Sukses

Ingin Tubuh Sehat dan Kencang, Lakukan Ini Saat Liburan!

Liburan bukan berarti bermalas-malasan, tidak berolahraga, dan makan seenaknya. Lakukan ini agar tubuh Anda tetap sehat dan kencang!

Klikdokter.com, Jakarta Liburan adalah saatnya untuk melepas penat, stres, dan kejenuhan yang timbul dari pekerjaan dan aktivitas sehari-hari. Setelah kembali dari liburan, diharapkan Anda akan segar, recharge, produktif, dan siap untuk menghadapi tantangan berikutnya. Namun, meski liburan identik dengan bersantai, bukan berarti Anda bisa bermalas-malasan, tidak berolahraga, dan makan seenaknya. Justru, liburan adalah saat di mana Anda memiliki lebih banyak waktu luang untuk memperbaiki diri, agar tubuh tetap sehat dan tampak kencang.

Ingin tahu apa saja yang bisa dilakukan untuk membentuk tubuh yang sehat dan kencang?

1. Perbanyak aktivitas fisik

Kurangi waktu duduk dan bermalas-malasan. Perbanyak aktivitas fisik, seperti berjalan dan melakukan pekerjaan rumah. Di saat liburan, Anda dapat menggunakan waktu luang untuk beberes rumah, menyapu, mengepel, atau merapikan taman.

Di samping itu, Anda juga dianjurkan untuk lebih memilih tangga dibandingkan eskalator atau lift. Apabila ingin pergi ke tempat yang dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 30 menit, akan lebih baik jika Anda berjalan kaki ketimbang naik mobil atau motor.

2. Olahraga kardio

Supaya tubuh Anda tetap fit dan proporsional, Anda perlu melakukan olahraga kardio. Selain dapat membakar lemak, olahraga jenis ini juga dapat menjaga kesehatan jantung. Anda dapat melakukan olahraga kardio selama 30–60 menit dalam sehari, sebanyak 5–7 kali dalam seminggu.

Contoh olahraga kardio yang dapat Anda lakukan adalah joging, berjalan kaki, bersepeda, berenang, dan lain-lain sesuai pilihan.

3. Olahraga angkat beban

Untuk menjaga agar otot tetap kencang, Anda perlu melakukan olahraga angkat beban tiga kali seminggu. Olahraga jenis ini dapat membantu mempertahankan massa otot, terutama pada mereka yang berusia 40 tahun ke atas. Karena pada usia tersebut, massa otot akan mulai menurun hingga lansia.

4. Minum air

Saat Anda berolahraga dan mengeluarkan keringat, segera ganti cairan dan elektrolit tubuh dengan konsumsi air yang cukup. Apabila Anda berolahraga kurang dari 1 jam, konsumsi air putih sudah cukup. Namun, apabila Anda berolahraga lebih dari 1 jam, sports drink dapat lebih efektif mengganti cairan, elektrolit, dan energi yang hilang setelah berolahraga.

5. Pola makan tepat

Anda dianjurkan untuk mengubah pola makan menjadi 5–6 kali makan dalam porsi kecil, ketimbang 3 kali dalam porsi besar. Makan dalam porsi kecil namun sering dapat membantu Anda kenyang lebih lama, sehingga tidak tergoda untuk ngemil berlebihan.

Nah, jika Anda ingin menjaga massa otot tetap kencang, jangan lupakan protein. Anda perlu mengonsumsi 1–1,5 gram protein per kilogram berat badan. Misalnya berat Anda 50 kg, maka Anda dapat mengonsumsi 50–75 gram protein dalam sehari.

Meski saat liburan Anda punya banyak waktu luang untuk bersantai, tapi jangan Anda sia-siakan liburan Anda dengan bermalas-malasan. Lakukan sejumlah tips di atas agar tubuh sehat dan senantiasa kencang. Jadi, liburan cantik dan menawan? Pastinya!

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar