Sukses

Badan Kurus? Anda Juga Perlu Diet!

Diet biasanya dilakukan untuk memangkas berat badan berlebih. Lalu, bagaimana dengan Anda yang sudah kurus?

Kata “diet” bisa identik sebagai usaha untuk menurunkan berat badan. Padahal sebenarnya, diet memiliki arti yang lebih luas, yaitu makanan.

Diet yang dipikirkan banyak orang adalah diet untuk menurunkan berat badan atau mendapatkan berat badan ideal.

Namun kenyataannya, banyak orang bertubuh kurus yang ingin menaikkan berat badan, tapi tidak membuahkan hasil walaupun sudah makan banyak.

Lalu, diet seperti apa yang perlu dilakukan orang kurus agar berat badannya bertambah? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

1 dari 3 halaman

Apakah Orang Kurus Perlu Diet?

Sesungguhnya, memiliki badan kurus belum tentu lebih sehat. Nyatanya, badan kurus juga bisa jadi memiliki lemak dalam tubuh yang tidak terlihat, seperti pada berbagai organ tubuh.

Hal ini justru lebih berbahaya dibandingkan dengan lemak yang terlihat, karena dapat memicu berbagai penyakit termasuk tingginya kadar kolesterol. Oleh karena itu, diet tetap diperlukan meskipun Anda berbadan kurus supaya tubuh tetap sehat dan ideal.

Nah, diet orang kurus mencakup pemilihan asupan makanan yang baik dan sehat untuk mempertahankan berat badannya atau meningkatkan berat badannya.

Artikel Lainnya: Doyan Makan Tapi Badan Tetap Kurus, Apa yang Salah?

Lantas, bagaimana cara diet untuk orang kurus? Secara umum, diet yang baik adalah diet yang memenuhi kebutuhan gizi tubuh.

Pasalnya, kekurangan salah satu komponen gizi dapat memengaruhi metabolisme dan memberikan kerugian lebih besar bagi tubuh.

2 dari 3 halaman

Cara Diet untuk Orang Kurus

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan orang kurus untuk melakukan diet sehat:

  • Konsisten dalam Melakukan Diet

Anda harus mencari dan memiliki motivasi yang kuat sebelum memulai pola diet agar hasilnya konsisten.

Jangan saat sudah mendapatkan tubuh yang ideal, Anda kehilangan motivasi untuk melanjutkan gaya hidup yang sehat karena kunci pola diet yang baik sebenarnya adalah konsisten.

  • Bila Ingin Menjaga Berat Badan, Penuhi Kebutuhan Kalori Harian

Konsumsi makanan sesuai kebutuhan kalori. Makanan yang dikonsumsi sebaiknya yang kaya gizi, bukan hanya dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan kalori. 

Misalnya, makanan yang mengandung zat gizi seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Hindari mengonsumsi makanan tinggi kalori dengan banyak lemak dan gula yang berlebihan.

Artikel Lainnya: Mitos atau Fakta Badan Kurus Tak Berisiko Mengalami Gangguan Jantung

  • Bila Ingin Meningkatkan Berat Badan, Tingkatkan Asupan Kalori Harian

Cara diet untuk orang kurus yang ingin menambah berat badan adalah dengan menambah jumlah kalori yang dikonsumsi setiap harinya.

Mulailah dengan mengonsumsi ekstra 200 kalori setiap hari dari angka kebutuhan kalori yang biasanya berkisar 1.800 hingga 2.000 kalori.

Sebaiknya, jangan sekaligus menambah kalori dalam jumlah besar. Ini memberikan tubuh waktu untuk menyesuaikan penambahan kalori.

Hindari makanan tinggi kalori rendah zat gizi, seperti minuman ringan, permen, dan keripik.

Anda dapat mengonsumsi makanan kecil di sela-sela jam makanan. Pilihlah camilan yang sehat, seperti kacang-kacangan, buah kering, buah potong segar, atau alpukat.

Selain itu, Anda dapat menambah kalori dengan minuman. Namun, bukan berarti Anda harus mengonsumsi minuman manis gula. Minuman manis dapat menciptakan masalah kesehatan lain, seperti gula darah tinggi, diabetes, dan penyakit jantung

Minumlah sesuatu yang sehat dan kaya nutrisi, misalnya smoothie dari almond, susu, jus berry, atau milkshake pisang.

  • Lakukan Olahraga Rutin

Menambah ekstra kalori belum cukup untuk menaikkan berat badan secara sehat. Lakukan juga olahraga dan latihan kekuatan untuk membentuk massa otot.

Berolahragalah minimal 30 menit sehari 5 kali seminggu. Anda dapat mengombinasikan latihan cardio, latihan kekuatan, dan lainnya. Sesuaikan dengan kondisi kesehatan Anda masing-masing.

Orang yang kurus tetap memerlukan diet yang sehat. Jika ingin menaikkan berat badan, lakukanlah dengan cara yang sehat. Anda dapat mengikuti tips-tips di atas.

Ingin berkonsultasi seputar gaya hidup sehat? Jangan ragu untuk chat dokter melalui fitur Live Chat di aplikasi Klikdokter.

[WA]

1 Komentar