Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatDarahCara Mengatasi Kesemutan Saat Olahraga
Darah

Cara Mengatasi Kesemutan Saat Olahraga

dr. Nadia Octavia, 14 Jun 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kesemutan saat berolahraga bisa menjadi tanda ada gangguan pada tubuh. Simak penyebab dan cara mengatasinya di sini.

Cara Mengatasi Kesemutan Saat Olahraga

Kesemutan pada kaki dan tangan tentu sangat mengganggu, terlebih jika terjadi saat berolahraga. Penyebab kesemutan saat berolahraga bisa beragam, mulai dari penggunaan sepatu yang salah, gangguan saraf, hingga gangguan pembuluh darah.

Berikut ini penyebab dan cara mengatasi kesemutan saat berolahraga:  

1. Penggunaan sepatu yang terlalu ketat

Salah satu penyebab tersering kesemutan dan rasa baal di jari kaki saat olahraga adalah penggunaan sepatu yang terlalu ketat. Pastikan sepatu olahraga sudah sesuai dengan ukuran kaki dan jenis olahraga.

2. Gangguan elektrolit

Elektrolit penting untuk menjaga fungsi otot dan saraf. Selain itu, elektrolit berperan untuk mengatur hidrasi tubuh, pH darah, tekanan darah, dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

Jika terdapat ketidakseimbangan elektrolit; otot akan melemah, kaku, dan mengalami kesemutan di tangan serta kaki. Saat olahraga, tubuh akan kehilangan elektrolit melalui keringat. Jika tidak mengganti elektrolit yang hilang, Anda bisa mengalami kesemutan di tangan dan kaki.

3. Gangguan sirkulasi

Gangguan sirkulasi atau aliran darah yang kurang lancar ke tangan dan kaki bisa menyebabkan kesemutan dan rasa baal. Saat olahraga, otot membutuhkan aliran darah lebih banyak untuk berkontraksi.

Jika aliran darah pada tubuh terganggu, maka kaki dan tangan akan kekurangan oksigen dan menimbulkan gejala kesemutan saat olahraga.

Aliran darah yang kurang lancar bisa terjadi karena penyumbatan di pembuluh darah (misalnya pada kaki), kebiasaan merokok, kekurangan vitamin, atau olahraga di cuaca dingin.

4. Penyakit tertentu

Jika mengalami penyakit tertentu –seperti diabetes, cedera saraf atau sklerosis multipel dapat menyebabkan kesemutan di tangan dan kaki saat olahraga.

Penderita diabetes dapat mengalami neuropati perifer yang ditandai dengan kesemutan di tangan dan kaki akibat kerusakan saraf. Jika terdapat cedera saraf, Anda dapat mengalami kesemutan dan baal.

5. Defisiensi vitamin

Menurut jurnal Neurologic Clinics, defisiensi atau kekurangan vitamin tertentu seperti vitamin B1 (thiamine), B6 (pyridoxine) dan B12 (cobalamin) dapat menyebabkan keluhan kesemutan dan rasa baal. Untuk itu jika penyebabnya adalah kekurangan vitamin, maka konsumsi multivitamin yang mengandung vitamin B1, B6 dan B12 diperlukan.

Jangan anggap remeh gejala kesemutan, terlebih bila keluhan tersebut muncul terus-menerus. Anda perlu segera berkonsultasi lebih lanjut ke dokter jika mengalami gejala kesemutan saat berolahraga.

[BA/ RH]

OlahragaKesemutan Saat OlahragaKesemutan