Sukses

Tips Bikin Kulit Cokelat Alami Saat Liburan

Anda ingin punya kulit cokelat nan eksotis layaknya artis Hollywood? Simak caranya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Musim liburan segera tiba. Anda sudah punya rencana untuk menghabiskan waktu di luar, bukan? Jika hendak berlibur ke pantai dan “mandi” sinar matahari, Anda bisa sekaligus mendapatkan kulit cokelat alami yang glowing ala artis Hollywood, lho!

Meski rata-rata berkulit putih, masyarakat Kaukasia yang tinggal di belahan bumi barat lebih menyukai kulit cokelat bersinar yang memiliki kesan eksotis dan sehat. Namun sayang, tak sedikit dari mereka yang menempuh cara instan untuk mendapatkan kulit cokelat. Misalnya dengan menggunakan tanning bed atau tanning spray.

Tips memiliki kulit cokelat alami

Anda tak perlu repot hingga menggunakan cara instan tersebut. Pasalnya, Anda dapat memiliki warna kulit cokelat alami hanya dengan menghabiskan waktu libur untuk berjemur di pantai!

Namun, sebelum berjemur di pantai, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar kulit tetap sehat dan tidak terbakar. Apa saja?

1. Eksfoliasi kulit

Sebelum berjemur, lakukan eksfoliasi (pengelupasan) kulit secara lembut. Tindakan ini bertujuan untuk membuang sel-sel kulit mati yang menumpuk dan membuat kulit terlihat kusam.

Dengan membuang sel-sel kulit mati, Anda bisa mendapatkan kulit yang lebih sehat, cerah, serta turut menghilangkan minyak dan kotoran yang dapat menyumbat pori. Kulit yang sudah tereksfoliasi dengan baik dapat mempertahankan warna cokelat alami lebih lama.

Anda dapat melakukan eksfoliasi dengan menggunakan scrub yang dijual bebas, ataupun menggunakan scrub yang dibuat sendiri melalui bahan-bahan seperti gula, oatmeal, dan garam.

2. Jangan lupakan sunblock

Berjemur tanpa menggunakan sunblock adalah hal yang tidak boleh Anda lakukan. Ini karena tabir surya adalah tameng pelindung kulit Anda dari berbagai efek buruk sinar matahari.

Untuk perlindungan maksimal, pilihlah tabir surya yang memiliki kemampuan broad spectrum terhadap ultraviolet A (UVA) dan ultraviolet B (UVB). Apabila Anda akan bepergian ke pantai dan menghabiskan banyak waktu di luar ruangan, penggunaan sunblock dengan SPF 30 atau 50 bisa jadi pilihan.

Pilihlah sunblock yang tahan air dan tahan keringat, agar dapat menempel lebih lama di kulit. Pastikan Anda mengoleskan sunblock tersebut 15–30 menit sebelum kulit terpapar matahari, juga setelah 2 jam berada di bawah sinar matahari.

Selain itu, Anda juga dituntut untuk tidak pelit dalam mengoleskan sunblock. Menurut Food and Drug Administration (FDA), untuk setiap cm persegi kulit, Anda membutuhkan 2 miligram sunblock. Misalnya untuk muka dan leher, Anda perlu mengoleskan tabir surya sepanjang jari telunjuk Anda.

3. Jangan terlalu lama

Meski telah menggunakan sunblock dengan baik dan benar, bukan berarti Anda boleh berlama-lama di bawah sinar matahari. Anda cukup beraktivitas di bawah sinar matahari selama 30-60 menit setiap hari, untuk mendapatkan kulit cokelat alami.

Apabila Anda ingin bermain di pantai lebih lama, berteduhlah sesekali agar kulit Anda tidak terlalu banyak terpapar matahari.

Demikian tips yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan kulit cokelat alami nan eksotis. Meski demikian, apa pun warna kulit Anda, yang terpenting adalah selalu menjaga kesehatan kulit Anda.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar