Sukses

Sebelum Donor Darah, Ini Syarat yang Perlu Anda Penuhi

Donor darah memberikan sederet manfaat sehat bagi tubuh. Namun sebelum melakukannya, Anda perlu memenuhi sejumlah persyaratan berikut.

Klikdokter.com, Jakarta Sudahkah Anda donor darah bulan ini? Jika belum, sebaiknya segera lakukan. Sebab, selain membantu yang membutuhkan, kegiatan mulia ini juga memberikan segudang manfaat sehat bagi orang yang melakukannya.

“Donor darah secara rutin dapat menurunkan risiko kanker, sakit jantung, dan membakar kalori tubuh. Ini berarti donor darah juga dapat membantu menjaga berat badan tetap ideal,” ujar dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter.

Tak hanya itu, donor darah secara tidak langsung juga akan memberikan Anda kesempatan untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh. Sebelum melakukan donor darah, petugas akan memeriksa tekanan darah, nadi, suhu, dan kadar hemoglobin di dalam darah. Dari situ, tekanan darah abnormal atau risiko anemia pada diri Anda bisa diketahui lebih lanjut.

Syarat donor darah yang wajib dipenuhi

Melakukan donor darah tidak bisa dilakukan begitu saja. Berdasarkan anjuran dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, sebelum melakukan donor darah, berikut beberapa persyaratan yang perlu Anda penuhi:

1. Sehat jasmani

Untuk bisa menjadi donor darah, Anda harus berusia 17–60 tahun dengan berat badan minimal 45 kg. Selain itu, Anda pun harus dalam keadaan sehat, tidak sedang demam. Anda juga diharuskan memiliki tanda vital (tekanan darah dan nadi) yang ada dalam batas normal.

2. Makan dan minum

Hindari donor darah dalam keadaan perut kosong. Mulailah dengan makan teratur beberapa hari sebelum hari pendonoran. Hal ini bertujuan agar kadar gula darah Anda tetap stabil.

“Perbanyak konsumsi makanan tinggi zat besi seperti daging merah, ikan, ayam, dan bayam untuk menjaga kadar sehat besi dalam darah. Perbanyak juga asupan cairan sebelum hari pendonoran,” kata dr. Astrid

3. Hindari aktivitas fisik berat

Hindari beraktivitas terlalu berat sebelum hari pendonoran, seperti olahraga angkat beban. Anda bisa berolahraga ringan seperti jalan santai, namun pastikan kondisi tubuh kembali bugar menjelang hari pendonoran.

4. Tidur cukup

Anda sangat direkomendasikan untuk selalu mencukupi waktu tidur, yakni selama 7–9 jam di malam sebelum hari pendonoran. Tidur yang cukup dan berkualitas akan membantu Anda merasa lebih segar dan mengurangi risiko badan lemas atau pusing setelah selesai donor darah.

5. Pakaian yang nyaman

Proses donor darah cukup memakan waktu. Karena itu, Anda dianjurkan untuk menggunakan pakaian yang nyaman.

Gunakanlah pakaian lengan pendek atau longgar dan bisa digulung hingga di atas siku. Hal ini bertujuan agar petugas dapat mengakses pembuluh darah Anda dengan mudah.

Agar lebih aman, nyaman, dan terjamin, Anda dianjurkan untuk memilih layanan donor darah dari lembaga resmi. Pastikan pula proses donor darah yang Anda lakukan dibantu oleh petugas yang kompeten.

“Jangan ragu untuk menanyakan hal-hal yang ingin Anda ketahui pada orang yang betugas. Donor darah merupakan pengalaman yang menyenangkan sekaligus menyehatkan, dan dapat dilakukan secara rutin,” ujar dr. Astrid.

Jadi, apakah Anda tertarik untuk segera melakukan donor darah dalam waktu dekat? Jika ya, pastikan Anda tidak melupakan syarat-syarat di atas, agar segala sesuatunya berjalan dengan lancar dan manfaat sehatnya bisa Anda rasakan sepenuhnya.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar