Sukses

Atasi Badan Lemas Setelah Sembuh dari Sakit

Pernahkah Anda mengalami badan lemas setelah sembuh dari sakit? Simak cara mengatasinya berikut ini!

Klikdokter.com, Jakarta Saat tubuh sedang dalam keadaan sakit, tentunya segala aktivitas ikut terganggu. Namun, pengobatan yang tepat dapat membuat tubuh cepat pulih dan siap menjalani aktivitas sehari-hari kembali. Akan tetapi, dalam masa pemulihan ini sering kali ditemukan keluhan badan lemas.

Pada dasarnya, sistem kekebalan tubuh yang telah berjuang melawan serangan virus, bakteri atau infeksi itu sendiri membutuhkan waktu pemulihan pula untuk dapat kembali melindungi tubuh kita. Berikut beberapa cara untuk mengatasi badan lemas dalam masa pemulihan:

- Perbanyak asupan makanan bergizi

Memasuki masa pemulihan, tentunya nafsu makan pun mulai meningkat. Inilah waktunya untuk memilih makanan yang lebih bergizi seperti sayuran dan buah. Hindari makanan olahan, gula atau pemanis buatan. Jika asupan nutrisi membaik, tentu sistem imun tubuh pun akan lebih cepat pulih dan dapat kembali membangun perlindungan tubuh dari serangan virus atau bakteri.

Di samping itu, pilihlah makanan yang lebih mudah dicerna agar tubuh tidak bekerja terlalu berat di masa pemulihan ini. Sumber makanan yang baik tentunya dapat memberikan nutrisi yang baik pula yang bisa menambahkan energi atau tenaga pada tubuh.

- Pentingnya mengganti cairan tubuh

Sebagian besar tubuh kita terdiri dari air. Oleh sebab itulah air juga merupakan salah satu obat terbaik untuk mengembalikan kebugaran tubuh Anda. Terlihat seperti cairan biasa, namun air putih sangat bermanfaat untuk membantu mengaktifkan kembali sistem tubuh yang sempat melemah saat sakit.

Selain itu, dehidrasi juga merupakan salah satu keluhan yang paling sering menyebabkan badan lemas. Oleh karena itu, jaga selalu tubuh Anda agar tetap terhidrasi dengan baik.

- Menjaga aktivitas fisik untuk sementara waktu

Mungkin Anda merasa lelah berbaring terus-menerus selama sakit. Akan tetapi, setelah sembuh dan memasuki masa pemulihan, sebaiknya Anda tetap mengontrol aktivitas sehari-hari agar tidak kembali sakit. Perlu ditekankan bahwa proses pemulihan sangatlah penting, jadi Anda harus lebih sabar dan menahan diri dari aktivitas yang berat.

Di masa pemulihan, bukan berarti Anda tidak boleh berolahraga sama sekali. Pada kenyataannya, olahraga pun dapat memicu agar energi tubuh dapat kembali. Namun, pilihlah olahraga yang ringan dan jangan terlalu memaksakan diri. Anda bisa mencoba meditasi atau yoga untuk dapat menenangkan pikiran, sehingga lebih memberikan energi positif bagi tubuh.

- Pola tidur yang cukup

Pada masa penyembuhan, Anda dianjurkan untuk tidur cukup, yakni selama 7-8 jam setiap malamnya. Karena saat tidur energi dalam tubuh lebih mudah pulih dan perbaikan jaringan maupun sel tubuh pun lebih maksimal bekerja. Walaupun mungkin Anda lebih sering berbaring dan tidur siang saat sakit, usahakanlah tetap mengatur pola tidur dengan baik.

- Hindari stres

Pada kenyataannya, stres sungguh memengaruhi pikiran Anda dan berkaitan dengan pemulihan kesehatan. Seperti ada yang mengatakan, ‘jika seseorang berpikir sakit maka orang tersebut akan sakit,’ begitu pula sebaliknya.

- Gaya hidup sehat

Bagian ini terdengar paling mudah, namun ternyata mengubah kebiasaan gaya hidup adalah hal yang paling sulit. Terlepas dari apapun penyebab sakit sebelumnya, akan lebih baik jika Anda memulai kembali kebiasaan hidup yang lebih sehat, seperti berhenti merokok dan tidak mengonsumsi alkohol.

Beberapa kebiasaan tidak sehat tersebut, selain menghalangi proses penyembuhan, juga dapat meningkatkan risiko penyakit lainnya. Segera tinggalkan, dan jalani pola hidup yang lebih sehat.

Badan lemas yang tak kunjung hilang usai sembuh dari sakit memang sangatlah mengganggu. Lakukan kiat-kiat di atas agar Anda dapat segera menghalau badan lemas yang menyiksa. Selamat mencoba!

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar