Sukses

8 Makanan Ini Hindarkan Anda dari Wabah Flu di Kantor

Teman kantor Anda sedang terkena flu? Konsumsi beberapa makanan berikut agar Anda tak tertular.

Klikdokter.com, Jakarta Salah satu cara termudah untuk mencegah flu adalah lewat vaksinasi. Namun, jika Anda belum melakukan vaksinasi tersebut, Anda dapat menjaga tubuh agar tidak tertular teman kantor yang sedang terkena flu dengan mengonsumsi berbagai makanan berikut ini:

1.Jamur

Dilansir dari health.com, jamur memiliki sifat antivirus yang dapat membantu memperkuat tubuh Anda terhadap virus flu. Kandungan glukan yang merupakan jenis karbohidrat dalam jamur juga turut meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Yoghurt tanpa rasa (plain yoghurt)

Makanan fermentasi seperti yoghurt mengandung probiotik yang telah terbukti dapat menopang aktivitas sel pembunuh virus

secara alami. Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh jurnal Nutrients pada 2017 menyebutkan hal tersebut. Pilih yoghurt tanpa perasa agar lebih sehat.

3. Bayam

Semakin gelap warna hijau pada sayuran, berarti semakin tinggi kandungan gizinya. Pilih sayuran jenis bayam untuk menangkal virus flu yang sedang mewabah di kantor Anda. Olah dengan menambahkan bawang putih ke dalamnya.

Bawang putih juga terbukti meningkatkan aktivitas sel pembunuh virus. Sehingga, Anda mendapatkan perlindungan ganda dari mengonsumsi makanan tersebut.

4. Ubi jalar

Merupakan sumber vitamin A yang bagus, yakni vitamin yang menjadi kunci utama dalam menjaga kesehatan permukaan kulit yang merupakan salah satu jalan masuknya infeksi virus.

5. Ikan salmon atau tuna

Menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, Ikan yang kaya akan asam lemak omega-3, seperti salmon dan tuna, membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ingat, saat terjadi peradangan maka sistem kekebalan tubuh Anda tidak dapat bekerja dengan baik.

“Substansi omega-3 tersebut selain mengurangi peradangan juga meningkatkan sistem imun dalam tubuh Anda,” jelas dr. Nadia.

6. Daging sapi

Sebagai sumber zat seng, daging sangat dibutuhkan dalam perkembangan sel darah putih yang berperan dalam mempertahankan tubuh Anda. Protein ekstra yang terdapat dalam daging juga mendukung tubuh dalam membangun antibodi dan melawan infeksi.

7. Sup ayam

Inilah mengapa orang sakit dianjurkan untuk makan sup ayam hangat. Dilansir dari Dailyburn.com, kaldu ayam membantu Anda tetap terhidrasi dan asam amino di dalamnya juga menjaga kesehatan saluran tenggorokan. Kandungan protein dan vitamin.

Pada tahun 2000, sebuah jurnal yang dikeluarkan oleh American College of Chest Physicians juga menyatakan bahwa sup ayam mengandung efek anti peradangan yang dapat meningkatkan imunitas tubuh Anda

8. Buah kiwi

Charlotte Hammod yang merupakan ahli nutrisi dari Amerika Serikat mengatakan bahwa secangkir buah kiwi mengandung 273 persen dari kebutuhan vitamin C harian Anda. Vitamin C dalam buah kiwi ini telah lama dikenal sebagai nutrisi pencegah flu.

Berbagai jenis makanan di atas memang cukup efektif dalam menangkal wabah flu yang sedang diderita teman-teman Anda di kantor. Namun makan saja tidak cukup. Anda tetap harus beristirahat dengan cukup, melakukan olahraga secara rutin, serta rajin cuci tangan agar tetap terhindar dari virus flu.

Menurut dr. Alvin Nursalim dari KlikDokter, Anda dapat mencegah infeksi dari virus flu dengan rajin mencuci tangan. “Cucilah tangan usai beraktivitas, terutama sebelum menyentuh area wajah, agar terhindar dari penyakit yang berhubungan dengan pernapasan,” ucapnya.

Selain itu, dr. Alvin juga menyarankan Anda untuk mengenakan masker bila di kantor terdapat teman yang sedang terkena flu untuk mencegah penularan.

Serangan flu boleh saja sedang melancarkan aksinya di kantor Anda. Tapi tentu saja Anda tak lagi panik karena sekarang sudah tahu amunisi yang tepat untuk mengkalnya.

(RH)

0 Komentar

Belum ada komentar