Sukses

Tak Ingin Badan Lemas Saat Mudik Lebaran? Ini Kiatnya!

Berikut ini adalah kiat agar terhindar dari badan lemas saat mudik Lebaran, yang dapat Anda coba.

Klikdokter.com, Jakarta Liburan ini hampir sebagian besar masyarakat Indonesia melakukan tradisi tiap tahun menjelang Lebaran yaitu mudik. Sarana untuk menjalin silahturahmi dengan saudara dan kerabat terdekat ini biasa dilakukan melalui jalur darat, udara maupun laut. Kondisi tersebut bisa saja mengakibatkan badan lemas.

Tak heran, karena berada di suatu tempat dalam jangka waktu yang lama akan membuat otak merasa lelah, dan hal ini juga akhirnya memengaruhi kondisi tubuh Anda secara keseluruhan.

Untuk itu, berikut ini adalah kiat agar terhindar dari badan lemas selama mudik Lebaran, yang dapat anda praktekkan:

1. Istirahat cukup

Bagi para pemudik, terutama yang akan menempuh jarak diwajibkan beristirahat sebelum berpergian. Tidak hanya bagi pengemudi, penumpang pun juga sebaiknya menyimpan energi agar tidak lemas saat mudik. Tidur minimal 7-8 jam sebelum berpergian dan istirahat di tengah perjalanan sangat disarankan.

2. Makan makanan bergizi

Makanan bergizi akan menjaga stamina tubuh agar tetap bugar saat mudik. Siapkan camilan selama mudik seperti buah-buahan, makanan kering, dan lain-lain agar tubuh tidak mengalami hipoglikemi akibat lapar.

3. Perbanyak minum air putih

Saat melakukan perjalanan panjang Anda mungkin membatasi minum air putih agar tidak buang air kecil saat di jalan. Hal ini justru malah berbahaya. Kurang cairan akan menyebabkan dehidrasi, yang menjadi salah satu penyebab badan lemas.

4. Hindari konsumsi obat-obatan yang membuat ngantuk

Jangan mengonsumsi obat-obatan yang memiliki efek mengantuk saat berkendara. Hal ini dapat membahayakan nyawa Anda dan penumpang lain. Penggunaan obat flu atau obat yang menyebabkan kantuk dapat membuat tubuh lemas seharian saat mudik.

5. Konsumsi suplemen penambah stamina

Agar tubuh tetap bugar selama mudik Anda dapat mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin lengkap agar stamina terjaga. Suplemen ini sebaiknya mengandung vitamin, mineral dan kandungan lainnya yang baik utnuk peningkatan daya tahan tubuh.

6. Pastikan tubuh Anda sedang dalam kondisi sehat

Bila Anda memiliki penyakit kronis seperti diabetes atau hipertensi, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter Anda. Bawa obat-obatan yang harus rutin dikonsumsi agar kondisi kesehatan Anda tetap terkontrol.

7. Manfaatkan rest area

Kenali beberapa lokasi rest area selama perjalanan Anda. Gunakan rest area untuk beristirahat meregangkan otot-otot yang tegang akibat terlalu lama duduk di mobil. Selain itu jika mengantuk Anda dapat tidur sejenak di mobil dengan memarkirkan mobil wilayah rest area.

Jika badan bugar, maka tentunya mudik akan terasa lebih menyenangkan. Perhitungkan lama perjalanan, sehingga Anda dapat merencanakan waktu untuk beristirahat dan mempersiapkan bekal camilan untuk Anda dan keluarga.

Sesampainya di kampung halaman Anda dapat mengembalikan stamina yang hilang dengan menjalani terapi pijat. Cara ini dapat membuat Anda lebih relaks dan lelah pun dapat hilang dalam sekejap.

Jangan biarkan badan lemas mengganggu perjalanan mudik Lebaran dan silaturahmi Anda bersama keluarga. Semoga tips di atas bermanfaat untuk Anda. Selamat mudik dan berkumpul bersama keluarga!

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar