Sukses

Kembali Sehat dengan Konsumsi Ini Setelah Lebaran

Lebaran sudah usai! Sehatkan dan segarkan tubuh Anda kembali dengan mengonsumsi makanan ini.

Klikdokter.com, Jakarta Idul Fitri merupakan hari yang ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia setelah sebulan berpuasa. Berbagai tradisi tahunan mulai dari mudik, bersilaturahmi, hingga mencicipi berbagai makanan khas Lebaran dilakukan.

Hidangan Lebaran yang berlemak seperti opor, rendang, dan ketupat menjadi menu wajib yang terhidang di meja. Belum lagi berbagai menu manis yang menggoda lidah mulai dari kastengel, putri salju, kue lapis, dan masih banyak lagi. Setelah hari raya selesai, ubahlah kebiasaan makan Anda dan kembali sehat dengan mengonsumsi ini:

1. Nasi merah

Ketupat, nasi putih, dan lontong merupakan menu karbohidrat wajib yang terhidang saat Lebaran. Meski rasanya gurih, ketahuilah bahwa 100 gram ketupat mengandung setidaknya 160 kalori, 2,42 gram lemak, serta 30 gram karbohidrat.

Setelah Lebaran usai, sebaiknya ganti menu karbohidrat Anda dengan nasi merah atau roti gandum karena lebih tinggi serat dan mengandung kalori serta indeks glikemik lebih rendah. Dibandingkan ketupat, dalam 100 gram nasi merah terkandung 110 kalori, 0,89 gram lemak, dan 22 gram karbohidrat.

2. Buah-buahan

Lidah Anda sedang ingin mencicipi makanan yang manis? Ketimbang mengudap satu stoples kue sagu keju atau kastengel, pilihlah buah-buahan yang manis sebagai gantinya. Berbagai pilihan buah seperti semangka, jeruk, pepaya, alpukat, atau apel bisa menjadi pilihan Anda.

Buah-buahan yang tinggi serat akan membuat kenyang lebih lama dan menghindarkan Anda dari keinginan mengonsumsi makanan tinggi kalori, lemak dan gula seperti kue-kue atau makanan pencuci mulut lainnya.

3. Salad

Selain hidangan khas hari raya seperti ketupat, opor atau rendang, Anda pun bisa menambahkan salad sayur atau buah yang memiliki kalori lebih rendah dan tinggi serat. Jika tidak suka salad, Anda bisa memilih menu “salad” yang lebih Indonesia seperti gado-gado.

Namun saat mengonsumsinya, perhatikan juga tambahan saus yang Anda gunakan. Gunakan saus kacang atau saus salad secukupnya agar kalori yang masuk ke tubuh Anda tidak berlebihan. Anda pun bisa mengganti menu saus dengan minyak zaitun yang lebih sehat.

4. Air putih

Anda tentu sudah tahu, cukup minum air putih delapan gelas setiap harinya baik untuk tubuh. Air putih, selain murah dan mudah didapat, merupakan satu-satunya minuman yang 0 kalori dan sehat untuk tubuh. Dengan begitu, mengonsumsi sebanyak apa pun tidak akan menambah ekstra kalori untuk tubuh Anda.

Ketimbang minum kopi susu atau es sirop yang dapat menyebabkan timbunan lemak di tubuh, pilihlah air putih yang pastinya lebih sehat. Jika Anda kurang suka dengan rasa air putih yang hambar, Anda bisa menyiasatinya dengan menambahkan potongan buah seperti stroberi, lemon atau buah kesukaan Anda lainnya.

Tak sulit, kan, untuk kembali sehat setelah Lebaran? Ingatlah bahwa usai Lebaran, berbagai gangguan kesehatan bisa terjadi seperti kenaikan berat badan, diabetes, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi. Anda dapat memperoleh kesehatan dan kebugaran tubuh kembali dengan mengonsumsi makanan dan minuman di atas. Tentu saja, selain pola makan bergizi, olahraga teratur juga penting dan tak boleh dilupakan. Lakukanlah paling tidak selama 30 menit setiap harinya.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar