Sukses

Bolehkah Mandi Saat Demam?

Ada hal-hal yang dilarang atau tidak dianjurkan untuk dilakukan saat demam. Apakah mandi saat demam salah satunya?

Klikdokter.com, Jakarta Pernahkah Anda dilarang orang tua untuk mandi saat demam, atau justru melarang anak mandi saat ia mengalami demam? Banyak orang yang percaya bahwa mandi akan memperparah demam. Benarkah  faktanya demikian?

Demam adalah salah satu keluhan yang sering dialami banyak orang. Seseorang dianggap demam apabila suhu tubuhnya lebih dari 37,5 derajat Celcius.

Pada umumnya, demam merupakan bagian dari mekanisme pertahanan tubuh untuk melawan infeksi kuman dari luar, seperti bakteri, virus, maupun parasit. Peningkatan suhu tubuh akan membuat kuman penyebab infeksi bertahan hidup. Namun, pada beberapa kasus, demam juga bisa disebabkan oleh penyakit yang lebih berat.

Jika seseorang mengalami demam, biasanya seseorang akan membatasi diri untuk melakukan aktivitas tertentu karena khawatir dapat memperburuk kondisi demam. Salah satunya kekhawatiran ini adalah mandi.

Apakah boleh mandi saat demam?

Tentu saja boleh! Mandi merupakan upaya dalam menjaga kebersihan diri sehingga Anda terlindungi dari berbagai kuman yang dapat menimbulkan penyakit. Idealnya, mandi disarankan dua kali dalam sehari.

Hal penting yang harus diperhatikan untuk mandi saat demam adalah suhu air. Mandilah dengan air hangat yang suhunya disesuaikan dengan tubuh yang sedang mengalami demam. Jika Anda mandi dengan air dingin, maka tubuh yang sedang demam akan menganggap hal tersebut sebagai sinyal ancaman, yang pada akhirnya dapat membuat tubuh semakin meningkatkan suhunya. Akibatnya, demam bisa jadi makin parah. Selain itu, mandi dengan air dingin saat demam juga memiliki risiko menurunkan suhu tubuh secara tiba-tiba sehingga dapat menyebabkan tubuh menggigil.

Pada prinsipnya, menjaga kebersihan diri harus dilakukan setiap waktu, bahkan saat sedang demam. Selain mandi dua kali sehari, ada beberapa hal perlu Anda lakukan untuk menjaga kebersihan diri.

1. Cuci tangan

Cuci tangan dengan sabun dapat membantu Anda melindungi tubuh dari serangan kuman, apalagi jika kondisi fisik yang sedang melemah atau sakit. Pastikan Anda mencuci tangan menggunakan air mengalir.

Ada beberapa momen penting untuk mencuci tangan, yaitu sebelum dan sesudah makan, setelah menggunakan toilet, sebelum menyiapkan makanan, dan setelah memegang benda yang kotor. Jika tidak tersedia air mengalir ataupun sabun, Anda bisa menggunakan hand sanitizer yang mengandung minimal alkohol 60 persen.

2. Sikat gigi

Karena makanan masuk ke tubuh lewat mulut, oleh karena itu kebersihan mulut harus dijaga. Cara membersihkan mulut tentunya dengan menyikat gigi. Sikat gigi dianjurkan dilakukan dua kali sehari, yaitu pada pagi hari dan malam hari.

Pada pagi hari, sikatlah gigi setelah sarapan dan pada malam hari sebelum tidur dengan durasi masing-masing 2-3 menit. Agar gigi benar-benar bersih dan sehat, gunakanlah pasta gigi yang mengandung fluoride. Jangan lupa untuk membersihkan lidah dan sela gigi dengan benang floss.

Adapun beberapa hal yang perlu Anda lakukan ketika demam adalah beristirahat dengan cukup, minum obat penurun panas, kompres dengan air hangat, mencukupi kebutuhan cairan, menghindari penggunaan selimut tebal, serta gunakan pakaian yang longgar dan tipis. Jika dengan cara-cara tersebut demam tak juga membaik, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan penyebab demam tersebut sehingga Anda dapat memperoleh terapi yang sesuai.

Memang saat demam ada beberapa aturan yang harus diperhatikan atau beberapa aktivitas yang tidak dianjurkan untuk dilakukan. Namun, tubuh demam bukanlah alasan bagi Anda untuk tidak mandi. Faktanya, mandi justru diperlukan untuk meningkatkan kondisi kesehatan tubuh Anda.

[RN/ RVS]

1 Komentar

  • Azazil

    mandi itu sunnah, bila saat demam anda sanggup untuk mandi, mandilah anda, bila tidak sanngup ya tidak perlu mandi, sesungguhnya kebersihan adalah sebagian dari iman. maka shalat lah engkau bersihkan dirimu dengan berwudu, itu akan jauh lebih baik.