yang terjadi berkepanjangan bahkan dapat mengganggu siklus haid.

· Sistem kekebalan tubuh melemah

Mudah sakit gara-gara sering stres bukanlah perkara baru. Ya, ini karena stres memang dapat menurunkan fungsi sistem imunitas tubuh, sehingga bakteri, virus, atau mikroorganisme lainnya lebih mudah menginfeksi.

Tips praktis mencegah stres

Anda tentu tak ingin mengalami kejadian di atas gara-gara kesebelasan andalan kalah di pertandingan Piala Dunia, bukan? Jika ya, cara terbaik yang bisa dilakukan adalah berupaya untuk tidak terbebani dengan kekalahan yang menimpa tim jagoan Anda.

Adapun beberapa tindakan yang bisa Anda lakukan agar stres tak terjadi kemudian, di antaranya:

· Dengarkan musik

Mendengarkan musik yang nyaman dan menenangkan hati dapat memperbaiki mood setelah tim kesebelasan andalan kalah di pertandingan Piala Dunia. Dengarkanlah musik favorit dengan nada lambat, agar lebih bisa dinikmati sehingga suasana hati lebih mungkin terbawa olehnya. Pastikan Anda tidak mendengarkan lagu-lagu yang membuat hati makin galau, ya!

· Lakukan hobi

Menurut dr. Dewi Ema Anindia, menyibukkan diri dengan hobi atau kegiatan yang disukai dan terasa menyenangkan dapat membantu memperbaiki suasana hati yang berantakan.

· Meditasi

Masih merasa stres setelah kesebelasan andalan kalah di pertandingan? Cobalah untuk mencari tempat yang tenang dan sepi, tutup mata, kemudian tarik dalam-dalam napas Anda.

Cobalah untuk mengeluarkan segala hal negatif yang menyangkut di pikiran dan hati Anda. Jangan lupa untuk menggantikan hal negatif tersebut dengan segala sesuatu yang membuat Anda nyaman, meski itu tak sesuai dengan kenyataan.

· Olahraga

Olahraga menjadi aktivitas positif yang dapat mendatangkan segudang manfaat sehat, salah satunya mencegah dan mengatasi stres dengan efektif. Ini karena gerakan olahraga yang dilakukan membuat tubuh mengeluarkan sejumlah endorfin alias hormon bahagia.

· Konsumsi makanan ini

Stres dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Beberapa makanan yang bisa Anda jadikan pilihan, misalnya pepaya, labu beserta biji, alpukat, kacang almon, ikan salmon, dan teh pepermin. Ingatlah untuk selalu memerhatikan porsi saat mengonsumsinya. Jangan sampai berlebihan, karena hal ini justru akan semakin memperburuk keadaan.

Jangan biarkan stres melanda hanya gara-gara kesebelasan andalan kalah di pertandingan Piala Dunia. Bukankah kalah dan menang dalam sebuah kompetisi adalah hal yang wajar? Semoga di Piala Dunia berikutnya tim favorit Anda yang jadi juara.

(RH)

0 Komentar

Belum ada komentar