Sukses

Sakit Perut Saat Mudik, Mungkin Ini Sebabnya

Jangan anggap remeh, hal-hal ini bisa sebabkan Anda sakit perut saat mudik.

Klikdokter.com, Jakarta Salah satu tradisi yang ditunggu-tunggu menjelang Lebaran adalah mudik. Bertemu sanak saudara memang seru dan menyenangkan. Namun Anda harus tetap waspada. Karena meski sudah disiapkan dari jauh-jauh hari, tak jarang perjalanan bisa terganggu karena masalah kesehatan. Salah satunya sakit perut.

Lalu, apa saja hal-hal yang dapat menyebabkan sakit perut saat mudik?

1. Mag

Salah satu penyebab sakit perut yang perih atau melilit adalah sakit mag. Mag, atau dalam dunia kedokteran disebut dengan gastritis, adalah sebuah peradangan yang terjadi pada lambung akibat pengeluaran asam lambung yang berlebih.

Perubahan kebiasaan makan saat mudik seperti terlambat makan dan konsumsi makanan pedas, asam dan berlemak bisa mencetuskan mag. Untuk menyiasatinya, makanlah secara teratur sebanyak tiga kali dalam sehari. Makan makanan dalam porsi sedikit-sedikit tapi sering dan selalu makan snack di antara makan besar juga dapat dilakukan.  Selain itu, hindarilah  asupan makanan pedas, asam dan berlemak, serta rokok, kopi dan soda.

2. Diare

Diare adalah kondisi ketika konsistensi feses Anda berubah dari padat menjadi encer, serta frekuensi buang air besar menjadi lebih sering. Tak hanya itu, diare biasanya disertai oleh gejala lainnya seperti demam, mual, muntah, lemah, lesu hingga penurunan berat badan.

Cara persiapan makanan yang kurang bersih dapat menyebabkan kontaminasi patogen dan menyebabkan diare. Untuk menghindarinya, pastikan makanan yang disajikan sudah dimasak hingga matang dan tidak membeli makanan atau minuman yang belum terbukti higienis dalam persiapannya.

Jangan lupa juga untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum menyiapkan makanan dan makan, setelah dari toilet, setelah menyentuh benda-benda atau fasilitas umum, dan setelah bersentuhan dengan hewan.

3. Konstipasi

Susah buang air besar (BAB) atau konstipasi merupakan permasalahan klasik yang sering dialami oleh orang yang sedang melakukan perjalanan jauh seperti mudik. Susah BAB yang berlangsung kronis dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, karena tubuh Anda tidak dapat membuang sisa metabolisme dan “racun”.

Apa penyebabnya? Susah BAB bisa dipicu oleh pola makan Anda, misalnya kurang serat dan air atau terlalu banyak mengonsumsi lemak. Untuk itu, perbanyaklah asupan buah dan sayuran yang tinggi serat dan minum air putih dengan cukup saat mudik.

4. Batu empedu

Ketika Lebaran tiba, berbagai hidangan khas seperti rendang, lontong sayur, opor dan sajian berlemak lainnya akan terhidang di meja. Konsumsi makanan berlemak dan tinggi kolesterol yang berlebihan dapat memicu batu empedu.

Saluran empedu merupakan bagian dari saluran pencernaan yang berperan dalam pencernaan lemak. Jika terdapat sumbatan atau batu di saluran empedu, Anda bisa mengalami gejala nyeri di perut kanan atas yang menjalar hingga bahu, mual, muntah, dan bahkan demam. Nyeri biasanya berlangsung secara tiba-tiba.

Penyebab dari batu empedu beragam. Diduga karena saluran empedu mengandung banyak kolesterol, banyak bilirubin, atau pengosongan saluran empedu tidak sempurna.

Karena itu, meski sedang melakukan perjalanan, pastikan Anda tetap menjaga gaya hidup sehat seperti mengonsumsi makanan bernutrisi serta mencukupi kebutuhan air putih. Tentu Anda tak ingin, kan, perjalanan mudik menjadi terganggu akibat sakit perut?

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar