Sukses

6 Makanan yang Harus Dihindari Sebelum Naik Pesawat

Anda berencana naik pesawat? Hindari makanan ini supaya perut Anda aman sentosa.

Klikdokter.com, Jakarta Sebentar lagi libur Lebaran akan tiba. Tentunya Anda sudah menentukan pilihan moda transportasi yang akan digunakan untuk bepergian. Entah itu dengan mobil, kereta, bus, kapal, maupun pesawat. Bagi Anda yang akan mudik dengan pesawat, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, termasuk makanan yang Anda konsumsi sebelum naik pesawat.

Agar perut Anda nyaman selama berada di udara, hindarilah beberapa makanan ini sebelum naik pesawat:

1. Makanan yang memproduksi gas

Untuk menghindari perut kembung, begah, dan tidak nyaman selama penerbangan, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi makanan yang dapat memproduksi banyak gas. Makanan-makanan tersebut adalah brokoli, kol, sawi, dan kacang-kacangan. Perut yang kembung dapat membuat Anda lebih mudah mengalami mabuk perjalanan, mual, dan muntah.

2. Minuman soda

Minuman soda juga dapat memproduksi gas dan menyebabkan perut menjadi kembung dan begah. Selain itu, jenis minuman ini mengandung kafein yang dapat membuat Anda sulit tertidur di pesawat. Padahal saat berada di pesawat, tidur adalah hal yang mungkin paling diharapkan untuk mencegah kebosanan atau mabuk udara.

3. Bawang putih

Sebagai salah satu bumbu yang paling banyak digunakan di berbagai masakan Indonesia dan Asia, bawang putih juga berguna untuk pengobatan alami. Salah satunya untuk meningkatkan sistem pertahanan tubuh. Namun, bumbu ini memiliki bau yang kuat dan tidak dapat disepelekan begitu saja, apalagi jika Anda mengonsumsi banyak bawang putih sebelum naik pesawat.

Tentunya, bau mulut tidak akan baik untuk orang yang duduk di sebelah kanan dan kiri Anda, dan Anda sendiri pun menjadi tidak nyaman dengan bau mulut tersebut. Jadi lebih baik singkirkan, kecuali Anda ingin mengunyah permen karet mint sepanjang perjalanan.

4. Makanan tinggi lemak

Makanan tinggi lemak dapat memicu gangguan pencernaan sehingga perut jadi kembung dan begah. Apalagi bagi Anda yang mengidap gangguan empedu atau memiliki riwayat operasi batu empedu, makanan tinggi lemak dapat membuat Anda bolak-balik ke toilet pesawat karena diare.

Toilet pesawat yang sempit dan rentan antre pastinya bukan tempat yang nyaman bagi Anda untuk mengalami diare, bukan? Karena itu, jauhilah makanan tinggi lemak seperti cheeseburger dan kentang goreng yang banyak ditemukan di bandara.

5. Kopi

Kopi adalah minuman terfavorit yang sudah menjadi gaya hidup sebagian besar masyarakat perkotaan. Berbagai gerai kopi pun sudah menjamur di bandara. Sebagian besar gerai kerap menyediakan diskon dan gratis upsize dengan menggunakan kartu kredit tertentu. Tawaran tersebut tentunya dapat menggoda Anda.

Namun, sebaiknya Anda menghindari konsumsi kopi sebelum naik pesawat. Kopi mengandung tinggi kafein yang dapat membuat Anda bolak-balik buang air kecil. Hal ini tentu bikin Anda tidak nyaman serta rentan dehidrasi. Di samping itu, kandungan kafein yang tinggi dapat membuat Anda sulit tertidur di pesawat.

6. Makanan pedas

Makanan pedas dapat mengiritasi lambung, terutama bagi Anda yang tidak terbiasa makan makanan pedas. Makanan pedas juga bisa membuat perut kembung, begah, bahkan mag. Jika asam lambung menjadi terlalu tinggi, Anda bahkan dapat mengalami diare akibat makanan pedas.

Itulah berbagai makanan dan minuman yang sebaiknya Anda hindari sebelum naik pesawat. Lebih baik disingkirkan jauh-jauh jika tak ingin perjalanan Anda berubah jadi mimpi buruk. Selamat libur Lebaran!

[RS/ RVS]

3 Komentar