Sukses

Pertolongan Saat Kena Racun Tumbuhan dan Serangga Kala Liburan

Tak sengaja terpapar racun tumbuhan atau serangga saat liburan? Jangan panik, segera lakukan ini sebagai tindakan pertolongan pertama!

Klikdokter.com, Jakarta Liburan ke tempat-tempat tertentu memiliki berbagai risiko yang patut diperhatikan dan diwaspadai. Salah satunya adalah beberapa jenis tumbuhan dan hewan atau  serangga, yang memiliki racun. Jika Anda terkena racun tumbuhan atau serangga tersebut, dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Tidak dimungkiri, berlibur ke destinasi wisata alam seperti gunung, hutan, atau laut memang memberikan risiko kesehatan tersendiri.

Tumbuhan misalnya, sering menimbulkan reaksi kontak alergi berupa ruam atau kemerahan sesuai dengan bagian tubuh yang terpapar. Racun tanaman kerap menempel tanpa disadari, misalnya dari getah tumbuhan yang hinggap di benda-benda sekitar Anda.

Sedangkan, jika kasusnya adalah racun serangga, misalnya nyamuk, semut, lebah, atau tomcat, masalah kesehatan yang muncul biasanya berupa bintik merah, terasa gatal, atau nyeri.

Lakukan ini sebagai pertolongan pertama

Secara keseluruhan, keluhan yang timbul pada kulit akibat paparan tumbuhan atau serangga adalah bentuk dari reaksi alergi terhadap zat alergen yang ada di dalam racun. Oleh karena itu, penanganannya kurang lebih serupa dengan kasus alergi lainnya.

Berikut beberapa tindakan pertolongan pertama jika Anda atau keluarga terkena racun tumbuhan atau serangga saat berlibur.

  • Jika serangga atau tumbuhan masih menempel di kulit, segera lepaskan. Jika perlu, gunakan pelindung tangan saat melepasnya.
  • Jangan menggaruk area yang terkena racun meski terasa gatal. Tindakan ini dilakukan agar keluhan tidak menjalar atau membentuk luka terbuka.
  • Bilas area yang terpapar dengan air hangat. Hal ini untuk membersihkan sisa-sisa racun yang mungkin masih tertinggal.
  • Jika gatal tak kunjung hilang, Anda dapat mengompres area tersebut dengan kompres hangat atau sendok logam yang direndam air hangat.
  • Anda dapat menggunakan bedak antigatal untuk membantu meredakan keluhan gatal-gatal.
  • Jika reaksi alergi lebih serius dan terasa sangat mengganggu, Anda dapat minum obat-obatan antialergi.
  • Jika muncul tanda-tanda gawat darurat seperti sesak napas, kehilangan kesadaran, atau lainnya, segera hubungi petugas medis setempat.

Di luar tindakan pertolongan pertama, hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah melakukan pencegahan dan mempersiapkan liburan sebaik mungkin. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan agar Anda tidak terpapar racun tumbuhan atau serangga saat liburan:

  • Pelajari destinasi liburan Anda. Cari tahu apakah ada tumbuhan atau hewan yang membutuhkan perhatian khusus dan dapat menyebabkan gangguan kesehatan di daerah tujuan Anda.
  • Siapkan obat antialergi dan losion antiserangga untuk berjaga-jaga.
  • Gunakan pakaian yang sesuai dengan tempat liburan. Jika tempat tujuan memang merupakan habitat berbagai tumbuhan dan serangga yang dapat mengganggu kenyamanan, gunakan celana dan pakaian lengan panjang.
  • Oleskan losion antiserangga, baik saat beraktivitas di luar maupun di dalam ruangan.
  • Gunakan kelambu saat tidur jika memang serangga banyak terdapat di tempat Anda menginap.

Persiapkan liburan Anda dengan matang, agar nantinya menjadi pengalaman yang menyenangkan dan tak terlupakan. Jangan lupakan aspek kesehatan dan cari informasi sebanyak-banyaknya tentang destinasi liburan Anda. Jangan sampai akibat racun tumbuhan atau serangga, momen liburan Anda dan keluarga menjadi rusak.

[NB/ RVS]

1 Komentar