Sukses

Awas, Duduk Berjam-jam Saat Mudik Picu Ambeien

Mudik membawa kebahagiaan tersendiri. Namun, jangan sampai Lebaran Anda terusik oleh ancaman ambeien akibat duduk lama saat mudik.

Klikdokter.com, Jakarta Mudik adalah salah satu tradisi Lebaran yang paling dinanti. Banyak pemudik yang rela menghabiskan waktu berjam-jam, bahkan berhari-hari, dalam menempuh perjalanan mudik ke kampung halaman tercinta. Meski diselimuti kebahagiaan dan menyimpan cerita seru, nyatanya mudik juga punya tantangan tersendiri. Tak sedikit gangguan kesehatan yang dapat terjadi akibat perjalanan mudik, yang salah satunya adalah ambeien atau wasir.

Bagi Anda yang harus menempuh perjalanan jauh dan harus duduk dalam waktu yang lama saat mudik, ambeien adalah salah satu masalah utama yang mungkin dihadapi. Ambeien atau hemoroid adalah kondisi saat pembuluh darah balik (vena) di sekitar lubang dubur (anus) dan usus bagian bawah (rektum) mengalami pembengkakan.

Pembengkakan pembuluh darah ini terjadi karena banyak sebab, salah satunya adalah posisi duduk terlalu lama. Saat duduk, pembuluh darah di anus terisi lebih banyak dan sulit untuk mengalir kembali. Akibatnya, darah menumpuk di bagian bawah. Ditambah lagi pada bulan puasa, pola makan cenderung rendah serat dan kekurangan cairan menyebabkan pergerakan usus menjadi lebih lambat, sehingga memudahkan terbentuknya kumpulan darah.

Awalnya, ambeien mungkin hanya terasa tidak nyaman atau gatal di bagian bokong. Namun, bila dibiarkan, akan timbul gejala lain seperti nyeri, buang air besar bercampur darah, dan benjolan yang keluar dari anus. Pada hemoroid stadium ringan, benjolan tersebut masih dapat masuk kembali ke anus. Namun, pada kondisi yang berat, benjolan biasanya akan menetap dan menyebabkan rasa nyeri serta rentan berdarah.

Tips agar mudik bebas ambeien

Duduk dalam perjalanan mudik yang panjang memang dapat menyebabkan ambeien. Namun, kondisi ini dapat dicegah. Beberapa hal berikut ini dapat Anda lakukan agar mudik bebas dari gangguan ambeien.

● Makan makanan tinggi serat

Saat sahur maupun berbuka puasa perbanyak konsumsi buah dan sayur yang mengandung serat yang tinggi. Ganti karbohidrat Anda dengan roti gandum atau nasi merah. Serat dapat membantu pencernaan Anda lebih lancar sehingga Anda tidak mudah alami ambeien.

● Perhatikan asupan cairan

Apa pun kondisinya, pastikan Anda untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan dengan minum air putih.  Jika tubuh kekurangan cairan, tubuh akan mengalami dehidrasi dan juga akan memperlambat sistem kerja metabolisme. 

Bagi Anda yang menyetir, peneliti dari Universitas Loughborough, Inggris, menemukan bahwa pengendara yang mengalami dehidrasi berpotensi melakukan kesalahan dalam berkendara. Ini karena turunnya kewaspadaan akibat kekurangan cairan. Kurangnya cairan saat berkendara juga membuat Anda lebih rentan mengalami perubahan mood dan kurang konsentrasi.

● Istirahat saat lelah

Bila tubuh mulai terasa pegal dan lubang anus mulai terasa panas, ada baiknya Anda beristirahat. Saat beristirahat pun, regangkan otot Anda dengan berjalan-jalan. Bila Anda mudik menggunakan pesawat, berjalanlah ke toilet atau sekadar berdiri sejenak setiap 30 menit untuk mencegah aliran darah terhambat.

● Jangan menahan buang air besar

Bila Anda merasa ingin buang air besar, jangan tunda untuk ke toilet. Kebiasaan menunda buang air besar akan membuat tinja semakin keras dan menekan pembuluh darah di sekitar anus, sehingga ambeien jadi lebih mudah terbentuk.

Bila Anda sudah mengalami ambeien, berkonsultasilah dengan dokter ahli bedah sebelum melakukan perjalanan mudik. Umumnya, pada ambeien ringan (grade I dan II) masih dapat melakukan perjalanan darat yang cukup jauh selama melakukan istirahat rutin sepanjang perjalanan.

Sementara untuk ambeien sedang hingga berat (grade 3 dan 4), biasanya Anda sudah tidak disarankan melakukan perjalanan darat atau menyetir sendiri. Dokter mungkin akan memberikan obat agar Anda tetap nyaman selama mudik.

Ambeien memang dapat mengintai ketika Anda harus duduk berjam-jam saat mudik, apalagi yang menempuh perjalanan jauh hingga lintas provinsi. Oleh karena itu, pastikan untuk melakukan langkah-langkah pencegahan di atas agar mudik Anda nyaman dan Anda dapat merayakan Lebaran di kampung halaman tanpa terusik ambeien.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar