Sukses

Obat dan Suplemen yang Harus Anda Bawa Saat Mudik

Agar mudik tetap aman, sehat, dan selamat sampai tujuan, jangan lupa untuk membawa sejumlah obat maupun suplemen kesehatan berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Lebaran sudah tiba. Bagi Anda yang merantau dan hendak mudik untuk bersilahturahmi dengan sanak saudara di kampung halaman, lakukan persiapan yang matang. Salah satu persiapan yang tidak boleh dilupakan adalah obat dan suplemen kesehatan.

Ya, mempersiapkan berbagai keperluan kesehatan sebelum mudik Lebaran dapat sangat membantu dan memudahkan. Jika selama perjalanan Anda mengalami gangguan kesehatan, obat atau suplemen bisa langsung diminum saat itu juga.

Obat dan suplemen yang wajib dibawa saat mudik Lebaran

Beberapa obat dan suplemen kesehatan yang dianjurkan untuk Anda bawa saat mudik Lebaran, di antaranya:

● Obat-obatan pribadi

Jika memiliki riwayat penyakit tertentu, Anda dianjurkan untuk berobat ke dokter sebelum berangkat mudik. Ini bertujuan agar dokter bisa memberikan obat-obatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Obat tersebut wajib Anda bawa saat mudik. Jadi, jika sewaktu-waktu penyakit Anda kambuh, obat tersebut dapat segera dikonsumsi sebagai langkah pertolongan pertama. Pastikan Anda mengonsumsinya sesuai dosis dan anjuran dokter, ya!

● Obat-obatan khusus

Apakah Anda akan mudik ke daerah endemik penyakit tertentu? Jika ya, persiapkanlah obat-obatan yang sesuai dengan keadaan tempat tujuan mudik Anda. Ini berarti, jika kampung halaman Anda adalah daerah endemik malaria, obat atau losion antinyamuk menjadi barang yang wajib dibawa.

Jika merasa kampung halaman yang hendak dikunjungi benar-benar tinggi akan kejadian penyakit infeksi, Anda dapat melakukan vaksin sebelum berangkat mudik. Hal ini bertujuan agar Anda terlindung dari risiko penyakit infeksi, yang banyak terjadi di tempat yang hendak dikunjungi.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

● Obat-obatan bebas

o Obat antinyeri

Obat antinyeri dapat digunakan untuk membantu meredakan sakit kepala, nyeri otot, nyeri akibat datang bulan, dan demam. Obat antinyeri yang dapat Anda beli secara bebas, misalnya golongan parasetamol, ibuprofen, dan asam mefenamat. Jangan lupa memperhatikan dosis obat yang hendak Anda konsumsi, ya!

o Obat gangguan pencernaan

Perjalanan mudik akan sangat terganggu jika Anda mengalami mag atau diare selama perjalanan. Dua penyakit ini kerap terjadi saat mudik, akibat jadwal makan tidak teratur, salah makan, atau bahkan keracunan makanan.

Untuk mag, Anda bisa membeli obat golongan antasida yang dijual bebas dan diminum 15 menit sebelum makan. Sementara untuk diare, attapulgit merupakan salah satu jenis obat yang dapat dibeli secara bebas.

o Obat alergi

Obat ini sangat penting dan tidak boleh lupa untuk dibawa, apalagi jika Anda atau anggota keluarga memiliki riwayat alergi. Pasalnya, berbagai reaksi alergi dapat muncul saat mudik, baik yang dipicu makanan, gigitan serangga, perbedaan lingkungan, hingga kualitas air.

Anda dapat membawa obat alergi yang dijual bebas, seperti CTM atau loratadin yang tidak menyebabkan kantuk.

o Obat antimabuk

Untuk memperkecil risiko mabuk darat, laut, atau udara, Anda dianjurkan untuk membawa obat antimabuk seperti dimenhidrinat. Obat ini dapat mencegah mual maupun mutah, dan dapat dikonsumsi 15–30 menit sebelum memulai perjalanan mudik lebaran.

● Set pertolongan pertama

Bawalah satu set alat dan obat pertolongan pertama untuk membantu mengatasi hal-hal tidak terduga selama mudik. Set pertolongan pertama ini biasanya berisi hal mendasar, seperti perban, kasa, cairan antiseptik, gunting, pinset, dan cotton-bud.

Anda juga bisa menambahkan termometer, beberapa bungkus oralit untuk menangani dehidrasi saat terjadi diare, dan gel lidah buaya untuk menangani luka bakar.

● Suplemen dan lain-lain

Sebagai tambahan, Anda juga dapat membawa berbagai suplemen yang biasa diminum sehari-hari, misalnya suplemen vitamin C dan E untuk membantu menjaga daya tahan tubuh.

Anda juga dapat membawa losion antiserangga, tabir surya, obat tetes mata, dan tisu basah sebagai persiapan tambahan.

Persiapkan diri, barang bawaan, obat maupun suplemen kesehatan dengan sebaik-baiknya. Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi makanan sehat dan memenuhi kebutuhan cairan tubuh selama mudik Lebaran. Jangan lupa pula untuk istirahat saat Anda mengantuk. Semoga selamat sampai tujuan!

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar