Sukses

7 Kiat Tetap Sehat Selama Liburan

Jangan sampai liburan Anda jadi kacau karena sakit. Berikut ini tips sehat yang bisa Anda jalankan selama liburan.

Klikdokter.com, Jakarta Liburan amat berguna untuk mengusir stres. Tapi bagaimana jika saat liburan Anda malah sakit-sakitan? Jangan sampai momen yang paling dinanti ini terlewatkan karena kondisi tubuh yang tidak sehat. 

Apalagi saat liburan pastinya Anda akan sibuk berwisata kuliner dan bepergian ke sana kemari. Supaya kesehatan selalu terjaga dan tak mudah sakit, berikut ini tujuh tips yang dapat Anda terapkan: 

1. Perhatikan asupan makanan

Usahakan untuk tetap mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang. Jika makan di luar, pastikan tempat makannya bersih dan tertutup, serta tidak terpapar debu yang mudah membawa kuman penyakit.

Hindari konsumsi camilan tidak sehat sepanjang perjalanan, seperti kudapan yang mengandung penyedap rasa, pemanis, atau pengawet. Lebih baik Anda siapkan bekal buah-buahan yang awet di perjalanan seperti apel dan jeruk. Anda juga bisa membeli yoghurt. Usahakan untuk membeli yoghurt yang kadar gulanya rendah, atau bahkan plain.   

2. Cukup istirahat

Meluangkan waktu untuk istirahat wajib dilakukan. Tidur yang cukup mampu menjaga daya tahan tubuh tetap terjaga.  Saat Anda tidur cukup delapan jam sehari di malam hari, terjadi peningkatan produksi sistem kekebalan tubuh dan protein tertentu yang dapat melawan penyakit. Jadi, jagalah kualitas tidur Anda selama liburan.

3. Penuhi kebutuhan cairan

Jangan lupa untuk membawa air minum sebagai bekal di perjalanan. Ingat, perjalanan yang panjang dapat membuat Anda dehidrasi, terutama jika dilakukan pada siang hari dan pasokan cairan dalam tubuh tidak mencukupi. Pastikan Anda mengonsumsi air putih delapan gelas per hari (dua liter) dan kurangi asupan minuman bersoda atau minuman manis.

4. Luangkan waktu untuk olahraga

Liburan bukan berarti meliburkan diri juga dari olahraga. Anda harus tetap menyisihkan waktu untuk latihan fisik, terutama jika asupan makanan Anda tidak terkontrol alias selalu terisi makanan berlemak dan berkolesterol tinggi dan kudapan manis. Lawan rasa malas Anda dan luangkan waktu 30 menit saja untuk berolahraga.

5. Cuci tangan dengan teratur

Ketika sedang dalam perjalanan, orang tak hanya menjadi mudah letih tapi juga terserang penyakit. Anda dapat mencegah penularan penyakit dengan teratur mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Lakukan sebelum makan, setelah menggunakan toilet umum, dan setelah memegang benda-benda milik umum. Yang juga penting, gunakanlah masker jika di sekitar Anda banyak orang yang sedang flu atau batuk.

6. Mencatat info-info penting

Selama perjalanan, Anda harus selalu mengetahui informasi terbaru terkait laporan cuaca atau situasi lalu lintas di perjalanan yang akan dituju. Dengan begitu, Anda dapat memutuskan apakah sementara harus beristirahat di tempat tertentu sambil menunggu perjalanan aman kembali. Terutama jika ada anggota keluarga yang berusia balita.

7. Hindari stres

Tujuan liburan adalah untuk membuat hati dan pikiran tenang serta bahagia. Macet dan kondisi tak mengenakkan lainnya memang tak bisa dihindari, tapi jangan sampai Anda ikut terbawa stres. Tipsnya, sering-seringlah menarik napas agar pikiran tetap tenang, dan selalu ingat bahwa liburan untuk membuat Anda senang bukan menjadi terbebani.

Selain menjaga kesehatan dengan beberapa tips di atas, siapkanlah obat-obatan yang biasa Anda konsumsi sebelum pergi. Anda juga dapat membawa obat-obatan standar seperti antidiare, antimual, obat diare, dan sebagainya. Ini penting untuk antisipasi jika Anda atau salah satu anggota keluarga mengalami sakit selama di perjalanan. Selamat menikmati liburan!

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar