Sukses

Diabetes Mellitus Bisa Hilang dengan Konsumsi Sayuran Pahit?

Benarkah makan sayuran pahit bisa menyembuhkan diabetes mellitus? Ini fakta medisnya.

Klikdokter.com, Jakarta Diabetes mellitus adalah penyakit metabolik kronis yang disebabkan oleh meningkatnya kadar glukosa atau gula darah. Selain dari keturunan, diabetes juga disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat seperti mengonsumsi makanan manis. Lantas apakah diabetes mellitus bisa sembuh dengan mengonsumsi sayuran pahit?

Diabetes mellitus terjadi karena pankreas tidak memproduksi insulin sama sekali, atau ketika tubuh tidak secara efektif menggunakan insulin. Kondisi ini menyebabkan tubuh tidak bisa membakar gula menjadi energi dan kadar gula darah menjadi tinggi.

Diabetes sendiri dibagi menjadi beberapa tipe, yaitu:

  1. Diabetes tipe 1, dimana sistem daya tahan tubuh menyerang dan menghancurkan sel beta di pankreas yang memproduksi insulin.
  2. Diabetes tipe 2, dimana sel beta di pankreas tidak memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup, atau sel-sel tubuh tidak menunjukkan respons terhadap insulin yang diproduksi.
  3. Diabetes gestasional, yakni diabetes yang terjadi saat kehamilan.
  4. Diabetes tipe lain, yang dapat timbul akibat kelainan hormon, imunologi, infeksi, atau genetik lainnya.

Diabetes tipe 1 dapat berkembang pada usia berapapun dan biasanya muncul selama masa kanak-kanak atau remaja. Diabetes tipe 2 (yang lebih umum) lebih sering dialami orang yang berusia lebih dari 40 tahun.

Jika tidak dikelola dengan baik, diabetes dapat menyebabkan terjadinya berbagai komplikasi, seperti penyakit jantung koroner, stroke, obesitas, serta gangguan pada mata, ginjal, dan saraf.

1 dari 2 halaman

Pengobatan diabetes mellitus

Diabetes merupakan penyakit yang hingga kini belum bisa disembuhkan atau dihilangkan. Tujuan pengobatan dari diabetes adalah untuk menjaga kadar gula darah dan mencegah komplikasi yang mungkin terjadi.

Pengobatan diabetes terdiri dari 5 pilar utama:

a. Edukasi

Edukasi yang dilakukan mencakup pemberian informasi mengenai penyakit diabetes, serta pentingnya perubahan gaya hidup yang dapat dilakukan untuk mencegah komplikasi.

b. Pengaturan pola makan

Pengaturan pola makan termasuk jadwal makan, jumlah dan jenis makanannya. Hal ini sangatlah penting untuk menjaga kadar gula darah penderita. Pengaturan pola makan biasanya dilakukan oleh dokter berdasarkan berat badan ideal pasien dan aktivitas yang dilakukan.

c. Olahraga

Penderita diabetes sebaiknya berolahraga secara teratur, 3–4 kali seminggu selama minimal 30 menit. Jenis olahraga yang disarankan adalah aktivitas aerobik seperti berjalan kaki, bersepeda, berlari, maupun berenang. Olahraga dapat membantu menurunkan berat badan dan memperbaiki sensitivitas insulin, sehingga memperbaiki kadar gula darah.

d. Obat-obatan

Obat-obatan untuk penderita diabetes beragam, tergantung keparahan penyakitnya. Ada yang hanya terdiri dari obat minum atau suntik. Untuk penyakit diabetes tipe 1, pengobatan harus menggunakan suntikan insulin. Untuk Diabetes tipe 2 bisa menggunakan obat minum maupun suntikan.

e. Pemantauan gula darah mandiri

Pemeriksaan gula darah mandiri menggunakan alat pengukur kadar gula darah, juga merupakan tahapan penting. Dengan rutin mengetahui kadar gula darah, penderita dapat menjaga kadar gula darah mereka.

Efektifkah sayuran pahit atasi diabetes?

Untuk jenis makanan, semua penderita diabetes disarankan untuk menghindari makanan yang manis. Makanan sayuran pahit seperti pare memang baik untuk penderita diabetes, namun tidak bisa menyembuhkan.

Pare mengandung zat antidiabetes yaitu charantin yang dapat menurunkan gula darah. Selain itu pare juga mengandung lectin yang juga membantu mengurangi konsentrasi glukosa dengan bertindak pada jaringan perifer dan menekan nafsu makan, mirip dengan efek insulin di otak.

Beberapa jurnal medis sudah mengevaluasi pare untuk pengobatan diabetes. Pada sebuah jurnal Ethnopharmacology menunjukkan bahwa 2000mg dosis pare menurunkan kadar gula darah pada pasien diabetes tipe 2, walaupun tidak sebanyak obat diabetes metformin. Studi lain menunjukkan pare meningkatkan penyerapan glukosa darah oleh sel dan toleransi glukosa.

Sayuran pahit memang dapat membantu menurunkan kadar gula darah namun tidak menyembuhkan diabetes. Penderita diabetes tetap harus berkonsultasi ke dokter untuk menjaga kadar gula darah mereka.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar