Sukses

Liburan Usai, Ini Tips Bebas Stres di Hari Pertama Kerja

Setelah liburan selesai, bukan berarti Anda harus stres berlarut-larut di tempat kerja. Tarik napas dalam-dalam, dan ikuti tips berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Mengucapkan selamat tinggal pada liburan Anda untuk kembali ke laptop, rasanya seolah dunia runtuh. Anda mungkin berada di meja kerja, tapi sebenarnya pikiran masih melayang ke pantai atau gunung yang baru dijelajahi. Namun, jangan sampai stres ini menyergap terlalu lama.

Kondisi tersebut sering disebut dengan post-holiday blues. Dikutip dari Quartz, psikolog Australia Melissa Weinberg mengatakan bahwa hal tersebut normal dan tak perlu dikhawatirkan. “Apa yang Anda alami merupakan penyesuaian mengikuti perubahan keadaan hidup,” katanya.

Daripada sibuk pusing menghitung jumlah email yang harus Anda baca, sebaiknya lakukan hal-hal yang lebih efektif dan menyenangkan pada hari pertama kerja. Dilansir berbagai sumber, berikut triknya agar Anda tidak terlalu stres:

  • Datang lebih awal

Siapkan diri Anda pada hari pertama kerja dengan datang lebih awal. Kalau bisa, satu jam sebelum semua orang mulai bekerja. Ini dapat membuat Anda lebih dapat berpikir jernih, sebelum mulai disibukkan oleh email dan lainnya. Anda juga bisa menggunakan waktu ini untuk menyortir hal-hal yang dirasa perlu untuk dikerjakan lebih awal, dan pekerjaan yang bisa dilakukan nanti-nanti.

  • Lupakan meeting

Jangan merencanakan rapat di luar kantor pada hari pertama Anda. Tumpukan dokumen dan email yang belum tersentuh, ditambah dengan waktu yang habis untuk berdiskusi dengan seluruh tim, akan membuat Anda sibuk. Menambahkan rapat ke dalam agenda Anda hanya akan menimbulkan stres.

  • Makan enak

Sudah pukul 12, waktu istirahat telah tiba! Jika Anda selama liburan selalu makan enak, berikan diri Anda sedikit hadiah dengan makan siang sesuatu yang sama seperti makan siang saat liburan. Cara ini bisa sangat membantu mengurangi stres pada hari pertama kerja.

  • Pulang kantor tepat waktu

Rasanya mustahil untuk menyelesaikan pekerjaan yang tertunda selama seminggu dalam satu hari. Tak perlu terburu-buru, apalagi merasa bersalah. Santai saja, dan bereskan segala sesuatu yang dirasa sangat penting terlebih dahulu. Selebihnya Anda bisa mengerjakannya keesokan hari. Jadi selesaikan pekerjaan inti Anda, lalu pulanglah tepat waktu dari kantor.  

  • Bersenang-senanglah

Hari pertama kerja memang selalu penuh tantangan. Pulihkan diri Anda dengan melakukan kegiatan yang fun setelah pulang kantor. Anda bisa menonton serial TV favorit atau memesan makanan kesukaan lewat ojek online. Mungkin rasanya tidak akan sebaik liburan, tapi ini bukan cara yang terlalu buruk juga untuk mengakhiri hari yang padat.

  • Tidur

Anda mungkin sangat lelah setelah kembali dari liburan. Langsung bekerja akan memperburuk hal ini. Jadi pastikan Anda tidur yang cukup setelahnya agar tubuh kembali bugar.

Penting juga untuk membereskan segala sesuatunya sebelum liburan agar tidak terkena post-holiday blues. Misalnya, dengan membersihkan meja dari tumpukan sampah bekas makanan atau dokumen yang sudah tidak dibutuhkan. Datang ke kantor setelah liburan seminggu lalu mendapati meja yang bersih tentu akan meminimalkan stres.

Begitulah, hari pertama masuk kerja setelah liburan memang sulit. Tak hanya rawan stres, tapi juga bisa membuat pekerjaan Anda pada bulan-bulan berikutnya jadi kurang menyenangkan. Tapi yakinlah bahwa Anda akan bisa melaluinya dengan baik. Selamat bekerja kembali!

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar