Sukses

Cara Aman Menggunakan Toilet di Pesawat

Berikut ini tata cara menggunakan toilet pesawat yang harus Anda perhatikan. a

Klikdokter.com, Jakarta Toilet pesawat mungkin salah satu tempat yang paling membuat kikuk dan tak nyaman. Seperti yang Anda tahu, toilet di pesawat adalah bilik yang sangat kecil dan sempit. Ditambah dengan gerakan pesawat, membuat berdiri di dalam toilet saja butuh perjuangan lebih. Anda tentunya risih berada di sana lama-lama untuk buang air.

Tapi supaya tetap aman dan nyaman, penting bagi Anda untuk memperhatikan tata cara menggunakan toilet di pesawat yang benar. Berikut hal-hal yang dapat Anda catat:

● Gunakan toilet di saat yang tepat

Sudah jelas, penggunaan toilet harus dilakukan saat lampu indikator penggunaan sabuk pengaman di dalam pesawat dipadamkan. Selain itu, sebaiknya dilakukan saat pembagian hidangan makanan dan minuman belum dilakukan oleh pramugari. Hal ini menghindari akses Anda menuju toilet terganggu, begitu pula sebaliknya.

● Pakai sepatu Anda

Ketika menggunakan toilet pesawat, sebaiknya Anda memakai alas kaki yang menutupi seluruh bagian kaki, misalnya sepatu. Hal ini berguna untuk melindungi kaki Anda dari paparan urine, feses, atau kotoran lainnya secara langsung saat berada di dalam toilet pesawat.

Kemudian, pastikan Anda menggunakan celana yang longgar dan mudah dilepas. Ini berguna untuk memudahkan pergerakan Anda di dalam toilet pesawat yang biasanya memiliki ukuran relatif kecil.

● Minimalkan kontak dengan benda-benda di toilet

Usahakan jangan ada kontak langsung antara kulit Anda dan benda-benda di toilet. Ini penting untuk meminimalkan paparan dengan kuman-kuman yang bersarang di toilet. Anda bisa menggunakan tisu sebagai pelapis sebelum memegang benda-benda di toilet.

Menurut sebuah penelitian, bakteri E. coli masih ditemukan di wastafel, gagang flush kloset, dan dudukan kloset meskipun toilet dibersihkan secara teratur. Jadi tetaplah waspada. 

● Bersihkan dulu tempat dudukan

Sebelum Anda menggunakan kloset, bersihkan terlebih dahulu tempat dudukan dengan air dan tisu. Gunakan tisu yang baru. Lebih baik lagi bila Anda menyiapkan tisu basah yang mengandung alkohol untuk membersihkan dudukan kloset.

Selain itu, Anda juga dapat menjadikan tisu sebagai tatakan Anda duduk. Hal ini juga mencegah adanya kontak langsung antara kulit Anda dengan dudukan kloset yang mengandung kuman. Pastikan Anda membersihkan kembali dudukan kloset setelah selesai menggunakannya.

Bagi pria, angkatlah dudukan kloset sebelum buang air kecil agar tidak mencemarinya. Setelah Anda selesai menggunakan kloset, jangan lupa untuk membilasnya. Tutup kloset sebelum menekan gagang atau tombol flush. Hal ini untuk menghindari Anda terpapar cipratan air yang mengandung kotoran dan kuman secara langsung.

● Buang tisu ke tempat sampah

Sebelum keluar dari toilet, pastikan Anda telah membuang semua tisu yang telah Anda gunakan ke tempat sampah. Selanjutnya, cucilah tangan Anda menggunakan air dan sabun. Jika sudah, keringkan tangan Anda menggunakan tisu dan buang tisu pada tempatnya. Kemudian, Anda bisa keluar meninggalkan toilet.

Ingat juga untuk membuka pintu secara perlahan agar tidak mencederai orang lain yang mungkin sedang berada di sisi luar toilet. Jika Anda sudah keluar dari toilet, sebaiknya gunakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan Anda yang mungkin masih mengandung kuman saat Anda menyentuh pintu toilet terakhir kali.

Satu hal lagi yang perlu diketahui, jika Anda dalam perjalanan panjang hingga mengharuskan untuk sikat gigi, sebaiknya gunakan air botol kemasan saat berkumur maupun membersihkan sikat gigi Anda. Sebab, air keran di pesawat dipercaya tidak cukup higienis.

Toilet memang menjadi tempat bersarangnya kuman, apalagi toilet umum seperti di pesawat. Oleh karena itu, pastikan Anda melindungi diri dari paparan kuman tersebut agar terhindar dari berbagai penyakit.

[RS/ RVS]

4 Komentar