Sukses

Kebiasaan Sehat agar Anak Terhindar dari Kuman Penyakit

Kesehatan anak adalah prioritas utama orangtua. Salah satu caranya adalah mengajarkan kebiasaan sehat pada anak agar terhidar dari penyakit.

Klikdokter.com, Jakarta Mikroorganisme ada di sekitar Anda. Virus, bakteri, ataupun jamur yang ada di sekeliling kita dapat menimbulkan infeksi dan penyakit. Ancaman ini dirasakan lebih besar pada anak-anak, yang sistem kekebalan tubuhnya belum sesempurna orang dewasa. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan agar anak terhindar dari kuman penyakit adalah dengan mengajarkan kebiasaan sehat untuk mereka terapkan setiap hari.

Setiap manusia lahir dengan kekebalan tubuh yang belum terlatih. Seiring dengan meningkatnya paparan mikroorganisme, maka sel-sel daya tahan tubuh akan bekerja semakin optimal. Namun, tentunya Anda ingin agar anak selalu sehat dan tidak gampang sakit.

Untuk menghindari kuman-kuman penyebab penyakit, pastikan anak terlatih menerapkan kebiasaan sehat di bawah ini:

1. Memenuhi kebutuhan nutrisi yang cukup dari makanan bergizi 

Kunci dari memberikan nutrisi lengkap adalah menyediakan makanan yang bervariasi untuk anak. Mengapa demikian? Ini karena tidak ada satu makanan super yang mengandung seluruh zat gizi yang dibutuhkan. Kombinasikan berbagai jenis makanan, termasuk di antaranya banyak buah dan sayur, sehingga nutrisi yang didapatkan anak beragam.

Asam lemak esensial, vitamin C, vitamin A, serta mineral seperti seng, selenium, folat, dan zat besi adalah beberapa jenis zat gizi yang penting untuk daya tahan tubuh. 

2. Mencukupi waktu istirahat anak

Penelitian pada populasi dewasa menemukan bahwa kurang tidur akan mengurangi jumlah sel daya tahan tubuh, yang mana kondisi ini tentu saja membuat tubuh lebih rentan terhadap infeksi penyakit. Ini juga berlaku pada anak-anak. Bayi baru lahir membutuhkan hingga 18 jam tidur dalam sehari. Seiring beranjak besar, anak membutuhkan waktu yang lebih sedikit, hingga sekitar 10 jam pada anak usia sekolah.

3. Melengkapi imunisasi anak dan melarang anggota keluarga merokok

Imunisasi merupakan usaha pencegahan penyakit yang sangat penting dan efektif. Saat anak mendapatkan imunisasi, maka akan terbentuk sel-sel daya tahan yang mampu menangkal bakteri atau virus penyebab penyakit masuk ke dalam tubuh.

Selain itu, melarang adanya anggota keluarga yang merokok juga penting untuk diingat. Ini karena paparan dengan partikel rokok akan merusak banyak sel-sel tubuh, memudahkan terjadinya berbagai penyakit, yang di antaranya adalah infeksi pernapasan dan telinga, serta asma. 

4. Menerapkan perilaku bersih dan sehat di rumah

Penularan penyakit mudah terjadi melalui kontak dengan individu yang sedang sakit. Maka, kebiasaan sederhana seperti mencuci tangan perlu diajarkan sejak dini.

Selain itu, menjaga kebersihan lingkungan rumah juga amat penting, terutama dinding yang memiliki permukaan luas, yang sering kali tidak disadari sebagai salah satu sarang kuman. Oleh karena itu, penting untuk turut menjaga kebersihan dinding yang salah satunya adalah dengan memilih produk cat tembok berkualitas yang memiliki kandungan Silver-Ion sebagai antiseptik.

 

5. Membiasakan melakukan aktivitas fisik secara teratur

Banyak penelitian menunjukkan bahwa aktivitas fisik dan olahraga akan meningkatkan jumlah sel daya tahan tubuh. Kebiasaan yang baik ini dapat ditumbuhkan sejak dini. Anda sebagai orangtua dapat memberikan contoh yang baik agar diikuti oleh anak.

Aktivitas menyenangkan yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh anggota keluargaakan membuat anak terus mengingat kebiasaan sehat ini. Bahkan bisa jadi iaakan termotivasi terus melakukannya hingga ia dewasa. Anda bisa mengajak anak bersepeda atau melakukan aktivitas fisik saat car-freeday.

Saat anak melakukan kontak dengan mikroorganisme di sekelilingnya, sistem kekebalan tubuhnya akan semakin terlatih dalam menangkal infeksi. Namun, agar anak tidak mudah terjangkit penyakit, ajarkan anak beragai kebiasaan sehat yang dapat ditumbuhkan oleh orang tua. Apabila kebiasaan-kebiasaan sehat tersebut dilakukan sejak dini, maka daya tahan tubuh anak akan lebih optimal dalam menghindari kuman penyakit.

Selain mengajarkan anak mengenai kebiasaan sehat, mengingat anak banyak menghabiskan waktunya di rumah maka Anda tak boleh lengah dalam menjaga kebersihan rumah. Bersihkan rumah secara rutin, termasuk kebersihan dinding yang bebas dari kuman penyakit. Untuk memastikannya, gunakan cat dinding dengan kemampuan antibakteri seperti Silver-Ion. Dengan dinding yang sehat Anda selangkah lebih maju dalam memastikan kondisi keluarga yang juga sehat.

(RN/ RH)

3 Komentar

  • momo1

    nice

  • Azazil

    pada dasarnya jika anda tidak melakukan sesuatu yg beelebihan maka anda akan baik2 saja. bacalah Al Qur'an sebaik mungkin agar hidup anda sehat. ingat bukan hanya di baca tapi juga di pahami dan di jalankan!.

  • Azazil

    penelitian dari dunia kedokteran itu aneh, dulu pernah d suatu negara sangat di anjurkan bagi ibu hamil untuk meroko karena baik untuk ibu hamil, sekarang penelitian mengatakan bahwa merokok itu membunuh mu, lalu ada yg mengatakan bahwa terlalu banyak mengkonsumsi gula akan menyebabkan ini dan itu.