Sukses

Cara Mudah Usir Sakit Kepala Saat Perjalanan Mudik

Sakit kepala dapat mengganggu kenyamanan Anda saat perjalanan mudik Lebaran ke kampung halaman. Kenali cara-cara untuk mengusirnya!

Mudik merupakan salah satu tradisi yang dilakukan oleh masyarakat muslim Indonesia menjelang hari raya Idulfitri. Masyarakat berbondong-bondong pulang ke kampung halaman menggunakan moda transportasi darat, laut maupun udara. 

Saat mudik, tubuh rentan terkena penyakit, termasuk sakit kepala. Jangan sampai sakit kepala mengganggu kenyamanan Anda saat mudik. 

Penyebab tersering sakit kepala saat perjalanan mudik ialah mabuk perjalanan dan migrain (sakit kepala sebelah). Mabuk perjalanan ketika berada di dalam kereta api, kapal ataupun mobil berhubungan dengan sakit kepala

Selain itu, jika Anda memilih menggunakan moda transportasi udara, perubahan tekanan udara di kabin pesawat dapat menyebabkan pembuluh darah melebar sehingga menimbulkan keluhan sakit kepala sebelah.

Ketahui cara mengatasi sakit kepala saat perjalanan mudik dengan membaca ulasan berikut ini. 

Artikel Lainnya: Tidak Bisa Mudik saat Pandemi COVID-19, Ini Tips Agar Tidak Stres

1 dari 9 halaman

1. Rencanakan Mudik dengan Baik

Stres merupakan salah satu pemicu sakit kepala. Hindari stres saat mudik dengan mempersiapkan semua hal dari jauh-jauh hari. Persiapan yang terburu-buru kerap menyebabkan stres dan membuat Anda melupakan banyak hal.

Persiapkan barang bawaan Anda paling lambat satu hari sebelum hari keberangkatan. Anda juga bisa membuat daftar barang yang akan dibawa agar tidak ada yang tertinggal. Jangan lupa untuk mengecek kembali barang bawaan Anda sebelum berangkat.

2 dari 9 halaman

2. Istirahat yang Cukup

Sebelum mudik, pastikan Anda mempersiapkan tubuh dengan beristirahat yang cukup. Hindari melakukan kegiatan berat atau aktivitas hingga larut malam sebelum mudik. Pastikan Anda memiliki waktu tidur yang cukup.

Selama perjalanan, jika Anda berada di kursi penumpang, luangkan waktu untuk tidur. Sedangkan jika mengendarai mobil, Anda bisa beristirahat setiap 2 jam agar tidak kelelahan. Kurang tidur dapat memicu sakit kepala.

Beberapa tindakan tersebut dapat menjadi cara mengatasi sakit kepala saat mudik. Dengan demikian, diharapkan keluhan pusing itdak muncul selama perjalanan mudik.

Artikel Lainnya: Awas, Duduk Berjam-jam Saat Mudik Picu Ambeien

3 dari 9 halaman

3. Penuhi Kebutuhan Cairan

Cairan merupakan salah satu komponen penting kesehatan manusia. Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari cairan. 

Kekurangan cairan tubuh tentunya dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Kekurangan cairan turut menimbulkan keluhan pusing dan badan lemas.

Sebagai cara mencegah dan menghilangkan sakit kepala akibat naik mobil, penuhi kebutuhan cairan dengan meminum air minimal delapan gelas atau dua liter per hari. Jangan lupa untuk membawa botol air minum ke mana pun Anda pergi.

4 dari 9 halaman

4. Tahu Batasan Diri

Kegiatan mudik menjadi ajang untuk bertemu dengan sanak saudara dan kerabat. Namun, jangan sampai Anda lupa waktu dan istirahat. Pasalnya, kelelahan juga bisa menyebabkan keluhan pusing.

Terlalu banyak aktivitas dapat menyebabkan kelelahan dan keluhan sakit kepala. Jadi, jangan lupa tetap meluangkan waktu untuk beristirahat.

5 dari 9 halaman

5. Jangan Kalap Saat Makan

Salah satu kebiasaan mudik Lebaran adalah mendatangi rumah-rumah kerabat di mana biasanya akan disediakan banyak sekali makanan. Makan terlalu banyak juga merupakan salah satu pencetus keluhan sakit kepala.

Hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gula dan garam, santan, berlemak, serta berbau menyengat, karena bisa memicu sakit kepala sebelah. Anda dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah.

6 dari 9 halaman

6. Pilih Posisi Duduk yang Tepat

Mabuk kendaraan merupakan salah satu pemicu sakit kepala sebelah. Bila memungkinkan, pilihlah posisi duduk di bangku depan. Jika menggunakan kereta api, jangan duduk membelakangi laju kendaraan. 

Jika Anda mudik menggunakan mobil, bukalah jendela mobil agar bisa menghirup udara segar. Selain itu, hindari terlalu lama membaca buku atau melihat ponsel karena dapat memicu pusing dan mual.

Artikel Lainnya: Pulang Mudik, Wajib Lakukan Ini untuk Cegah Penularan COVID-19

7 dari 9 halaman

7. Lakukan Kegiatan yang Membuat Relaks

Dengarkan musik-musik yang dapat membuat Anda rileks. Musik klasik atau mendengarkan suara air dapat membuat Anda rileks dan mencegah sakit kepala selama perjalanan. 

Pejamkan mata Anda sambil mendengarkan musik yang menenangkan. Melakukan latihan pernapasan juga dapat membantu Anda mengurangi stress selama perjalanan. Tarik napas dalam juga merupakan salah satu teknik relaksasi yang ampuh.

8 dari 9 halaman

8. Persiapkan Obat-Obatan

Jika Anda memiliki riwayat migrain, jangan ragu untuk membawa obat-obatan yang biasa Anda konsumsi selama mudik. Persiapkan obat ini jauh-jauh hari sebelum Anda mudik. Karena obat merupakan hal esensial dalam memastikan kelancaran mudik.

Anda dapat pula membawa obat parasetamol atau ibuprofen untuk membantu menghilangkan nyeri kepala sejenak. 

Siapkan pula obat antimabuk kendaraan. Jika Anda memiliki penyakit tertentu yang butuh pengobatan rutin, maka siapkan juga obat tersebut.

Cara-cara di atas dapat dilakukan agar mudik Lebaran kali ini terbebas dari sakit kepala atau badan lemas karena nyeri di kepala. Semoga mudik Anda tahun ini berjalan lancar dan menyenangkan!

Cari tahu informasi kesehatan lainnya dengan membaca artikel di aplikasi KlikDokter. Anda juga bisa berkonsultasi seputar keluhan kesehatan selama mudik via LiveChat.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar