Sukses

Benarkah Bayam Dapat Membantu Menjaga Kadar Kolesterol?

Bayam memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Apakah menjaga kadar kolesterol merupakan salah satunya?

Klikdokter.com, Jakarta Kolesterol adalah salah satu jenis zat yang dibentuk oleh organ hati, yang kemudian didistribusikan ke seluruh organ-organ di dalam tubuh. Untuk dapat berfungsi dengan baik, tubuh manusia membutuhkan kadar kolesterol yang seimbang, dan dikatakan dapat diperoleh lewat konsumsi bayam.

Fungsi kolesterol bagi tubuh

Beberapa fungsi kolesterol pada tubuh di antaranya adalah membantu produksi vitamin D, beberapa jenis hormon, serta cairan empedu. Maka dari itu, kadar kolesterol di dalam tubuh sebaiknya tidak terlalu tinggi dan juga tidak terlalu rendah.

Kolesterol pada tubuh dapat dikelompokkan lebih lanjut menjadi dua kategori utama, yaitu low density lipoprotein (LDL) dan high density lipoprotein (HDL).

LDL dikenal sebagai kolesterol jahat karena dapat menunjang pembentukan plak pada pembuluh darah, yang merupakan gabungan dari kolesterol, lemak, dan beberapa zat lainnya. Di sisi lain, HDL disebut juga sebagai kolesterol baik karena mengambil sisa-sisa kolesterol dari jaringan tubuh dan mengembalikannya ke hati untuk proses daur ulang.

Bayam dan kolesterol

Sayuran hijau diketahui kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Sebagai salah satu jenis sayuran hijau yang cukup mudah didapat, bayam merupakan makanan sehat yang sangat disukai oleh sebagian besar orang.

Selain rasanya yang lezat, sayuran yang satu ini juga memiliki banyak manfaat positif bagi kesehatan. Dari rangkaian manfaatnya bagi tubuh, salah satu yang diketahui adalah khasiatnya dalam menurunkan kadar kolesterol.

Bayam memiliki kandungan lutein yang tinggi, yakni pigmen berwarna kuning terang yang terdapat pada sayuran hijau dan juga kuning telur.

Zat ini diketahui memiliki berbagai manfaat yang sudah terbukti. Salah satu manfaatnya adalah membantu mencegah terjadinya degenerasi makula, yang merupakan kondisi gangguan penglihatan dan juga salah satu penyebab kebutaan pada individu lanjut usia.

Namun, beberapa penelitian terkini yang dilakukan juga menemukan bahwa mengonsumsi makanan kaya lutein dalam jumlah ½ cangkir setiap harinya juga dapat melindungi individu dari penyakit jantung dengan membantu dinding arteri mencegah penyumbatan akibat kolesterol.

Selain bayam, makanan sehat lain yang kaya akan lutein adalah kale, bengkoang, swiss chard, dan sayuran hijau lainnya.

Secara umum, sayuran hijau dikenal kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang menjadikannya salah satu kelompok makanan sehat favorit untuk ditambahkan pada diet sehat dan juga membantu menurunkan berat badan apabila dibutuhkan.

Mengolah bayam untuk dikonsumsi

Sebagai salah satu jenis sayuran dengan rasa yang lezat, bayam dapat digunakan untuk membuat serangkaian hidangan yang menarik. Misalnya, sayur bening, salad, atau bahkan diblender dan disajikan sebagai jus.

Dengan banyaknya cara untuk mengolah bayam menjadi menu makanan atau minuman yang nikmat, mengonsumsi sayuran yang satu ini merupakan hal yang mudah untuk diterapkan.

Mengonsumsi bayam memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya adalah untuk menjaga kadar kolesterol agar tetap stabil. Jadi, jangan lupa memasukkan bayam sebagai menu sehari-hari Anda, ya!

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar