Sukses

Kiat Mengatur Pola Makan Usai Lebaran

Setelah Lebaran usai, kini saatnya mengatur pola makan kembali. Ikuti tips berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Makanan yang tersaji di meja pada perayaan momen Idul Fitri, begitu nikmat dan mengundang tapi juga memiliki kandungan yang berisiko bagi kesehatan. Lemak, santan, hingga kadar gula yang tinggi sudah pasti melekat di sana. Ini tentunya bukan pola makan yang baik untuk tubuh manusia.

Berdasarkan anjuran dr. Andika Widyatama dari KlikDokter, Anda sebaiknya jangan terburu-buru dan gegabah. Ingat, beberapa makanan Lebaran bisa menyebabkan kolesterol tinggi.

“Makanan khas Lebaran biasanya mengandung lemak jenuh dan lemak trans. Jika makanan seperti ini dikonsumsi, apalagi dalam jumlah berlebih, bukan tak mungkin kadar kolesterol akan melonjak tinggi,” kata dr. Andika.

Setelah melewati momen tersebut, Anda pun harus pandai-pandai mengatur pola makan kembali. Jika tidak, kolesterol tinggi dan masalah kesehatan lainnya akan datang satu per satu menghampiri Anda.

Sulitkah mengatur pola makan ini? Tidak juga, asalkan Anda tahu triknya. Dilansir TIME, berikut empat kiat agar Anda lebih mudah untuk makan sehat:

1. Ganti daging merah dengan ikan

American Heart Association merekomendasikan Anda untuk makan setidaknya dua porsi ikan per minggu. Karena itu, simpan stok ikan Anda di dalam kulkas sebagai pengganti konsumsi daging merah saat Lebaran. Untuk mempermudah, lebih baik pilih ikan yang bisa langsung dimasak saat masih beku.

2. Utamakan sayuran

Kembali lagi pada sayuran. Kandungan protein dari beberapa jenis sayur dan biji-bijian sangat baik untuk tubuh. Anda bisa menyiapkan sayuran dengan memotong-motongnya pada hari Minggu sebagai bahan makanan selama seminggu penuh. Misalnya, buatlah irisan jamur dan bawang bombai untuk digoreng nantinya.

Mudah dan tak harus dipersiapkan secara khusus seperti menu hidangan Lebaran. Karena jika tidak praktis, bisa-bisa Anda makin malas untuk makan sayur.

3. Membeli makanan siap saji

Anda sedang sibuk atau bukan tipe orang yang senang repot-repot memotong sayur dan bawang atau menguliti ayam? Makanan siap saji di supermarket bisa menjadi penyelamat Anda.

Sayuran dan daging siap saji sudah banyak tersedia di supermarket sehingga Anda tinggal memasaknya saja di rumah. Begitu pula dengan kaldu ayam, bawang putih, dan makanan lainnya. Sedikit lebih mahal memang, tapi dapat mempermudah Anda untuk makan sehat.

4. Segelas smoothie adalah kunci

Tips yang satu ini akan membantu melepas kerinduan Anda dengan minuman manis saat Lebaran. Ya, Anda bisa membuat smoothie dengan paduan buah, selai kacang, dan tambahan lainnya seperti parutan kelapa, bubuk cokelat, biji chia, hingga kacang mete. Bisa juga menambahkan bahan lain seperti susu, air kelapa, hingga kefir.

Tips penting!

Tak mau kena kolesterol tinggi dan gangguan kesehatan lainnya pasca Lebaran? Mudah saja. Pertama, aturlah asupan makanan Anda dengan baik. Menurut dr. Andika, usahakan untuk tidak makan terlalu banyak daging berlemak dan kulit ayam. Sebaiknya Anda juga memilih makanan yang direbus atau dikukus ketimbang digoreng. Kalaupun terpaksa menggoreng, gunakan minyak yang lebih sehat seperti zaitun.

“Jenis makanan yang tidak boleh Anda lupakan untuk tetap dikonsumsi adalah sayur dan buah-buahan. Kedua asupan tersebut merupakan sumber serat yang baik untuk melancarkan sistem pencernaan serta manfaat kesehatan lainnya,” kata dr. Andika.

Kedua, olahragalah secara rutin agar berat badan terkendali dan Anda selalu bugar. Dengan berolahraga, sistem kekebalan tubuh Anda akan meningkat sehingga penyakit tak mudah menyerang.

Jadi setelah Lebaran usai, ikuti tips di atas agar kesehatan Anda tetap terjaga. Ingat, aturlah pola makan Anda dan terapkan gaya hidup sehat lainnya secara konsisten. Semoga bermanfaat!

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar